'Hectic' Liburan Dadakan? Ikuti Cara Ini Agar Perjalanan Lancar!

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 28 Desember 2018
'Hectic' Liburan Dadakan? Ikuti Cara Ini Agar Perjalanan Lancar!
Enggak perlu panik merencakan perjalanan dalam waktu singkat (Foto: Pixabay/JESHOOTScom)

MOMEN mengejutkan selalu hadir kapan dan di mana pun. Ketika kamu merencanakan akan menghabisi waktu libur bersantai di rumah, tiba-tiba teman atau saudaramu BM (banyak mau) butuh "Vitamin Sea" atau hiking, kehectican pun terjadi.

Keadaan berubah total. Serbaburu-buru, panik, bahkan kadang packing seadanya. Alhasil, lupa bawa alat mandi lah, bawa baju sekenanya, dan ketinggalan barang-barang anadalan lainnya. Bete deh!

Sebenarnya, ada beberapa tips penting bagaimana kamu tetap prepare meski pergi liburan mendadak.

Kamu harus tenang, jangan panik dan ikuti tahap ini seperti dilansir laman Travel+Leisure;

1. Reservasi Tiket Online

Cari-cari tiket pesawat yang lagi diskon (Foto: Pixabay/FirmBee)

Di era digital, pergi liburan mendadak bukan menjadi masalah besar. Kamu tinggal buka ponsel pintar, klik aplikasi penyedia tiket transportasi, hotel atau penginapan, penyewaan kendaraan, bahkan sampai voucher makan pun tersedia di sana. Kamu cukup melihat ketersediaan semua kebutuhan liburanmu. Pastikan melihat ketersediaan tiket transportasi dan penginapan. Bila tersedia, berikutnya reservasi kebutuhan lainnya. Kamu pun siap liburan meski dadakan.

2. Beli Tiket Sekali Jalan

Enggak perlu beli tiket pulang pergi (Foto: Pixabay/StockSnap)

Enggak perlu beli tiket pulang-pergi. Terlebih kalau bepergian ke luar negeri, kamu harus menunjukkan bukti penerbangan kembali saat check-in dan di saat perbatasan. Jadi, bawa juga semua bukti rencana perjalanan dan kwitansi sudah diprint.

3. Pilih Paket Liburan

Paket liburan memudahkan perjalanan kamu (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Memilih paket liburan memudahkan kamu untuk mengatasi liburan dadakan. Sudah banyak beberapa travel agent menawarkan paket liburan termasuk tiket pesawat, hotel, mobil sewaan, dan kegiatan selama di tempat tujuan. Sekarang ini sudah banyak penawaran paket liburan bisa kamu nikmati melalui platform traveling digital ternama.

4. Cari Info di Internet

Cari banyak info tentang liburan di internet (Foto: Pexels/Pixabay)

Kamu diuntungkan dengan kehadiran internet. Semua bisa dilakukan bahkan dalam genggaman. Termasuk mencari info-info tentang liburan. Cari info sebanyak mungkin melalui internet. Kamu akan menemukan paket perjalanan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

5. Jangan Tergesa-gesa

Dahulukan memesan kamar hotel ketimbang tiket pesawat (Foto: Pexels/bruce mars)

Meskipun mendadak bukan berarti kamu harus tergesa-gesa. Julie Danziger, direktur layanan perjalanan mewah di Ovation Vacations, menyarankan untuk mengamankan pemesanan kamar hotel terlebih dulu ketimbang memesan tiket penerbangan lebih awal. Percuma kan kamu sampai di tujuan tapi enggak tahu harus tidur di mana?

Selamat berlibur Sahabat Merah Putih. (ikh)

Baca juga: Melancong Berminggu-Minggu? Jangan Lupa Persiapkan Hal Ini

#Tips Liburan #Musim Liburan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan