Mencukur Bulu Ketiak, Adakah Manfaatnya?

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 11 Maret 2020
Mencukur Bulu Ketiak, Adakah Manfaatnya?
Perempuan cenderung mencukur bulu ketiaknya. (Foto: Pixabay/Pexels)

MENCUKUR bulu ketiak sama seperti mencukur kumis atau jenggot. Kegiatan yang sebenarnya tidak akan memberikan manfaat kesehatan. Namun, banyak orang yang memilih untuk mencukur karena merasa lebih bersih atau lebih enak dilihat saja.

Pernahkah kamu berpikir metode apa yang lebih baik atau manfaat serta risiko dari mencukur itu? Jika ya, mari simak artikel ini yang sudah dilansir dari healthline.com mengenai manfaat dari mencukur rambut ketiak.

Baca Juga:

Mengenal DOMS, Nyeri Otot Setelah Berolahraga

bulu
Bulu ketiak pada pria umumnya tidak dicukur karena dianggap bagian dari maskulinitas. (Foto: Pixabay/cocoparisienne)

Mitos mengatakan bahwa mencukur bisa menyebabkan bulu yang tubuh jadi tebal dan lebih cepat tumbuh dibanding sebelumnya. Kasar bisa saja dirasakan karena bulu yang lama hilang tetapi bulu yang baru akan sama denganrambut yang sebelumnya.

Pada fase-fase perubahan hormon seperti pubertas atau kehamilan pada perempuan, ketebalan dari bulu juga bisa berubah. Pun mencukur juga tidak mengubah warnanya karena memang sudah ada jejak genetikanya.

Jika dilakukan dengan aman dan kamu tidak merasakan suatu hal yang mengganggu, berarti tidak ada yang salah dengan cara kamu mencukur.

Beberapa orang merasa tidak terganggu dengan adanya bulu di bagian ketiak. Namun tidak sedikit yang merasa lebih nyaman dengan ketiak yang bersih tanpa bulu. Banyak faktor juga yang mendukung orang ingin mencukur, bisa karena ia lebih menyukai baju tanpa lengan atau sering berenang yang memperlihatkan area ketiak.

Baca Juga:

'Girls', Ini 4 Cara Untuk Memutihkan Ketiak!

bulu
Perempuan menginginkan ketiaknya terbebas dari bulu. (Foto: Unsplash/Autri Taheri)

Keuntungan lain dengan mencukur rambut ketiak adalah dapat mengurangi keringat berlebih yang menyebabkan bau tak sedap. Menghilangkan rambut pada ketiak tak hanya dengan mencukur. Dapat pula dengan melakukan waxing atau laser penghilang rambut ketiak.

Namun mencukur rambut bulu ketiak juga ada sisi minusnya. Bisa seperti menghitamnya daerah ketiak, iritasi atau lecet. Hal itu disebabkan karena beberapa faktor seperti menggunakan alat cukur yang sudah lama. Pisau cukur yang berkarat, atau mencukur terlalu cepat.

Jika berbicara mengenai mencukur rambut ketiak, mayoritas adalah perempuan yang melakukannya. Jarang sekali ada laki-laki yang mencukur karena merasa hal itu adalah wajar atau bahkan ada yang menganggap sebagai tolok ukur “kejantanan”.

Tentu ada manfaat juga bagi laki-laki yang mencukur rambut ketiak. Seperti lebih peka terhadap bau yang dikeluarkan, tidak terlalu gatal dan terasa lebih bisa bernapas. Rambut laki-laki biasa tumbuh lebih cepat sehingga jika laki-laki mencukur akan lebih sering dibandingkan dengan perempuan. (lio)


Baca Juga:

Hei Pria! Ini Tanda-Tanda Testosteron Kamu Rendah

#Cukur Bulu
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan