Sehat dan Lezat ala FIT Gourmet Menu makanan di FIT Gourmet (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

RABU (4/12) siang, kawasan Cipete, Jakarta Selatan, begitu terik. Waktu menunjukkan pukul 14.00. Waktunya mengisi perut di siang hari. Pilihan kali ini jatuh pada salah satu restoran di sudut Jalan Raya Cipete. Restoran itu berada di Jalan Cipete Raya No 16, Cipete Selatan, Cilandak.

Dari luar, restoran tersebut tampak biasa saja. Tidak ada ciri khusus pada bangunannya. Namun, nama restoran itu benar-benar menarik perhatian, FIT Gourmet.

Baca juga:

Sambut Natal dan Tahun Baru, Takebayashi Hadirkan Menu Khusus

Dari namanya 'FIT' membuat berpikir restoran ini bisa bikin tubuh jadi bugar, minimal menyediakan makanan sehat. Tanpa pikir panjang, Merahputih.com langsung mampir ke restoran itu.

Kami disambut seorang perempuan bernama Wynne Wardhani. Dia merupakan PR Specialist di The Fit Company, perusahaan rintisan yang bergerak di bidang gaya hidup sehat milik Bams eks Samson, Andien Aisyah, dan Jeff Budiman. FIT Gourmet berdiri di bawah naungan The FIT Company.

"kami punya dua menu baru yang baru rilis mau coba?," tanya Wynne. Kami semakin penasaran dengan menu yang baru yang ditawarkan Wynne. Kebetulan perut sudah semakin lapar pula. Tanpa ragu langsung mengiyakan tawaran perempuan berkacamata itu.

Suasana di dalam FIT Gourmet (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Sesuai namanya, dua menu baru Fit Gourmet benar-benar tampak menyehatkan dan bisa bikin bugar, Kale Salad dan Korean Dumpling Salad. Tidak lupa, Wynne juga menyuguhkan menu andalan FIT Gourmet, Nasi Konnyaku Ayam Garlic dan Kwetiaw Goreng Shirataki Ayam Hot Sauce.

Di meja itu langsung berjejer empat menu makanan yang dihidangkan di dalam sebuah mangkuk. Tidak lupa ada mangkuk lebih kecil yang disediakan sebagai wadah untuk mencicipi semua menu tadi.

Kami sempat berpikir porsi dua menu salad tersebut untuk lebih dari dua orang. Porsinya sangat banyak. Namun, ternyata porsi tersebut memang dihidangkan untuk satu orang.

Kami mencoba kale salad terlebih dulu. Dalam satu mangkuk kale salad terdapat salad sayur yang terdiri dari lolorosa, ayam guling, honey glazed carrots, almond, raisin, dan tempe crispy. Tidak lupa lemon vinaigrette dressing untuk menambah cita rasa.

Sebelum menyantap kale salad, kami menuangkan terlebih dulu lemon vinaigrette dressing. Lalu kami aduk hingga merata. Suapan pertamanya saja sudah menggugah selera. Biasanya makanan sehat memiliki rasa hambar. Tapi kale salad tidak. Rasanya tetap akrab dengan lidah. Walau tanpa adanya penambah rasa seperti mayones.

Kale Salad (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Ayam guling pada kale salad semakin menambah selera. Bikin mau nambah terus. Begitu pula dengan tempe crispynya. Meskipun rasanya tidak segurih orek tempe, rasanya tetap bikin sulit move on. "Kalau tempenya ini kita olah dengan cara dipanggang," ujar Wynne.

Baru menyantap seperampat porsi kale salad, perut sudah terasa agak kenyang. Memang tidak boleh dianggap remeh seporsi menu salad ini. Walau hanya sayuran dengan segelintir daging ayam, bisa bikin perut begah.

Selanjutnya, giliran mencicipi Korean Dumpling Salad. Makanan ini memiliki cita rasa khas Korea.

Baca juga:

Mengonsumsi Makanan Sehat Melalui Katering dan Restoran

Kata Wyne, Korean Dumpling Salad memiliki cita rasa asam layaknya asinan sayuran. Rasa asam itu ternyata datang dari spicy Korean dressing. Ya, seperti menyantap kale salad, tuangkan dulu spicy Korean dressing ke dalam mangkuk Korean Dumling Salad, aduk hingga merata.

Satu porsi salad ini berisi romaine, carrot, red & white cabbage, edamame, charred baby corn, tofu dumpling, dan furikake. Benar kata Wynne, saat kami mencicipi salad ini, langsung teringat asinan sayuran. Namun, rasa asammnya lebih lembut dari asinan sayuran, tidak bikin lidah jadi sepet.

Korean Dumpling Salad (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Campuran tofu pada salad ini juga menggugah selera makan. Rasa tofunya memiliki kegurihan yang pas bagi pencinta makanan tanpa MSG. Kelembutan tofunya juga membuat kamu tidak perlu repot-repot mengunyah.

Perut kami benar-benar terasa semakin penuh. Namun, masih ada dua menu yang harus kami cicipi, Nasi Konnyaku Ayam Garlic dan Kwetiaw Goreng Shirataki Ayam Hot Sauce. Sesuai namanya, kedua makanan ini berbahan dasar konnyaku.

Nasi Konnyaku Ayam Garlic dan Kwetiaw Goreng Shirataki Ayam Hot Sauce (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Konnyaku merupakan sejenis tanaman umbi-umbian. Bahan ini menjadi pengganti karbohidrat. Tenang, konnyaku tidak seperti nasi yang tinggi kalori dan gula. Jadi tidak akan bikin perut kamu lebar ke samping.

Konnyaku mengandung tinggi serat dan kaya akan mineral. Kalorinya? Hampir tidak ada. "90% konnyaku ini air, kalorinya bahkan lebih rendah dari beras merah," ungkap Wynne. Bahan konnyaku memang bisa diolah menjadi bentuk beras, kwetiaw, dan mi.

Nah, dua menu berbahan dasar konnyaku ini dijamin bikin kamu ketagihan. Karena sangat familiar untuk orang yang terbiasa dengan rasa gurih SMG. Rasa nasi konnyaku seperti nasi goreng pada umumnya, begitu pula menu kwetiawnya.

Konnyaku (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Rasa gurihnya itu seperti menggunakan satu sendok teh SMG di setiap porsinya. Benar-benar tajam rasanya, tapi tetap tidak berlebihan dan bikin belenger.

Kamu yang baru belajar mengonsumsi menu makanan sehat, cocok banget memasukan dua menu ini di menu diet kamu. Karena selain rasanya yang menghipnotis lidah, kalorinya sangat rendah. Aman kamu konsumsi. Tapi jangan berlebihan juga ya. Satu porsi kedua menu ini memang sudah ditakar sesuai kebutuhan pelanggan yang diet.

Oh iya di lantai dua restoran ini juga ada pusat kebugarannya lho sahabat Merah Putih, namanya 20 FIT. Jadi cocok banget nih, setelah ngegym, kamu bisa langsung menyantap makanan sehat di FIT Gourmet. (ikh)

Baca juga:

Makanan Jepang Bernama Soba, Mirip Udon Tapi Berbeda

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH