Mencicipi Lontong Cap Go Meh Legendaris di RM Lumpia Semarang Lontong Cap Go Meh. (MP/
Perayaan Cap Go Meh yang meruoakan penutup Tahun Baru Imlek biasanya diisi dengan menyantap Lontong Cap Go Meh. Acara makan Lontong Cap Go Meh tak melulu dilakukan di rumah, tapi juga dengan menyantapnya di rumah makan bersama keluarga.
Di Kota Bandung, salah satu rumah makan yang biasanya diserbu pembeli Lontong Cap Go Meh ialah Rumah Makan Lumpia Semarang yang berlokasi di Jalan Badak Singa Nomor 21, Tamansari. Rumah makan yang didirikan pada 1970 ini telah lama menawarkan menu Lontong Cap Go Meh.
Lontong Cap Go Meh yang ditawarkan di sini terdiri dari 12 iris lontong, opor dengan suwiran ayam, sayur lodeh isi kacang panjang, terong, tempe, setengah butir telur rebus, sambal goreng, tumis cabai iris, taburan koya serta kerupuk udang. Kuah opor ayam yang diracik oleh RM Lumpia Semarang dibuat dari santan kental, berwarna putih dan memiliki rasa yang gurih serta cenderung manis. Jika suka pedas, sahabat MP bisa menikmatinya dengan sambal ke dalam kuah Lontong Cap Go Meh ini.
Rumah Makan Lumpia Semarang di Bandung. (MP/Rina Garmina)
Meski porsinya tidak terlalu besar, satu piring Lontong Cap Go Meh sudah cukup mengenyangkan. Pada Cap Go Meh tahun ini, Lontong Cap Go Meh RM Lumpia Semarang kembali diserbu pembeli, baik yang memesan untuk dimakan di tempat maupun dibawa pulang. Satu pembeli, bahkan, ada yang memesan hingga 25 porsi. Saking banyaknya pemesan, opor dan lontong di sana sudah habis sebelum pukul 16.00 WIB. Harga satu porsi Lontong Cap Go Meh adalah Rp32.500.
RM Lumpia Semarang berada di tempat yang bentuknya persegi panjang. Meja dan kursi yang ada di dalamnya ditata secara memanjang. Salah satu ciri khas resto ini adalah pemilknya, Imawati Setiadi, masih mempekerjakan pelayan yang berusia separuh baya. Walaupun sudah berusia separuh baya, mereka terlihat masih gesit melayani pengunjung.
Buat warga Bandung yang ingin mencicipi Lontong Cap Go Meh, kamu bisa datang ke Rumah Makan Lumpia Semarang. Resto ini buka setiap hari, kecuali Jumat, dari pukul 08.00 hingga 20.00 WIB.
Artikel ini berdasarkan laporan Rina Garmina, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Baca juga: Koffie Tijd, Tempat Ngopi Bergaya Belanda yang Instagrammable


Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH