Mencicipi Kopi Terbaik dalam Cupping Best of Panama 2020 Bersama Beangasm Acara ini diadakan di Two Coffee Beans (Foto: side.id/Andhika)

BEANGASM lagi-lagi mengadakan cupping untuk Best of Panama (BoP) seri ke-24. Acara ini diadakan di Two Coffee Beans, Gading Serpong, Tangerang, Minggu (20/9)

Event Cupping tahunan ini bertujuan membagikan pengalaman merasakan kualitas terbaik dari kopi pemenang BoP 2020 ini. Event ini juga akan menambah wawasan setiap orang seputar biji kopi.

Baca juga:

Seru Abis! Cupping Best Of Panama Washed di Battle of Geisha

"Jadi beans itu gak cuma rasanya yang monoton pahit atau manis dengan gula, ternyata di sini lumayan banyak varian rasanya, dan kita coba kasih experience baru," ujar senior barista Two Coffee Beans, Santoso Ardiansyah, mengutip side.id.

Event tahun ini dibagi menjadi dua hari. Di hari pertama para peserta dapat merasakan biji kopi dari BoP 2020 yang terdiri dari 16 lot wash geisha atau gesha. Pada Cupping kali ini secara spesial dipandu langsung oleh Founder of Beangasm sekaligus pemilik dari Two Coffee Beans, Aang Sunadji.

Santoso Ardiansyah saat mempersiapkan biji kopi (Foto: side.id/Andhika)

Di hari pertama ini, terdapat lima peserta yang turut hadir dan meramaikan event tersebut. Para tamu merupakan coffee enthusiast yang terdiri dari coffee roasters, profesional judge, dan para penikmat kopi.

Dalam rangkaian acara hari pertama, cupping dibagi menjadi dua sesi dengan biji kopi BoP wash yang berbeda. Sesi pertama diisi dengan cupping BoP wash dengan nomor genap, kemudian dilanjutkan dengan cupping BoP wash nomor ganjil pada sesi dua.

Baca juga:

Mengulik Best of Panama Natural di Battle Of Geisha

Beangasm menggunakan sistem blind taste, yaitu para peserta secara berurutan mencicipi kopi yang telah diacak. Dengan begitu, setiap peserta benar-benar merasakan sensasi kopi tersebut tanpa mengetahui jenisnya. Cara ini memberikan sensasi lebih kepada para peserta agar bisa mencicipi cita rasa secara fair.

Kopi diberikan dengan sendok ke gelas masing-masing peserta (Foto: side.id/Andhika)

Uniknya, event tahun ini diadakan berbeda dari tahun lalu. Tahun ini konsep yang diusung ialah rumah makan nasi kapau. Konsep ini mengharuskan peserta bergiliran mencicipi kopi yang diberikan menggunakan sendok ke gelas masing-masing. Sistem ini digunakan sebagai bentuk kepatuhan Beangasm terhadap protokol kesehatan dari pemerintah.

Selain itu, event tahun ini juga menghindari kerumunan dengan membatasi jumlah peserta. Para peserta diharuskan pula menjaga jarak dan mengenakan masker setiap saat.

Rangkaian acara hari kedua akan dihelat pada Senin (21/9) pukul 10.00 WIB hingga 15.00 WIB. Informasi mengenai event ini dapat kamu cek langsung di Instagram @beangasm.id dan @twocoffeebeans.id. (ikh)

Baca juga:

Cupping Coffee Seni Mengenal Kopi

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH