Mencari Remaja Desainer Berbakat Talenta yang keluar sebagai pemenang mempunyai kesempatan untuk tampil lebih besar dalam mewarnai industri fesyen Indonesia. (Emina)

DUNIA fesyen Indonesia tak pernah kehabisan desainer berbakat. Talenta ini selalu muncul ke permukaan tiap tahun lewat berbagai cara, baik alamiah maupun buatan. Cara alamiah berangkat dari inisiatif talenta tersebut untuk mengangkat portofolionya sendiri lewat berbagai saluran. Sedangkan cara buatan berlandas pada kompetisi atau lomba yang diadakan oleh berbagai pihak.

Melalui kompetisi, talenta berbakat akan muncul ke permukaan lalu diambil. Talenta yang keluar sebagai pemenang mempunyai kesempatan untuk tampil lebih besar dalam mewarnai industri fesyen Indonesia. Tapi bagi yang tak terpilih nominasi sekalipun, tetap bakal memperoleh pengalaman berharga yang kelak akan berguna dalam pengembangan bakat dan mentalitas mereka.

Berangkat dari pandangan itulah, para pelaku industri fesyen kerap berkolaborasi mengadakan kompetisi untuk mencari calon desainer baru yang berbakat. Sebut saja Uniform Design Competition Emina Art Mode 2022. Kompetisi ini mengajak seluruh remaja Indonesia untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui desain.

Berkolaborasi dengan ESMOD, Alex[a]lexa, dan Dinda PS, kompetisi ini menjadi wadah untuk para remaja Indonesia membangun kepercayaan diri mereka dan menjadi langkah awal dalam mewujudkan impian mereka untuk menjadi desainer muda.

"Harapannya, Emina Art Mode dapat melahirkan desainer muda berbakat untuk mengembangkan industri fashion Indonesia,” kata Queena Zelina, Decorative Brand Deputy Head Emina.

Mengangkat tema Auteenticity (dari authentic dan teen), kompetisi tersebut menarik sekira 2.400 submissions dari antero Nusantara sejak 19 Juni 2022. Para juri telah bekerja keras untuk menyeleksi tiap submissions itu. Mereka adalah nama-nama beken dalam dunia fesyen : Sesilia Fajar dari ESMOD Jakarta, Monique Natalia Soe dari Alex[a]lexa dan SOE Jakarta, serta Dinda PS dari Fashion Illustrator & Entrepreneur.

Baca juga:

Dynand Fariz, Fashion Desainer Inspirasi Indonesia

remaja desainer berbakat
kompetisi tersebut menarik sekira 2.400 submissions dari antero Nusantara sejak 19 Juni 2022. (Emina)

Dari ribuan submissions tersebut, juri menyisihkan 10 finalis terbaik. Kemudian dari 10 itu, diciutkan lagi menjadi tiga pemenang. Setelah hampir sebulan proses seleksi, terpilihlah tiga orang pemenang dengan kategori Pemenang Utama, 1st Runner Up, dan Pemenang Favorit.

Nama-nama pemenang diumumkan di Ganara Art, Jakarta, pada 16 Juli 2022. Mereka adalah Neita Nadiah Saladin Putri, 24 tahun asal Bandung, Jawa Barat, sebagai Pemenang Utama; Grace Patricia Roulina Parhusip, 19 tahun asal Bekasi, Jawa Barat, sebagai 1st Runner Up; dan Mevita Nur Adma Yuniar, 22 tahun asal Pamekasan, Jawa Timur, sebagai pemenang favorit.

Atas prestasinya tersebut, para pemenang berhak atas masing-masing hadiah. Pemenang Utama mendapatkan full-year subscription sketchpad, iPad Gen 9 256GB beserta Apple Pencil 2nd Gen. Pemenang 1st Runner Up dan Pemenang Favorit beroleh full-year subscription sketchpad dan iPad Gen 9 64GB.

Bersama 7 finalis lainnya, mereka juga berhak mengikuti kelas eksklusif selama dua kali pertemuan bersama ESMOD Jakarta, fashion business class dengan Alex[a]lexa Brand Owner, hampers, dan undangan eksklusif peluncuran produk fesyen terbaru di Ganara Art, Jakarta.

Baca juga:

Uniknya Desainer Khanaan Mengusung Batik Tanpa Motif Batik di IFW 2022

remaja desainer berbakat
Atas prestasinya tersebut, para pemenang berhak atas masing-masing hadiah. (Emina)

Para juri mengapresiasi kompetisi tersebut. Sesilia Fajar mengaku senang bisa berkolaborasi dengan banyak pihak menyelenggarakan kompetisi tersebut. "ESMOD sangat terbuka untuk seluruh kegiatan yang memiliki tujuan untuk mengasah kompetensi seni para remaja, terutama di bidang fashion design,” kata Sesilia.

Sedangkan Monique Natalia Soe, Owner and Creative Director of alex[a]lexa dan SOE Jakarta, mengatakan kompetisi tersebut memiliki timbal-balik antara dirinya dan para remaja. Melihat antusiasme dan semangat para remaja tersebut, dia terlecut untuk terus berkarya. Saat bersamaan, dia juga berharap keterlibatannya sebagai juri di kompetisi tersebut memberikan inspirasi kepada para desainer remaja tersebut.

"Partisipasi kami di kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para peserta yang merupakan remaja Indonesia untuk mengembangkan minat mereka di bidang fashion supaya bisa mewujudkan mimpi mereka untuk memiliki bisnis sendiri nantinya,” kata Monique.

Dinda PS juga menyebut kompetisi tersebut sebagai upaya untuk melanjutkan ekosistem fesyen yang baik. “Salah satu hal terpenting dalam perkembangan industri fashion tanah air adalah keberlanjutan dan regenerasi desainer," kata Dinda.

Menarik ditunggu, nih, kompetisi-kompetisi serupa berikutnya oleh berbagai pihak. (yos)

Baca juga:

Lewat Karya, Desainer Muda ini Populerkan Bajaj di Jepang

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
 PlayStation Partner Awards Digelar Desember 2021
Fun
PlayStation Partner Awards Digelar Desember 2021

Daftar nominasi game hingga developer sudah lengkap.

Anuchard, Gim RPG Anak Bangsa Rilis Bulan Depan
ShowBiz
Anuchard, Gim RPG Anak Bangsa Rilis Bulan Depan

Gim ini berfokus pada tema meremajakan kehidupan dan memulihkan peradaban zaman dulu yang damai.

Dijamin Betah, Ini 5 Bandara dengan Fasilitas Terbaik di Dunia
Fun
Dijamin Betah, Ini 5 Bandara dengan Fasilitas Terbaik di Dunia

Kamu pasti betah berlama-lama di bandara ini.

DCIS Harus Mendapatkan Perhatian Sebelum Menjadi Kanker Invasif
Fun
DCIS Harus Mendapatkan Perhatian Sebelum Menjadi Kanker Invasif

DCIS (Ductal carcinoma in situ) ialah kondisi payudara stadium 0 (nol).

Pasar Kripto Bergerak Hijau Kuat di Ambang Resesi
Fun
Pasar Kripto Bergerak Hijau Kuat di Ambang Resesi

Pasar kripto terus berjuang untuk tidak anjlok lebih dalam.

Penampilan Paling Memukau di Televisi Sepanjang 2021
ShowBiz
Penampilan Paling Memukau di Televisi Sepanjang 2021

Mulai dari bintang serial drama hingga host wawancara eksklusif.

Bursa Transfer Pembalap MotoGP 2023, Fabio Quartararo Pindah?
Fun
Bursa Transfer Pembalap MotoGP 2023, Fabio Quartararo Pindah?

Quartararo minta gaji fantastis dan paket motor kompetitif.

Cara Membuat Hubungan Langgeng Berdasarkan Zodiak
Fun
Cara Membuat Hubungan Langgeng Berdasarkan Zodiak

Tips ini juga bisa memperbaiki komunikasi dengan pasangan

NIKI Zefanya Nostalgia Masa Lalu di Single 'Before'
ShowBiz
NIKI Zefanya Nostalgia Masa Lalu di Single 'Before'

Lagu Before masuk dalam album terbaru NIKI Zefanya.

Sambut Hari Jadi Ke-50, Disney World Hadirkan Berbagai Atraksi Baru
Fun
Sambut Hari Jadi Ke-50, Disney World Hadirkan Berbagai Atraksi Baru

Mulai Oktober 2021 hingga 18 bulan kedepan, pengunjung akan diperkenalkan dengan atraksi, merchandise, dan tampilan karakter baru.