Menantu Luhut Jadi Danpaspampres, Fahri: Anggap Saja TNI Kredibel Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. (MP/Ponco Sulaksono)

Merahputih.com - Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah percaya TNI bersikap profesional dalam merotasi prajuritnya karena institusi tersebut memiliki mekanisme dan sistem internal dalam menempatkan prajuritnya di suatu posisi.

"Kami percaya kepada independensi dan profesionalitas TNI, seharusnya kita percaya. Kita jangan pesimistis terus dengan lembaga-lembaga inti negara," kata Fahri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (30/11).

Hal itu dikatakannya terkait keputusan Panglima TNI yang menunjuk Brigjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Komandan Paspampres. Maruli merupakan menantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Dia menilai TNI memiliki mekanisme dan sistem, sehingga apabila di internalnya melakukan rotasi, tidak perlu dipermasalahkan.

Menurut dia, kalau dalam rotasi tersebut yang dipilih orang-orang tertentu maka itu hanya kebetulan saja sehingga tidak perlu dipermasalahkan.

maruli simanjuntak
Maruli Simanjuntak waktu berpangkat kolonel bersama Presiden Jokowi/Facebook

"Kita anggap saja TNI kredibel. Tapi kalau kemudian orang menilai karena itu anaknya Luhut, anaknya Hendro, tidak bisa dihindari juga," ujarnya dikutip Antara.

Menurut dia, penilaian tersebut wajar karena faktanya memang demikian sehingga tidak bisa dihindari.

Sebelumnya, Kepala Staf Komando Daerah Militer IV/Diponegoro Brigjen TNI Maruli Simanjuntak mendapat promosi jabatan menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Maruli menggantikan Mayjen TNI (Mar) Suhartono yang dirotasi menjadi Komandan Korps Marinir. Rotasi ini berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1240/XI/2018 yang ditandatangani Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kamis (29/11). (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH