AFF U-19: Rotasi Indra Sjafri Lawan Skuat Terbaik Thailand, Menang Siapa? Timnas U-19 v Laos U-19. Foto: PSSI

Merahputih.com - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, akan kembali melakukan rotasi saat skuat asuhannya berjumpa Thailand di laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (9/7).

Rotasi dilakukan Coach Indra bukan tanpa sebab. Pasalnya, Garuda muda sendiri sudah dipastikan lolos ke semifinal. Sehingga, Timnas Indonesia U-19 perlu tenaga lebih ekstra di partai semifinal. Laga semifinal sendiri akan digelar Kamis (12/7) atau hanya berjarak tiga hari dari partai melawan Thailand.

"Rotasi pemain sangat penting karena jadwal begitu padat dan waktu istirahat hanya sebentar di Piala AFF ini. Selain itu, rotasi kami lakukan agar pemain bugar di laga semifinal. Contoh Saddil (Ramdani) akan kami istirahatkan terlebih dahulu," jelas Indra Sjafri.

Selebrasi gol Timnas Indonesia U-19. (PSSI)

Indra Sjafri menolak anggapan bahwa Timnas Indonesia U-19 akan tampil santai melawan Thailand mengingat tiket semifinal sudah digenggam. Indonesia dipastikannya akan berusaha meraih kemenangan.

Timnas Indonesia U-19 tak ingin kalah juga karena keengganan mengecewakan suporter, terutama yang hadir langsung di stadion. "Laga melawan Thailand saya perkirakan berjalan ketat dan menarik."

"Tidak ada istilahnya kami melepas laga dan anak-anak harus bermain serius. Kami tetap ingin menang dan menjadi juara Grup A," ujar Indra Sjafri.

Kekuatan Penuh Thailand

Berbeda dengan Indonesia, Timnas Thailand U-19 justru akan tampil dengan komposisi terbaik ketika bertemu dengan Indonesia. Ini dilakukan demi mendulang kemenangan untuk memastikan diri lolos ke semifinal.

Thailand sendiri belum aman untuk lolos ke babak selanjutnya. Karena itu kemenangan diincar meski hasil seri sudahlah cukup. Kekalahan dari Indonesia bisa membuat Thailand terhenti jika di laga lain Vietnam mengalahkan Singapura dengan selisih tujuh gol. Jika itu terjadi, Thailand memiliki jumlah poin yang sama dengan Vietnam, namun kalah selisih gol.

"Di laga ini kami akan mengubah banyak pemain. Karena laga terakhir melawan Filipina kami tanpa pemain utama dan di laga ini mereka akan kembali ke lapangan. Pemain siap untuk laga ini," jelas pelatih Timnas Thailand U-19, Ithsara Sritharo di laman FAT.

Timnas Thailand U-19. (FAT)

"Setelah meyaksikan pertandingan antara Indonesia dan Vietnam, kedua tim penuh energi. Tapi itu tidak akan memengaruhi kami. Target dalam laga ini adalah menang," jelasnya.

Ithsara Sritharo yakin skuat asuhan tak akan terganggu tekanan dari suporter Indonesia, yang diperkirakan kembali memadati stadion. "Sepak bola dimainkan 11 pemain, jadi kami harus fokus di lapangan. Saya pikir ketika bermain di antara banyak suporter, akan menjadi pengalaman yang baik untuk para pemain di masa mendatang," ujarnya. (Bolaskor.com)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH