Menangkap Ayam Betutu di Kota Denpasar, Nikmatnya Sampai ke Tulang Ayam betutu berbalur bumbu yang nikmat. (foto: youtube)

SAAT makan siang di Denpasar, berbagai sajian nikmat khas lokal menanti untuk dicicipi. Salah satunya ayam betutu. Ayam betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam.

Kata betutu berasal dari kata 'tunu' yang berarti bakar dan dirangkai dengan kata 'be' yang berarti daging. Secara singkat, betutu berarti daging yang dibakar. Ayam utuh yang telah dibumbui dengan basa genep kemudian direbus atau langsung dibakar hingga menghasilkan aroma yang khas. Aroma khas yang muncul disebabkan adanya pemanasan yang menyebabkan air dan lemak daging ikut menguap. Semakin banyak uap yang dihasilkan, semakin kuat dan enak aromanya.

Enaknya aroma ayam betutu biasanya dihadirkan dalam upacara keagamaan di Bali. Namun kini, ayam betutu mudah ditemui setiap hari. Di seputaran Denpasar, kamu bisa menemukan sejumlah warung makan dengan menu ayam betutu. Berikut rekomendasi tiga warung makan ayam betutu di Kota Denpasar yang wajib kamu cicipi. Ketiganya menawarkan menu nasi ayam betutu yang enak dengan aroma menggoda hasrat makan.


1. Warung Liku

Sajian betutu Warung Liku. (foto: Instagram @ninaninacath)

Buat kamu yang enggak terlalu doyan makanan pedas, menikmati nasi ayam betutu di warung ini bisa jadi pilihan. Terletak di Jalan Gandapura III, Kesiman, Denpasar, Warung Liku menyajikan menu nasi ayam nasi campur dengan sajian ayam betutu nikmat. Selain di daerah Kesiman, warung ini juga membuka cabang di Jalan Nakula, Legian, Kuta, tak jauh dari bandara.

Ayam betutu Warung Liku juga bisa dibawa untuk oleh-oleh. (foto: Instagram @didie_drey)

Rahasia kenikmatan ayam betutu di warung ini ialah pengolahan ayam yang terlebih dahulu dibakar sebelum direbus selama 3 jam bersama basa genep. Pembakaran ayam mengeluarkan aroma wangi daging. Selain itu, base genep tak hanya dioleskan ke seluruh daging ayam, tapi juga dimasukkan ke rongga perut ayam setelah bagian jeroan dikeluarkan.

Nikmati nasi ayam betutu di tempat makan ini bersama es gula hijau, yakni minuman segar dari sirup gula berwarna hijau dengan perasan jeruk nipis. Segar.

2. Rumah Makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ayam betutu khas Gilimanuk yang pedas. (foto: Instagram @nonivirgo)

Rumah makan yang satu ini sudah terkenal akan sajian ayam betutu khas Gilimanuk mereka. Gerai terbesar mereka terletak di Jalan Merdeka Nomor 88, Renon, Denpasar. Beberapa cabang rumah makan ini bahkan telah dibuka di luar Bali.

Ciri khas sajian betutu di rumah makan ini ialah bumbu ayam betutu yang kaya akan rempah sehingga terasa di lidah. Ditambah sensasi rasa pedas, ayam betutu rumah makan ini pasti akan menggoyang lidah para pencinta makanan pedas. Ayam betutu di sini disajikan bersama sayur plecing, bisa gonda atau kangkung, kacang goreng, dan sambal matah. Selain betutu, kamu juga bisa memesan menu khas Bali lainnya, seperti sate lilit, lawar, dan nasi campur.

3. Betutu Ibu Rai Kalam

Sajian betutu khas ubud. (foto: Instagram @deliciousbali)

Ingin coba betutu khas Ubud? Ini tempatnya. Rumah makan Betutu Ibu Rai Kalam terletak di Jalan Waribang B22 Y, tak jauh dari Pantai Sanur. Mencari tempat ini tidak susah, karena letaknya yang di pinggir jalan dengan spanduk berwarna jingga mencolok. Dari luar memang tidak terlihat seperti rumah makan, karena tempat itu menjadi rumah produksi ayam betutu. Gerai lain yang menyajikan betutu Ibu Rai Kalam ialah di Jalan Tukad Citarum yang masih dikelola anggota keluarga.

Pengelola rumah makan ini berasal dari Ubud, Gianyar. Tidak mengherankan jika makanan yang disajikan merupakan khas daerah itu. "Pada dasarnya ini betutu Ubud, tapi sudah kami modifikasi. Resepnya merupakan hasil eksperimen kami selama puluhan tahun," ujar Gung Yana, pengelola Betutu Ibu Rai Kalam saat dihubungi Merahputih.com. Itulah mengapa bumbu ayam betutu di warung ini amat meresap hingga ke tulang.

Berbeda dari ayam betutu lainnya, jumlah bumbu di ayam betutu Ibu Rai Kalam amat 'murah hati'. Gung Yana menyebut hal itu sebagai kekuatan produk yang mereka jual. Alhasil, dengan baluran bumbu yang melimpah, aroma ayam betutu di sini amat menggoda. Dagingnya empuk dengan aroma asap yang enak. Yang lebih hebat lagi, slain bisa dinikmati di sana, ayam betutu Ibu Rai Kalam bisa dibawa sebagai oleh-oleh atau bahkan dipesan untuk dikirim ke luar kota.

Hal itu dimungkinkan karena ayam betutu yang mereka jual bisa tahan di suhu kamar selama 2 hari. "Bahkan jika disimpan dalam freezer bisa sampai 1 bulan," jelasnya. Ketahanan produk betutu mereka disebabkan proses memasaknya yang higienis.

Untuk pemesanan betutu per ekor, Warung Betutu Ibu Rai Kalam menyajikan olahan betutu dengan berbagai jenis bahan dengan harga yang masuk akal, yakni betutu ayam broiler dijual Rp 100 ribu, betutu ayam petelor/merah seharga Rp 120 ribu, ayam kampung Rp 150 ribu, dan bebek Rp 150 ribu. Semuanya enak! (dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH