Sepak Bola

Menang Dramatis dan Semangat Pantang Menyerah The Reds

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Minggu, 05 Mei 2019
Menang Dramatis dan Semangat  Pantang Menyerah The Reds
Liverpool menang 3-2 atas Newcastle United (@Premierleague)

MerahPutih.com - Liverpool kembali ke puncak klasemen Premier League melalui kemenangan dramatis 3-2 melawan Newcastle United di St James Park, pekan 37 Premier League, Minggu (5/5) dini hari WIB. The Reds kini meraih 94 poin dan terpaut dua poin dari Manchester City, yang baru bermain melawan Leicester pada Selasa (7/5) dini hari WIB.

Newcastle yang dilatih mantan manajer Liverpool, Rafael Benitez, menerapkan formasi 3-4-3 dengan mengandalkan Christian Atsu, Salomon Rondon, dan Ayoze Perez di lini depan. Taktik itu langsung berubah menjadi 5-3-2 dalam fase bertahan.

Liverpool menang 3-2 atas Newcastle United (@Premierleague)
Liverpool menang 3-2 atas Newcastle United (@Premierleague)

Taktik itu berjalan cukup baik bagi tuan rumah dalam menahan gempuran Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Daniel Sturridge. Nama yang disebut terakhir bermain sebagai penyerang sentral dalam taktik 4-3-3 menggantikan Roberto Firmino.

Pertahanan rapat Newcastle baru dapat dijebol Liverpool di menit 13. Pemenang penghargaan Pemain Terbaik Premier League versi PFA, Virgil van Dijk, menanduk bola hasil umpan silang Trent Alexander-Arnold dan mengonversinya jadi gol. 1-0.

Newcastle tersengat karena gol tersebut dan mampu membalasnya tujuh menit berselang via tendangan jarak dekat Atsu. Bola rebound yang sempat diblok Alexander-Arnold kala menahan tendangan Rondon disambar Atsu dan mengubahnya jadi gol. Kedudukan sama kuat 1-1.

Tuan rumah bermain bagus mengimbangi permainan Liverpool. Akan tapi, kualitas individu pemain Liverpool jadi pembeda di menit 28. Penyerang sayap asal Mesir menyambar bola hasil umpan silang Alexander-Arnold dengan sepakan first time dan mengarah ke kanan gawang Newcastle. Skor berubah 2-1 untuk keunggulan Liverpool.

Kedudukan itu bertahan hingga babak pertama berakhir. Liverpool unggul, namun Newcastle juga memperlihatkan ancaman mereka kala melakukan penetrasi di sepertiga pertahanan Liverpool.

Di paruh kedua, Benitez disinyalir ingin anak-anak asuhnya meningkatkan intensitas serangan dan gol kedua tuan rumah langsung lahir di menit 54. Rondon melepaskan tendangan keras dari jarak dekat ketika menyambar bola liar dari kemelut di muka gawang Liverpool. 2-2.

Klopp telah mengerahkan upaya maksimal dengan memasukkan Xherdan Shaqiri, Divock Origi, dan James Milner, menggantikan Georginio Wijnaldum, Mo Salah, dan Dejan Lovren. Ditarik keluarnya Mo Salah cukup mengkhawatirkan karena ia cedera.

Upaya dari Klopp itu membuahkan hasil dari gol dramatis yang diciptakan Origi di menit 86. Dua pemain pengganti jadi super-sub melalui umpan dari tendangan bebas Shaqiri yang disambar oleh Origi dengan tandukkan kepala. Skor berubah jadi 3-2.

Delapan menit tambahan waktu diberikan di babak kedua setelah perawatan cedera Mo salah. Namun tidak ada lagi gol yang tercipta di St James Park, Liverpool menang dengan skor 3-2 dan kembali ke puncak klasemen Premier League.

Susunan Pemain:

Newcastle United (3-4-3): Martin Dubravka; Fabian Schar (Yoshinori Muto 90+1'), Jamaal Lascelles, Paul Dummett; Javier Manquillo, Ki Sung-yueng, Isaac Hayden, Matt Ritchie; Ayoze Perez, Salomon Rondon, Christian Atsu.

Pemain Cadangan: Jonjo Shelvey, Mohamed Diame, Yoshinori Muto, Kenedy, Federico Fernandez, Antonio Barreca, Karl Darlow.

Manajer: Rafael Benitez

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren (James Milner 83'), Virgil van Dijk, Andy Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Georginio Wijnaldum (Xherdan Shaqiri 66'); Mohamed Salah (Divock Origi 73'), Daniel Sturridge, Sadio Mane.

Pemain Cadangan: James Milner, Joe Gomez, Alex Oxlade-Chamberlain, Simon Mignolet, Xherdan Shaqiri, Divock Origi, Joel Matip.

Manajer: Jurgen Klopp. (bolaskor.com)

Baca Juga: 4 Hal yang Harus Dibenahi Barcelona di Anfield

#Liverpool #Newcastle United #Premier League
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan