Sains
Menakjubkan, Gambar Galaksi Tangkapan Teleskop Webb Teleskop James Webb memberikan sejumlah gambar alam semesta nan menakjubkan. (foto: Instagram @nasawebb)

BERSIAPLAH untuk terpukau. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis imaji perdana dari teleskop terkini mereka, James Webb. Presiden AS Joe Biden secara resmi mengungkap gambar menakjubkan alam semesta tersebut dalam sebuah acara publik di Gedung Putih, Washington, AS, Senin (11/7).

Dalam keterangan resmi di situs mereka, NASA mengatakan gambar awal tersebut mengungkap kemampuan luar biasa dari misi teleskop Webb. Misi tersebut merupakan kolaborasi NASA bersama Badan Luar Angkasa Eropa (ESA) dan Badan Luar Angkasa Kanada (CSA).

BACA JUGA:

Sukses, NASA Luncurkan Teleskop Revolusioner James Webb

“Gambar-gambar ini akan mengingatkan dunia bahwa Amerika bisa melakukan hal besar. Ini mengingatkan warga Amerika, terutama anak-anak, bahwa tak ada yang di luar kemampuan kita,” kata Presiden Biden dalam acara tersebut. Ia mengatakan imaji yang ditangkap teleskop Webb menjadi bukti bahwa umat manusia bisa melihat kemungkinan yang belum pernah terlihat sebelumnya. “Kita bisa pergi ke tempat yang belum pernah terjamah,” imbuhnya.

galaksi, James webb
Test image yang diungkap teleskop Webb pada Kamis (7/7). (foto: Instagram @nasawebb)

Imaji perdana dari teleskop Webb memperlihatkan ribuan galaksi, bahkan termasuk objek paling lemah yang bisa diamati dengan inframerah.

Administrator NASA Bill Nelson, yang hadir dalam acara publik tersebut, mengatakan gambar pertama dari teleskop terkini NASA ini dinamai First Deep Field yang menampilkan foto-foto tangkapan teleskop angkasa luar Webb. “Ini tak hanya gambar berwarna pertama dari teleskop Webb, tapi juga merupakan gambar inframerah terdalam dan tertajam dari semesta terjauh hingga kini,” kata Nelson. Ia menjelaskan gambar tersebut menampilkan bagian langit, sekira sebulir pasir dalam rentangan panjang lengan. “Itu hanya secuil dari semesta nan luas,” imbuhnya.

BACA JUGA:

Teleskop James Webb Siap Mengangkasa

Gambar First Deep Field, dikabarkan CNN, menunjukkan SMACS 0723, tempat grup besar kluster galaksi berlaku layaknya kaca pembesar bagi objek di belakang mereka. Beberapa dari galaksi tersebut bahkan belum pernah terlihat terlihat sebelumnya. Kluster galaksi itu terlihat seperti bagaimana mereka tampak pada 4,6 juta tahun lalu.

Kecepatan Webb dalam mengambil gambar-gambar ini melebihi pendahulunya, teleskop Hubble. Sebagai perbandingan, kamera near-infrared Webb mengambil gambar tersebut dalam 12,5 jam, sedangkan Hubble membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk mendapatkan gambar serupa.

NASA membagikan target kosmik pertama Webb pada Jumat (8/7). Hal itu memberikan petunjuk akan imaji apa yang muncul saat keseluruhan gambar-gambar dari Webb dirilis pada Selasa (12/7). Imaji yang akan diungkap ke publik meliputi Carina Nebula, WASP-96b, Southern Ring Nebula, dan Stephan's Quintet.

Carina Nebula berjarak 7.600 tahun cahaya. Itu merupakan tempat bintang-bintang dibentuk. Carina merupakan salah satu nebula terbesar dan paling terang di langit. Nebula tersebut menjadi rumah bagi bintang besar, bahkan yang lebih besar daripada matahari.

teleskop webb
Gambar First Deep Field yang diungkap Senin (11/7). (foto: Instagram @nasawebb)

Selain nebula, Webb juga mempelajari planet gas besar WASP-96b, yang gambarnya akan menjadi foto berwarna pertama dari sebuah eksoplanet. Spektrum gambar yang ditampilkan akan meliputi berbagai panjang gelombang sehingga bisa mengungkap apakah planet luar itu memiliki atmosfer. WASP-96b ditemukan pada 2014. Jaraknya 1.150 juta cahaya dari bumi. Planet luar itu memiliki separuh massa Jupiter dan menyelesaikan orbitnya dalam 3,4 hari.

Keseluruhan gambar dari teleskop Webb akan dirilis pada Selasa (12/7) malam waktu Indonesia. NASA menggelar live-stream di situs mereka untuk acara pengungkapan ini. Perilisan gambar akan digelar Selasa (12/7) pukul 21.30 WIB.

Teleskop Webb memiliki ukuran panjang 13,2 meter dan lebar 4,2 meter. Teleskop ini seukuran dengan truk trailer besar. Seperti dilansir CNET, teleskop ini dirancang dengan bentuk layaknya origami yang akan membuka saat telah berada di angkasa luar. Jika dibuka, lipatan origami itu bisa menutup lapangan tenis. Webb mengorbit di jarak jutaan mil dari Bumi.

Webb dilengkapi sebanyak 250 ribu jendela berukuran kecil (microshutter) yang membuka tutup dan dikalibrasikan untuk mentransmisikan susunan detektor cahaya. Teleskop angkasa luar James Webb memiliki cermin utama yang bisa membentang sepanjang 6,5 meter. Itu menjadikannya sebagai teleskop terbesar yang pernah meninggalkan Bumi. “Webb tidak menjanjikan akan menemukan apa pun di angkasa luar, tapi ini akan menemukan yang kita belum pahami atau belum bisa kita ukur sekalipun,” kata Nelson kala teleskop ini diluncurkan, Desember 2021.(dwi)

BACA JUGA:

Ratusan Eksoplanet Baru Ditemukan

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
ASUS Resmi Luncurkan Zenbook 14X Oled Space Edition
Fun
ASUS Resmi Luncurkan Zenbook 14X Oled Space Edition

Intip spesifikasi ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition.

Bebas Trading Bitcoin untuk Stimulus Aset Kripto
Fun
Bebas Trading Bitcoin untuk Stimulus Aset Kripto

Tokocrypto membebaskan biaya trading Bitcoin.

Game Art of Rally Hadirkan DLC Bertema Indonesia
Fun
Game Art of Rally Hadirkan DLC Bertema Indonesia

Nuansa lintasan reli ala hutan Indonesia akan hadir di game Art of Rally.

Bandai Namco Kena Ransome
Fun
Bandai Namco Kena Ransome

Bandai Namco tengah dipusingkan dengan serangan ramsome dari grup hacker bernama ALPHV.

Depresi dan Kecemasan, Tidaklah Sama
Fun
Depresi dan Kecemasan, Tidaklah Sama

DImanakah letak perbedaan keduanya.

25 Tahun, Victoria Beckham cuma Mau Menu yang Sama
ShowBiz
Suara Kayu dan Kucaimars Hasilkan 'Obat Rindu' Mendamaikan Rasa Kangen LDR
ShowBiz
Kisah Dua Utusan Indonesia Hadiri Penobatan Ratu Elizabeth II
Fun
Kisah Dua Utusan Indonesia Hadiri Penobatan Ratu Elizabeth II

Kerajaan Inggris mengundang tetamu dari berbagai negara, termasuk pula negara yang baru merdeka delapan tahun : Indonesia.

Harry Styles Kembali Sebagai Karakter Utama MCU?
Fun
Harry Styles Kembali Sebagai Karakter Utama MCU?

Sebelumnya Harry Styles muncul di 'Eternals'.

Premier Game Design & Development School Perluas Akses Pendidikan di Malaysia
Fun
Premier Game Design & Development School Perluas Akses Pendidikan di Malaysia

Malaysia telah menjadi lahan subur bagi studio gim internasional dan lokal.