Menakjubkan, Foto Kilat 'Red Sprite' di Prancis Adalah kilatan cahaya besar yang lemah. (Foto: space)

SAAT itu seperti menyaksikan kembang api di langit malam. Itu adalah kesan pertama yang didapat saat melihat foto ini. Meskipun ini sebenarnya bukan kembang api.

Foto-foto yiu memang bukan kembang api melainkan red sprite. Dilansir laman Mirror, red sprite adalah kilatan cahaya besar namun lemah yang muncul langsung di atas sistem badai yang aktif.

Baca juga:

Astronaut Berbagi Swafoto Menakjubkan Selama Perjalanan Angkasa Luar

1
Muncul langsung dalam sistem badai yang aktif. (Foto: fr24news)

Foto yang menakjubkan itu diambil oleh fotografer bernama Stephane Vetter, jadi Astronomi Picture of the Day milik NASA.

NASA menjelaskan, kamera video sensitif di puncak pegunungan Vosges di Prancis menangkap kembang api mengejutkan ini jauh di atas cakrawala pada tanggal 26 Juni lalu.

Dihasilkan oleh badai yang terkenal ganas yang memiliki jarak sekitar 260 kilometer, kilasan singkat dan misterius ini dikenal dengan nama red sprite.

Baca juga:

NASA Menghabiskan Rp2,6 Triliun Untuk 'Hotel' Bulan

2
Diabadikan pada 26 Juni lalu. (Foto: theworldnews)

NASA menjelaskan, peristiwa bercahaya itu disebabkan oleh gangguan listrik pada ketinggian 50 hingga 100 kilometer, berada di mesophere. Itu merupakan lapisan paling dingin dari atmosfer planet Bumi.

Meskipun red sprite adalah fitur utama dari foto, kamu juga akan melihat beberapa urat cahaya berwarna perak misterius di sebelah kanan gambar. "Di sebelah kanan, bingkai video, menangkap penampakan musim panas lain dari mesophere,” jelas NASA.

Vena cahaya keperakan adalah awan mesosfer kutub, dikenal sebagai noctilucent atau awan malam yang bersinar. Awan es masih memantulkan sinar matahari ketika matahari berada di bawah cakrawala.

Ini bukan kali pertamanya NASA menampilkan foto red sprite sebagai Astronomy Picture of The Day. Tahun lalu, NASA mengungkapkan foto high definition menakjubkan dari red sprite yang langka. Menunjukkan fisik kilat dengan detail luar biasa. (lgi)

Baca juga:

NASA Minta Bantuan untuk Navigasi Curiosity Rover di Mars

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard G.I

LAINNYA DARI MERAH PUTIH