Menakjubkan! Fenomena Alam Sarat Keindahan ala Musim Dingin Musim dingin menawarkan banyak fenomena alam menarik (Foto: oceanwide-expeditions)

BANYAK keseruan yang bisa didapat saat musim dingin. Mungkin yang langsung tersirat di pikiranmu ialah salju. Ya, salju memang salah satu hal yang paling ditunggu di musim dingin. Namun, masih banyak fenomena lain yang begitu indah terjadi ketika musim dingin.

Melansir orbitz.com, ada beberapa fenomena alam indah yang hanya dapat dinikmati hanya disaat musim dingin saja. Apa saja sih?

Baca Juga:

Pelancong Wajib Lakukan 3 Aktivitas Seru Ini di Taman Nasional Takabonerate

1. Polar Night

Langit akan selalu terlihat gelap (Foto: Wikipedia)

Merupakan salah satu fenomena alam sarat keunikan yang terjadi di daerah Artik. Polar night merupakan fenomena matahari saat posisinya ada di bawah garis cakrawala berdurasi sekitar dua bulan. Keadaan langit akan selalu gelap, termasuk di siang hari saat berlangsungnya polar night.

Saat polar night berlangsung, matahari juga terbil di malam hari. Beberapa negara seperti Norwegia Utara dan Finlandia merupakan tempat terbaik untuk menikmati fenomena ini.

2. Frozen Bubbles

Merupakan gelembung metana yang dapat meledak (Foto: smithsonianmag)

Danau Abraham, yang berada di wilayah Banff National Park, Kanada, merupakan tempat tepat untuk menikmati frozen bubbles. Terlihat normal seperti danau biasa saat musim panas, danau Abraham menimbulkan ratusan gelembung yang terjebak di bawah permukaan danau membeku saat fenomena ini berlangsung.

Jangan terlena dengan keindahannya, karena bukan merupakan gelembung air melainkan gelembung metana yang dapat meledak dengan alami jika fenomena ini terjadi di musim semi.

3. Sun Pillars

Disebut pilar cahaya (Foto: accuweather)

Merupakan fenomena alam pertama yang bisa ditemukan saat musim dingin. Sun Pillars atau Pilar cahaya terjadi ketika sinar matahari memantulkan kristal es yang ada di atmosfer bumi. Cahaya yang menabrak kristal es lalu kembali dipantulkan dan membentuk garis lurus menuju langit layaknya pilar.

Di antara beberapa daerah lainnya, Kanada adalah negara yang menawarkan pagelaran terindah pilar es. Sun Pillars dapat dinikmati sebelum atau setelah dan sebelum matahari terbit.

Baca juga:

4 Wisata Alam Paling Ekstrem di Dunia, Dijamin Enggak Pasaran

4. Turqoise Ice

Memiliki warna turquoise (Foto: travelawaits)

Danau Baikal di Rusia dikenal sebagai salah satu danau air tawar paling tua dan paling jernih di penjuru bumi. Saat musim dingin, dapat ditemukan bongkahan es berukuran besar di atas permukaan danau yang diselimuti salju. Keunikan dari bongkahan es ini karena memiliki warna turquoise. Akibatnya, bongkahan es akan terlihat mirip permata saat terpapar sinar matahari.

5. The North Light

Fenomena musim dingin yang paling terkenal (Foto: Lightscape)

Sangat populer dengan nama aurora borealis. The North Light merupakan fenomena yang paling terkenal, saat musim dingin. Aurora borealis terjadi ketika partikel elektron dari matahari menabrak oksigen dan nitrogen yang ada di atmosfer bumi.

Karena benturan tersebut, akan ada pertunjukan cahaya berwarna-warni seperti hijau, ungu, merah muda, biru dan putih. Fenomena indah ini cuma dapat dinikmati di bumi daerah bagian utara seperti sepanjang pantai Siberia, Skandinavia, Alaska dan Kanada bagan utara.

Kira-kira fenomena alam saat musim dingin yang mana nih paling indah menurut kamu? (lgi)

Baca juga:

5 Destinasi Paling Berbahaya di Dunia, Pikir-pikir Dulu Sebelum Mampir

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH