Menakjubkan, 2 Pilot Selamat dalam Insiden Jatuhnya Pesawat Boeing di Australia

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 09 Februari 2023
Menakjubkan, 2 Pilot Selamat dalam Insiden Jatuhnya Pesawat Boeing di Australia
Foto Udara Pesawat Boeing Jatuh di Australia. (Foto: ABC News)

MerahPutih.com - Boeing 737 Fireliner, sebuah pesawat sipil yang telah dikonversi untuk pemadam kebakaran, jatuh di Taman Nasional Sungai Fitzgerald, sekitar 460 kilometer tenggara Perth, sekitar pukul 16:40 pada hari Senin (7/2).

Magisnya, dua pilot yang membawa pesawat tersebut berhasil selamat meskipun pesawat tersebut terjatuh dan terbakar saat melakukan misi pemadaman kebakaran hutan di pinggiran Australia Barat.

Baca Juga:

Pesawat Kapsul Boeing Starliner Berhasil Mendarat di Stasiun Luar Angkasa

Dilansir dari ABC News, kecelakaan itu meninggalkan bekas cukup panjang di area yang dipenuhi semak dan pepohonan, ketika pesawat terjatuh saat memadamkan kebakaran hutan di area Taman Nasional Fitzgerald, yang berjarak sekitar 420 kilometer sebelah tenggara kota Perth, Australia Barat.

Foto dari udara yang diambil sesaat usai kejadian, yang terjadi pada Senin (6/2) waktu setempat, menunjukkan asap hitam pekat menjulang dari bangkai pesawat yang ada di atas tanah, dengan bagian belakang badan pesawat terbakar hebat.

Jatuhnya pesawat pemadam itu meninggalkan jejak panjang berwarna cokelat di tengah semak-semak hijau yang ada di belakang pesawat.

Gambar-gambar dari dinas urusan darurat yang diambil sesaat usai kecelakaan menunjukkan bagian ekor pesawat terpisah dari badan pesawat lainnya, yang hangus terbakar.

Dua pilot yang menerbangkan pesawat itu sempat dirawat di rumah sakit dan telah diperbolehkan pulang sehari setelah kejadian. Identitas kedua pilot tidak diungkap ke publik, namun diyakini keduanya warga negara Amerika Utara.

"Sungguh ajaib mereka bisa berjalan keluar dari pesawat itu. Kami sangat bersyukur mereka sehat dan, iya, itu benar-benar hasil yang luar biasa. Dan itu mungkin merupakan bukti keterampilan mereka sebagai pilot," tutur Menteri Urusan Darurat Australia Barat Stephen Dawson dalam konferensi pers.

Baca Juga:

Layar Bioskop Terbesar di Dunia, Lebih Lebar dari Boeing 737

Otoritas setempat menyebut pesawat itu menghantam daratan sekitar 20 detik setelah menyelesaikan misi penyiraman air di area tersebut.

Penyebab kecelakaan itu belum diketahui secara jelas. Penyelidikan telah diluncurkan oleh Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB), yang menyebut ini menjadi insiden pertama saat pesawat Boeing 737 'menabrak daratan' di wilayah Australia.

"Ini merupakan hasil yang luar biasa bahwa kedua awak berhasil keluar dari pesawat dan selamat serta sehat," ucap Kepala Komisioner ATSB Angus Mitchell.


Dituturkan Mitchell bahwa otoritas regulasi keselamatan akan menanyai para pilot dan saksi mata, juga memeriksa catatan pemeliharaan pesawat, kondisi cuaca serta tugas yang dijalankan saat kecelakaan terjadi.

"Sebuah pesawat besar jatuh pada umumnya cukup memicu bencana," sebutnya.

Namun dalam insiden ini, pesawat tampaknya patah secara vertikal dan mendarat secara mendatar (pancaked landing) di daratan. "Tentu saja pendaratan horisontal dan bukan vertikal ke tanah memiliki perbedaan besar," imbuh Mitchell. (*)

Baca Juga:

Indonesia Cabut Larangan Terbang Boeing 737 MAX

#Pilot #Pesawat #Australia
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan