Menag Yaqut Ingin Undang Paus Fransiskus ke Indonesia

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 08 Maret 2022
Menag Yaqut Ingin Undang Paus Fransiskus ke Indonesia
Menag beri sambutan pada Pertemuan Nasional Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan KWI. Foto: Kemenag

MerahPutih.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberikan kabar gembira bagi umat Katolik di Indonesia. Ia berkeinginan mengundang Paus Fransiskus ke tanah air.

“Saya ingin menghadirkan Paus Fransiskus ke Indonesia untuk melihat langsung indahnya keberagaman di Indonesia, sekaligus menyapa umat Katolik Indonesia secara langsung,” kata Menag Yaqut di Bali, Senin (7/3).

Baca Juga

SE Menag Pedoman Suara Azan Dipuji Ciptakan Harmonisasi

Ia pun memerintahkan Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Katolik untuk menjajaki rencana kedatangan pemimpin Gereja Katolik dan sekaligus Kepala Negara Kota Suci Vatikan.

Kemudian, Menag berkisah tentang pertemuannya dengan pemimpin Gereja Katolik sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus itu pada 2019 silam. Menag mengapresiasi keterbukaan Paus Fransiskus dalam menerima perbedaan.

"Saya bercerita tentang keindahan toleransi di Indonesia dan beliau (Paus Fransiskus) mengaku sangat mencintai Indonesia," kata Menag.

Baca Juga

PKB Minta Menag Jangan Bikin Gaduh, Fokus Saja Bantu Presiden

Pertemuan Nasional Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Konferensi Waligereja Indonesia mengusung tema Penguatan Moderasi Beragama untuk Mendukung Masyarakat yang Damai dan Inklusif Demi Pembangunan yang Berkelanjutan. Menag mengapresiasi pertemuan nasional ini yang juga membahas konsep moderasi beragama dalam perspektif umat Katolik.

"Kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan, karena selain mendiskusikan penguatan moderasi beragama, juga akan merumuskan langkah strategis, sistematis, dan simultan untuk merawat persaudaraan dan kerukunan," jelasnya.

"Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi dan sumbangsih bagi penguatan moderasi beragama, demi terwujudnya masyarakat yang harmonis, rukun, damai, dan inklusif menuju Indonesia yang maju dan sejahtera," tandasnya. (Asp)

Baca Juga

Menko PMK Ajak Masyarakat Pahami SE Menag Secara Menyeluruh

#Menteri Agama #Menag Gus Yaqut #Paus Fransiskus
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan