Menag Sebut 136 Jemaah Indonesia Terima Safari Wukuf dan Badal Haji 51 Orang

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 08 Juli 2022
Menag Sebut 136 Jemaah Indonesia Terima Safari Wukuf dan Badal Haji 51 Orang
Salah seorang calon haji mengisi waktu menjelang wukuf di Arafah, Jumat (8/7/2022) dengan membaca zikir . (ANTARA/Desi Purnamawati)

MerahPutih.com- Penyelenggaraan haji 1443 H/2022 M pada hari ini memasuki fase puncak, wukuf di Arafah. Diperkirakan, sejuta jemaah berkumpul di padang Arafah.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, tahun 2022 ini ada puluhan jemaah yang menerima badal haji dan diatas seratus jemaah yang disafariwukufkan.

Baca Juga:

Suhu saat Jemaah Haji Wukuf di Padang Arafah Capai 49 Derajat Celcius

"Tahun ini ada 51 jemaah indonesia yang menerima badal haji dan 136 jemaah yang disafariwukufkan," kata Yaqut dalam keteranganya, Jumat (8/7).

Badal haji adalah menggantikan orang untuk menunaikan ibadah haji karena orang tersebut mengalami suatu halangan.

Safari Wukuf adalah upaya dari Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Makkah untuk mengantarkan jemaah haji yang sakit ke Arafah guna melaksanakan wukufnya. Jemaah yang diantar ke Arafah adalah jemaah yang sakit namun transportable.

Kepala Bidang Bimbingan Ibadah Haji, Alam Agoga Hasibuan merinci, 51 jemaah yang menerima badal haji terdiri atas 29 jemaah badal haji karena wafat, 22 jemaah badal haji karena sakit berat.

Mereka yang sakit berat ini, 10 jemaah dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), dan 12 dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi.

"Untuk jemaah safari wukuf, sebanyak 31 jemaah disafariwukufkan dengan berbaring di bus, 104 jemaah dengan posisi duduk di bus, dan ada seorang jemaah yang disafariwukufkan oleh pihak Rumah Sakit Arab Saudi," paparnya.

Baca Juga:

Putra Haji Lulung Ditunjuk jadi Ketua DPW PPP DKI Jakarta

Alam menjelaskan proses safari wukuf menggunakan 10 bus dan satu bus cadangan. Selain tim kesehatan, setiap bus ditugaskan seorang khatib dan dua pembimbing ibadah.

"Nantinya di bus akan dilakukan proses safari wukuf, mulai dari khutbah wukuf hingga salat jamak qashar Zuhur dan Asar, serta talbiyah, zikir, dan doa," jelas Alam.

Kasi Bimbingan Ibadah Haji Daker Makkah, Anshor menambahkan, ada 30 tim safari wukuf dan sejumlah tim medis dari KKHI Daker Makkah yang diterjunkan.

Mereka antara lain bertugas mulai dari membimbing niat thaharah/bersuci jemaah, termasuk tayammum.

Tim Kesehatan KKHI juga membantu wudhu jemaah uzur. Bagi jemaah yang tidak bisa berwudhu, mereka dibantu bisa bertayamum.

"Tim KKHI juga membantu jemaah mengenakan pakaian ihram, baik untuk laki laki atau perempuan," jelas Anshor. (Knu)

Baca Juga:

Jemaah Haji Mulai Diberangkatkan ke Arafah

#Ibadah Haji #Jemaah Haji #Kemenag #Yaqut Cholil Qoumas
Bagikan
Bagikan