Menag Pastikan Semua Calon Haji Jalani Vaksinasi COVID-19

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 26 Maret 2021
Menag Pastikan Semua Calon Haji Jalani Vaksinasi COVID-19
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di sela kunjungan dinas di Surabaya, Jumat (26/3/2021). (ANTARA/Willy Irawan)

MerahPutih.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan semua calon haji akan menjalani suntikan vaksin COVID-19. Itu bakal dilakukan jika pelaksanaan haji dibuka oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi tahun ini.

"Kami sudah bicara dan bersurat kepada Menteri Kesehatan dan insyaallah semua jamaah calon haji yang akan berangkat dipastikan sudah divaksin," ujarnya di sela kunjungan dinasnya di Surabaya, Jumat (26/3).

Ia memastikan semua calon haji, bukan hanya kategori lanjut usia (lansia), yang akan menerima vaksin COVID-19.

Baca Juga:

57 Ribu Lansia Jemaah Haji Siap Divaksin COVID-19 Sampai Akhir Maret

Dia mengungkapkan Kerajaan Arab Saudi telah mensyaratkan siapapun yang masuk ke negaranya harus sudah divaksin.

"Vaksinasi dilakukan secepatnya. Target pada akhir Mei 2021 semua jamaah calon haji sudah divaksin," ucap dia, dikutip Antara.

Menag Yaqut menegaskan vaksinasi untuk calon haji diberikan secara gratis sehingga pihaknya segera membahas dengan DPR RI agar pembiayaan tidak diberatkan.

"Kami belum berhitung dengan DPR. Itukan (soal pembiayaan, red.) harus berhitung dengan DPR, apakah ditambah atau tidak. Kalau toh ditambah, kami punya dana manfaat yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH)," katanya.

Ilustrasi vaksin.(Arsip Antaranews)
Ilustrasi vaksin.(Arsip Antaranews)


Ia mengatakan tentang pentingnya vaksinasi itu tidak memberatkan calon haji, terlebih terkait dengan pembiayaan.

"Jadi sebenarnya mekanisme semua bisa diatur supaya jamaah calon haji tidak terberatkan. Tunggu waktu saja bicara dengan DPR. Pemerintah tidak ingin jamaah diberatkan karena situasi pandemi sekarang sudah berat," tutur Yaqut.

Baca Juga:

Ibadah Haji 2021, Menag Gus Yaqut: Skenario Pembatasan Pemberangkatan Disiapkan


Mengenai kapan pelaksanaan ibadah haji akan dibuka, Yaqut belum bisa memastikan karena menunggu informasi dari Kerajaan Arab Saudi.

Kendati demikian, Kemenag RI terus menjalin komunikasi dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi terkait dengan pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

"Kami bicara terus dan mereka sudah melakukan persiapan-persiapan, skenario-skenario, ya kita tunggu saja. Karena yang punya hak membuka haji kan Kerajaan Arab Saudi. Kalau nantinya dibuka kita sudah siap karena semua persiapan teknis sudah dikerjakan. Untuk kuota kami belum tahu, tapi logikanya pasti berkurang," katanya. (*)

Baca Juga:

Jemaah Haji 2021 Diwajibkan Vaksin COVID-19

#Vaksinasi #COVID-19 #Calon Haji
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan