Menag Pastikan Pelayanan Haji di Arafah Sudah Lebih Baik dari Sebelumnya

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 05 Juli 2022
Menag Pastikan Pelayanan Haji di Arafah Sudah Lebih Baik dari Sebelumnya
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mencoba kasur yang disediakan di tenda jamaah di Arafah, Selasa (5/7). (Foto: Antara)

MerahPutih.com- Jemaah haji Indonesia akan mendapatkan sejumlah fasilitas saat melakukan wukuf di Arafah, yang merupakan momentum puncak haji.

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas memastikan, kesiapan layanan yang akan diberikan kepada jemaah haji Indonesia selama di Arafah.

Baca Juga:

Wapres Ma'ruf dan Istri Berangkat Naik Haji atas Undangan Khusus

"Hari ini kita sama-sama mengecek Arafah. Alhamdulillah, Arafah siap sambut jemaah. Secara umum, layanan jauh lebih baik di banding sebelumnya," terang Yaqut dalam keterangan persnya di Arafah, Selasa (5/7).

Ikut dalam pengecekan ini, delegasi Amirul Hajj dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH). Bersama Yaqut, mereka melihat sejumlah fasilitas di Arafah.

"Kita cek peningkatan kualitas layanan yang dijanjikan Syarikat atau Muassasah. Tadi kita lihat tenda sudah dilengkapi dengan kasur. Sehingga diharapkan jemaah bisa istirahat dan mendapat posisi lebih nyaman dibanding sebelumnya," papar Yaqut.

Kasur yang ditata rapih diharapkan bisa menjadi tempat jemaah, untuk beristirahat, sekaligus juga beribadah dan berzikir selama di Arafah.

"Semoga ini menambah khidmat dan kekhusyukan mereka dalam beribadah," harap Yaqut.

Baca Juga:

Diundang Raja Arab, Wapres Ma'ruf Amin akan Berangkat Ibadah Haji

Di tengah cuaca yang sangat panas, ia juga berharap AC yang dipasang di tiap tenda bisa lebih dingin. Sebab, suhu yang lebih dingin di tenda akan memberi kenyamanan jemaah dalam beribadah.

"Di sisa waktu yang ada, ini akan terus disiapkan," ungkap dia.

Layanan lainnya adalah toilet, Yaqut melihat itu juga sudah disiapkan lebih banyak, termasuk sejumlah toilet portabel. Ini menurutnya penting agar jemaah tidak lama mengantri, baik saat akan mandi dan bersuci.

"Saya berharap, toilet portabel juga bisa ditambah untuk jemaah perempuan. Sebab, jumlah jemaahnya lebih banyak dan butuh waktu lebih lama di toilet," sambungnya.

Selama di Arafah, jemaah akan mendapat layanan katering sebanyak lima kali di Arafah. Layanan katering juga diberikan 10 kali saat di Mina, dan satu paket snack di Muzdalifah. Katering akan disiapkan dengan menu Nusantara agar jemaah bisa menikmatinya.

"Kami berusaha memberikan layanan terbaik kepada jemaah agar mereka bisa menjalani rangkaian ibadah puncak haji ini secara nyaman, khidmat, dan khusyuk," harap Yaqut. (Knu)

Baca Juga:

DPR RI Minta Pemerintah Cabut Izin Biro Travel Haji yang Tak Sesuai Prosedur

#Ibadah Haji #Jemaah Haji #Wukuf Di Arafah #Menag Gus Yaqut #Yaqut Cholil Qoumas
Bagikan
Bagikan