Menabung itu Sulit Sudah saatnya memikirkan menabung. (Foto: Unsplash/Sharon McCutcheon)

PENGHASILAN meningkat, gaya hidup pun akan ikut meningkat. Begitu lah roda ekonomi setiap orang yang juga akan terjadi kepadamu. Biasanya ketika seseorang mengalami peningkatan gaji, mereka juga akan segera memfasilitasi diri dengan berbagai barang branded dan kebutuhan elektronik paling terbaru. Tidak ada salahnya untuk menikmati hasil keringat sendiri, namun sebaiknya tetap menyisihkan sedikit uang untuk tabungan masa depan.

Melansir dari daveramsey.com, kebiasaan menabung harus datang dari hati sendiri. Menabung menjadi kegiatan yang cukup sulit untuk dilakukan karena banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun, dari kebiasaan menabung ini justru akan membuat masa pensiun aman karena dana darurat sudah disiapkan sejak muda.

Baca Juga:

Penjualan Daring Dua Produk Ini Meningkat 10 Kali Lipat


1. Stop jajan

nabung
Stop jajan untuk menyisihkan uang. (Foto: Pixabay/nastya_gepp)

Nongkrong bersama teman sambil nongkrong cantik sudah seperti kebutuhan anak muda masa kini. Pada akhirnya banyak uang terhambur secara sia-sia hanya untuk sekedar jajan setiap hari. Uang tersebut seharusnya bisa ditabung untuk investasi. Kamu bisa mengganti kebiasaan jajan di luar dengan bereksperimen membuat makanan dan minuman sendiri di rumah. Siapa tahu kamu akan merambah bisnis kuliner?

2. Bawa bekal

nabung
Bawa bekal sendiri untuk menghemat pengeluaran. (Foto: Pixabay/booubey)

Sudah bukan rahasia lagi kalau membawa bekal sendiri bisa memangkas pengeluaran secara drastis. Sebaiknya kamu menghindari membeli makanan di luar agar bisa menyisihkan uang tabungan. Kamu bisa mendapatkan bahan makanan di supermarket dengan harga murah untuk satu minggu penuh.

Baca Juga:

Para Pelaku Bisnis F&B: Percuma Kalau PSBB Cuma di Jakarta

3. Beli barang bekas

nabung
Kurangi berbelanja barang baru. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Trik ini bisa kamu lakukan bukan hanya untuk memangkas dana tak penting melainkan untuk bergaya dengan barang branded harga miring. Tak hanya baju, banyak toko online yang kini menjual berbagai tas dan sepatu bekas branded dengan harga yang pastinya ramah di kantung.

4. Jual yang tidak diperlukan

nabung
Mulai list barang yang menumpuk di dalam rumah. (Foto_ Pixabay_borevina)

Banyak barang tak penting yang menumpuk di dalam rumah? Dijual saja! Lapar mata untuk membeli berbagai produk memang kebiasaan buruk. Tetapi jika dijual kembali hasilnya bisa kamu simpan untuk tabungan atau investasi. Memulai hidup minimalis bisa meningkatkan penghasilan. (mar)

Baca Juga:

Mumpung Jomlo, Timbun Kekayaan Yuk!



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH