Memutihkan Gigi Secara Alami, Ayo Dicoba! Senyum terasa kurang tanpa gigi putih bersih. (Foto: Pexels/Kat Jayne)

MEMILIKI senyum yang indah seringkali menjadi daya tarik tersendiri. Namun, kurang pas rasanya jika tidak didukung dengan gigi yang bersih dan putih. Menurut penilitian dari American Dental Association (ADA), 87% responden menyatakan bahwa mereka lebih menyukai seseorang yang tersenyum dengan gigi putih.

Banyak cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan gigi yang putih dan bersih. Mulai dari berkonsultasi dengan dokter gigi dan melakukan prosedur teeth whitening, hingga menggunakan berbagai macam produk perawatan gigi yang menjanjikan hasil terlihat dalam hitungan hari. Sebenarnya, ada loh cara mudah untuk mengembalikan putihnya gigi.

Ini dia beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang bisa kamu praktikkan:

senyum
Sikatlah gigi agar putih dan bersih. (Foto: digitaltrends)


1. Siwak


Siwak sudah dikenal sebagai bahan alami pemutih gigi sejak jaman Mesir Kuno. Jadi, tak ada salahnya kamu menggunakan siwak sebagai cara memutihkan gigi. Pilihlah siwak yang berasal dari bagian batang atau akar karena teksturnya yang lebih lembut.

Cara penggunaannya, haluskan terlebih dahulu siwak sehingga berubah menjadi bubuk halus. Setelah itu, campurkan bubuk siwak dengan air hingga berbentuk pasta. Oleskan campuran tadi pada gigi selama 5 menit untuk kemudian dibersihkan dengan cara berkumur-kumur. Lakukan sebanyak 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


2. Baking soda


Tahukah kamu, ternyata baking soda dapat memutihkan gigi? Mudah saja cara penggunaannya. Cukup tambahkan 1 sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air. Aduk merata hingga berubah menjadi pasta yang kental. Oleskan campuran tadi pada gigi selama 2-3 sehari. Kamu dapat melakukannya sekali dalam seminggu untuk mendapatkan gigi yang putih bak mutiara.


3. Garam dan lemon


Campuran garam dan lemon terbukti ampuh sebagai cara memutihkan gigi dalam waktu cepat. Kandungan asam pada lemon dan garam terbukti dapat melunturkan noda pada lapisan enamel. Tertarik? Caranya, campurkan satu sendok teh garam dengan beberapa tetes air lemon. Aduk hingga merata dan gosokkan pada gigi. Diamkan beberapa menit sebelum berkumur-kumur dengan air hangat.

senyum
Gigi putih dan bersih menolong dalam pergaulan. (Foto: Pixabay-Free-Photos)


4. Strawberry dan apel


Kandungan asam malat pada buah stroberi dan apel mampu memutihkan gigi? Untuk mendapatkan manfaat apel, kamu cukup memakannya langsung. Konsumsi apel secara rutin terbukti mampu menguatkan gigi dan gusi, serta mencegah bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut.

Untuk stroberi, cukup campurkan setengah sendok baking soda dengan 2-3 buah stroberi yang sebelumnya sudah dilumatkan. Oleskan campuran tadi ke gigi dan diamkan selama 2 menit. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk berkumur dengan air hangat.


5. Kulit pisang


Terakhir, cara memutihkan gigi dengan mengaplikasikan kulit pusang. Tidak hanya buahnya yang bermanfaat bagi tubuh, kulit pisang juga dapat membuat gigi menjadi putih. Cukup dengan menggosokkan kulit pisang ke gigi selama 2 – 3 menit, gigi akan langung terlihat lebih bersih.

Banyak bukan bahan alami di sekitar kamu yang dapat digunakan sebagai cara memutihkan gigi. Selamat mencoba! (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH