Memperingati Jumat Agung, 5 Film ini Jadi Saksi Kehidupan Yesus The Passion of the Christ jadi langganan Jumat Agung. (Foto: Vanity Fair)

SELURUH umat Kristiani pada hari ini (2/4) memperingat wafatnya Yesus Kristus di kayu salib karena telah menebus dosa umat manusia. Perayaan khusyuk ini sebelumnya selalu diiringi dengan dua hari besar lainnya, yakni Kamis Putih dan Minggu Paskah. Pandemi COVID-19 pun membuat misa langsung di tempat hanya bisa dikunjungi oleh beberapa orang.

Setelah selesai beribadah, kamu bersama keluarga bisa mengisi kegiatan lain dengan menonton lima rekomendasi film bertema Jumat Agung dan Paskah.

Baca juga:

5 Film yang Layak Anda Tonton di Hari Paskah

1. The Passion of the Christ

Nah buat kamu yang selalu menghabiskan waktu saat menjelang Paskah, pasti sudah tidak asing lagi dengan film The Passion of the Christ. Dibintangi oleh Jim Caviezel sebagai Yesus, film ini menceritakan tentang 12 jam sebelum Yesus Kristus wafat di kayu salib.

Jalan cerita dimulai dari penderitaan di Taman Getsemani ketika Yesus yang sedang berdoa dan dicobai oleh setan. Sedangkan para murid-Nya Petrus, Yakobus, dan Yohanes, terlelap tidur saat sedang berjaga-jaga. Lewat film ini kita dapat melihat pengorbanan Yesus yang luar biasa untuk menebus dosa umat manusia.

2. Son of God

Kalau kamu merasa bosan dengan film The Passion of the Christ, Son of God bisa jadi alternatifnya. Film AS yang diproduksi pada 2014 ini pertama kali diputar di beberapa gedung teater pada 21 Februari. Son of God diangkat dari Alkitab yang menceritakan tentang suasan Israel sekitar tahun 6 SM. Pada waktu itu, orang Israel atau orang Yahudi masih dijajah oleh bangsa Romawi.

Meski berbasis religi, Son of God termasuk menjadi film yang sukses karena masuk di box office Amerika dengan keuntungan sebesar US$59 juta atau sekitar Rp856 miliar. Tokoh Yesus pada film ini diperankan oleh aktor bernama Diogo Morgado. Film ini merupakan rangkuman dari 10 episode mini seri The Bible yang tayang di tahun 2013.

3. The Miracle Maker

The Miracle Maker adalah sebuah film animasi gerak henti yang menceritakan kehidupan Yesus dari sudut pandang Tamar, seorang gadis yang sedang sakit parah. Tamar sendiri adalah seorang anak kepala rumah ibadah di Kapernaum. Digarap oleh Derek Hayes dan Stanislav Sokolov, film ini dibintangi oleh Raplh Fiennes, Michael Braynt, Rebecca Callard, hingga Julie Christie sebagai pengisi suara.

Baca juga:

Kenapa Paskah Identik dengan Telur ?

4. Killing Jesus

Film Killing Jesus merupakan film televisi Amerika serikat yang terinspirasi oleh sebuah buku dengan judul yang sama karya Bill O'Reilly dan Martin Dugard. Film ini adalah film ketiga dari National Geographic yang mengambil karya O'Reilly seperti Killing Lincoln dan Killing Kennedy.

Killing Jesus sendiri mengisahkan tentang kehidupan Yesus yang menceritakan kembali tentang konflik politik, sosial, dan sejarah selama Kekaisaran Romawi yang pada akhirnya menyebabkan kematiannya. Menariknya di film ini tokoh Yesus diperankan oleh seorang muslim bernama Haaz Sleiman.

5. The Gospel of John

Film The Gospel of John dianggap sangat menggambarkan cerita Yesus karena diambil langsung dari kisah di Injil Yohanes tanpa unsur tambahan lain. Hanya saja film ini kalah tenar dengan film The Passion atau The Passion of The Christ yang banyak menampilkan kekejaman.

Para pemain di film ini dipilih melalui audisi dari Shakespeare Festival Stratford dan Soulpepper Theatre Company, serta Inggris Royal Shakespeare Company dan Royal National Theatre. Tokoh Yesus diperankan oleh seorang aktor asal Peru bernama Henry Ian Cusick. (and)

Baca juga:

PGI Imbau Umat Kristiani Rayakan Paskah di Rumah

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
7 Cara Sarapan Ini Bikin Berat Badan Bertambah
Fun
7 Cara Sarapan Ini Bikin Berat Badan Bertambah

Sarapan yang sehat akan memberimu energi untuk memulai hari dan meningkatkan metabolisme.

Film Animasi Disney Encanto Akan Rilis November 2021
ShowBiz
Film Animasi Disney Encanto Akan Rilis November 2021

Trailer teaser film ini mempunyai banyak pesan tersirat

'The Boss Baby 2' Tayang Lebih Awal dari Jadwal
ShowBiz
'The Boss Baby 2' Tayang Lebih Awal dari Jadwal

Tayang di dua media sekaligus, yaitu layanan streaming Peacock dan di bioskop secara bersamaan.

Garin Nugroho: Optimisme Industri Film Indonesia Dorong ke Oscar
ShowBiz
Garin Nugroho: Optimisme Industri Film Indonesia Dorong ke Oscar

Pandemi membatasi aktivitas dalam industri perfilman untuk berkarya

Anabul Tidak Boleh Makan BBQ?
Fun
Anabul Tidak Boleh Makan BBQ?

Banyak zat yang terkandung di dalamnya justru berbahaya bagi kesehatan anjing.

Bob Dylan Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual terhadap Anak
ShowBiz
ASUS ROG Phone 5 Ultimate Siap Bikin Kamu 'Auto Win'
Fun
ASUS ROG Phone 5 Ultimate Siap Bikin Kamu 'Auto Win'

Asus ROG Phone 5 Ultimate membawa permainan ke level tinggi.

Ketemuan, akankah Bella Poarch, Jennie, dan Rose Blackpink Kolaborasi?
ShowBiz
Ketemuan, akankah Bella Poarch, Jennie, dan Rose Blackpink Kolaborasi?

Mereka juga banyak ketemuan dengan musisi lain.

BLACKPINK akan Menghadiri Paris Fashion Week 2021
ShowBiz
BLACKPINK akan Menghadiri Paris Fashion Week 2021

Jennie, Lisa, Rose, dan Jisoo dilaporkan akan menghadiri Paris Fashion Week 2021.

Pandemi, Wig Laris Manis di Jepang
Fashion
Pandemi, Wig Laris Manis di Jepang

Banyak warga Jepang yang membeli wig selama pandemi.