Memperbaiki Rambut Akibat Zat Pemutih, Mudah Kok! Mewarnai rambut bagus untuk gaya tapi harus melalui perawatan yang baik. (Foto: Pexels/Pixabay)

ADA saja alasan perempuan untuk mengganti warna rambutnya. Karena ingin tampil beda, bosan dengan warna yang ada sampai menutupi uban. Apapun alasannya mewarnai rambut sebenarnya merusak rambut itu sendiri.

Dampak ini terjadi karena zat pemutih (hidrogen peroksida) menguraikan melanin alami dari warna rambut kita. Sejatinya proses ini akan merusak rambut asli bahkan jika rambut sudah tak lagi kuat menahan panasnya zat tersebut akan pecah hingga putus.

Baca Juga:

Lulur Tangkal Penuaan Dini pada Kulit

Tapi jangan khawatir kerusakan itu masih dapat diperbaiki dengan beberapa cara ini.

Perawatan keratin rambut

rambut
Bila rambut dibleach maka butuh perawatan keratin. (Foto: Pixabay/katyandgeorge)


Perawatan seperti ini biasanya ditawarkan pertama kali setelah bleach rambut. Fungsinya adalah untuk menambahkan keratin pada rambut kamu. Pertama biasanya serum dioleskan ke rambut dan kemudian dimasukkan ke rambut yang rusak dengan setrika datar. Perawatan keratin dapat berlangsung antara satu dan 2 bulan, tergantung pada seberapa sering kamu mencuci rambut.

Sampo khusus

sampo
Pakailah sampo khusus yang disarankan salon. (Foto: Pixabay/SocialButterflyMMG)

Setelah melakukan bleach biasanya salon akan memberi saran untuk menggunakan sampo yang cocok bagi kamu yang sering gonta-ganti warna rambut. Agar rambut tetap sehat dan warna tidak cepat luntur.


Avokad memperbaiki rambut

avokad
Dengan campuran telur menjadi masker rambut. (Foto: Pixabay/coyot)


Rambut yang rusak sangat membutuhkan perawatan maksimal. Pada bagian dalam rambut yang perlu dilakukan adalah membuat masker rambut sendiri. Yakni dengan mencampurkan satu avokad matang dengan satu kuning telur. Oleskan ke rambut yang masih basah, kemudian pijat kulit kepala selama beberapa menit, dan biarkan 20 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

Baca Juga:

Pentingnya Manikur dan Pedikur, Jangan Dianggap Remeh!

Mengoleskan mayones

mayo
Kaya asam amino dan minyak, menjadikan mayones cocok untuk merawat rambut. (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)


Mayones memiliki manfaat memperbaiki rambut, karena kaya asam amino dan minyak. Caranya adalah dengan mengoleskan ke rambut basah, sama seperti kamu kalau menggunakan kondisioner. Kemudian, gunakan shower cap untuk memancing panas dari dalam kulit kepala, diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas, lihat perubahan rambut menjadi lebih ringan dan berkilau dan tidak kering.


Campuran sampo dan telur

telur
Sampo dan telur memberikan kelembaban alami. 9Foto: Pexels/pixabay)


Jika kita belum sempat membeli sampo khusus untuk merawat rambut yang diwatnai. Bisa menggunakan sampo yang dicampurkan dengan telur. Karena lesitin yang dimiliki telur dapat melembabkan rambut kering sampai ke akar. Setelah 2 minggu mengikuti metode ini, kamu akan melihat hasil yang memuaskan, kelembaban rambut menjadi lebih baik dan normal. (iel)


Baca Juga:

Ini Manfaat Krim Malam untuk Kecantikanmu



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH