Memotong Kuku Jari Tangan Bukan Hanya untuk Estetika Kuku tangan yang bersih menjamin jauh dari penyakit. (Foto: Pexels/João Jesus)

TANGAN dan jari adalah bagian tubuh yang berperan penting dan sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kamu makan, gatal di kulit sampai mengikat rambut memerlukan fungsi tangan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Karena fungsinya yang sangat berhubungan dengan wajah seringkali membuat kamu tidak sadar ketika tangan mu kotor. Apalagi jika kamu memiliki kuku yang panjang. Kuku panjang menyimpan koloni kuman dan bakteri. Jadi lebih baik kamu mengguntingnya agar meminimalisir kuman dan bakteri yang bersembunyi.

Baca Juga:

Manikur dan Pedikur Untuk Kecantikan Tangan dan Kaki

1. Rajin potong kuku

kuku
Kuku harus rajin dipotong. (Foto: Unsplash/ian dooley)

Kalau kuku panjang bakeri dapat hidup di dalamnya. Kuku panjang lebih berisiko membuat kamu terluka. Bila ini terjadi sudah dipastikan kamu bisa infeksi. Makanya pentingnya gunting kuku buat kamu terhindar dari infeksi bakteri akibat kuku tajam yang kotor. Ya lebih baik mencegah kan daripada terkena penyakit. Apalagi sekarang kondisi sedang tidak kondusif karena virus COVID-19, makanya mending gunting kuku aja deh biar aman.

2. Cegah kuku tumbuh kedalam

kuku
Kuku yang panjang dapat tubuh ke dalam. (Foto: Unsplash/Zacke Feller)

Nah menggunting kuku secara rutin bisa mencegah kuku tumbuh kedalam. Beberapa ahli mengatakan dengan kuku yang panjang bisa membahayakan bentuk jari karena kuku dapat tumbuh kedalam apalagi bila sering terbentur. Tentunya akan menimbulkan sakit di area tersebut. Belum bakteri dan kuman yang sangat mudah masuk ke dalamnya sehingga menimbulkan infeksi.

Baca Juga:

Men-icure, Tren Cat Kuku Pria


3. Kuku panjang sulit dibersihkan

kuku
Ada bagoan yang susah dijangkau alat pembersih. (Foto: Unsplash/Jakob Owens)

Panjang kuku akan membuat kita kesulitan menjaga kebersihan. Karena di sebelah bagian dalam sulit dijangkau oleh pembersih kuku. Jadi daripada kamu kerepotan mending kamu mengguntingnya agar sisi jari semua bersih dan aman karena terjangkau untuk dibersihkan. Saat pandemi seperti sekarang ada kemungkinan loh virus juga akan menempel di kuku. Buat kamu yang punya kebiasaan menggigit kuku mendingan dipotong deh. Selain bentuk kuku nantinya lebih bagus juga menghilangkan kebiasaan buruk itu. Bahaya loh kuman, bakteri atau virus yang bisa masuk ke mulut.


4. Meminimalisir cidera

kuku
Kuku panjang bisa menimbulkan cidera. (Foto: Unsplash/allison christine)

Saat beraktivitas kamu pasti akan sering menggunakan tangan kan? Bahaya banget nih buat kamu yang memiliki kuku panjang karena dapat menyebabkan cidera. Semakin panjang kuku maka kemungkinan cidera semakin besar. Apalagi buat kamu yang suka berolahraga menggunakan tangan seperti basket, voli, bulu tangkis, atau kelas beladiri. Bahkan kamu juga bisa secara tidak sengaja mencederai orang lain, bahaya banget kan? Untuk itu guntinglah kukumu agar memudahkan kamu bergerak dan tidak menciderai diri sendiri maupun oranglain.

5. Kebersihan alat kebersihan

kuku
Gunting kuku juga harus dibersihkan. (Foto: Unsplash/brett jordan)

Jangan lupa juga membersihkan gunting kuku atau sikat kuku yang kamu gunakan. Jaga tetap streril dan aman jika digunakan orang lain. Intinya kebersihan adalah kunci kesehatan yang bisa kamu lakukan untuk mencegah berbagai macam penyakit. (joe)

Baca Juga:

Mengapa Acetone Tidak Baik untuk Kuku?


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH