Memimpikan Orang Terdekat Sedang Selingkuh, Apa Artinya? Beberapa mimpi punya makna di baliknya. (foto: pixabay/smengelsurd)

BERMIMPI ketika malam sudah jadi hal biasa. Itulah mengapa tidak jarang kamu langsung melupakan sebagian besar mimpimu ketika bangun. Dalam mimpi, semua hal bisa terjadi. Kamu bisa tiba-tiba memiliki kemampuan untuk terbang atau kamu tidak bisa mati.

Menurut Matthew Walker, seorang ahli saraf sekaligus penulis buku Why We Sleep: Unlocking the Power of Sleep and Dreams, mimpi yang paling jelas maupun mimpi yang paling halu terjadi pada tahap tidur REM. Alasan kamu tidak bisa selalu mengingat mimpimu ialah karena bisa saja kamu tidak bangun disaat yang tepat.

BACA JUGA: Lawan Stres dengan Niksen

Belum bisa dijelaskan sepenuhnya secara ilmiah, mimpi memang masih mengandung misteri yang mendalam bagi kaum manusia. Namun, sejak zaman dahulu sampai sekarang, para ahli telah mencoba mencari tahu makna dari mimpi-mimpi manusia.

Tidak ada jawaban yang pasti, namun beberapa tebakan terbaik yang mengandung arti dari mimpi menurut ahli ini bisa kamu jadikan referensi dalam mengartikan mimpimu yang sesungguhnya!

1. Bermimpi tentang mantan kekasih

boyfriend
Mantan juga bisa masuk mimpimu. (foto: pixabay/comfreak)

Apakah kamu pernah bermimpi tentang mantan kekasihmu meskipun kalian sudah jarang berhubungan atau bahkan ketika kamu sudah memiliki pasangan baru? Apakah artinya?

Bermimpi tentang mantan memang bisa membuat kita bingung. Meskipun sudah tidak kontakan dengan mantan, namun mereka yang pernah ada di kehidupan kamu tentunya masih menempati satu bagian dari otakmu. Tetapi jangan khawatir, bermimpi tentang mantan kekasih tidak pasti berarti kamu masih sayang atau ingin balikan. Menurut Kelly Sullivan Walden, seorang ahli mimpi dan juga penulis buku Love, Sex, Relationship Dream Dictionary mengungkapkan bahwa memimpikan mantanmu bisa diakibatkan karena kamu sudah terbiasa berada di dekatnya, atau bisa jadi dipengaruhi dari seberapa bermakna mantanmu sendiri bagi hidupmu, atau karena ada masalah yang belum terselesaikan terhadap dirinya.

2. Bermimpi tentang orang yang tidak kamu kenal dekat

dream
Mungkin karena kamu bertemu dengannya. (foto: pixabay/4144123)

Pernahkah kamu bermimpi tentang seseorang yang baru beberapa kali kamu temui, tidak kamu kenal dengan baik, atau hanya sekedar tahu saja? Jika pernah, ini alasannya mengapa mereka bisa muncul di mimpi kamu. Dilansir dari Elite Daily, John Mayer, seorang psikolog mengatakan bahwa ketika kita tertidur, pikiran, gambar, data yang terngiang-ngiang di otakmu sebelum tidur akan berputar-putar sepanjang malam. Jadi semisalnya kamu bermimpi tentang seseorang yang tidak begitu kamu kenal atau jarang anda temui, mungkin saja tanpa kamu sadari kamu melihat seseorang yang mirip dengannya di pagi hari tanpa ada sadari.

3. Bermimpi tentang teman baikmu

dream
Malah tentang dirimu. (foto: pixabay/orangefox)

Jika kamu suka bermimpi tentang orang-orang terdekatmu, bisa jadi makna mimpi ini bukan tentang mereka, melainkan tentang dirimu sendiri. Carder Stout, psikoterapis dan juga ahli mimpi mengatakan bahwa orang-orang terdekat yang hadir dalam mimpi anda sesungguhnya sedang mewakili aspek-aspek diri anda sendiri. "Jika kamu bermimpi mengenai teman terdekat, maka pikirkan karakter terkuat mereka. Jika kamu menganggap orang tersebut sebagai orang yang sangat rendah hati, maka kamu sedang bermimpi tentang sisi kerendahhatianmu sendiri".

Ini membuktikan bahwa meskipun dalam alam bawah sadar pun manusia masih terobsesi dengan dirinya sendiri.


4. Mimpi pasangan berselingkuh

cheat
Hubunganmu tengah bermasalah. (foto: pixabay/tumisu)

Mimpi pasangan berselingkuh memang bisa menganggu dan menurunkan suasana hati kamu, tetapi menurut ahli mimpi dan peneliti, Michael R Olsen, mimpi pasangan berselingkuh merupakan hal yang umum.

Ketika bermimpi pasangan selingkuh bisa jadi menunjukkan bahwa hubunganmu dengan pasangan sedang ada masalah dan kurang aman sehingga kamu sampai terbawa ke alam sadar.

Menurut Olsen, bermimpi pasangan selingkuh tidak mencerminkan pasanganmu benar-benar selingkuh, namun mimpi tersebut cenderung menandakan bahwa ada sesuatu yang sedang terjadi atau ada yang salah dalam hubungan kalian.(shn)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH