Memiliki Kondisi Kuku Seperti Ini? Sebaiknya Segera Kunjungi Dokter! Dari kuku, kita bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuh kita lo (Foto: Pixabay/Picjumbo_com)

PASTI banyak dari kalian yang rajin memperhatikan penampilan kuku kalian. Mulai dari rajin menggunakan kuteks ke tempat nail-art sampai meni-pedi di salon. Selain menjaga penampilan kukumu, kalian harus tahu kalau kuku kalian itu banyak memberikan sinyal tentang kesehatan tubuh kalian lo! Cek kesehatanmu lewat tanda yang terlihat pada kuku menurut ahlinya, Dokter Shilpo Agarwa.

.

1. Kuku berwarna biru

Memiliki Kondisi Kuku Seperti ini? Sebaiknya Segera Kunjungi Dokter!
Kuku yang berwarna biru artinya oksigen tidak sampai ke kuku. (Foto: myMed.com)

Ketika kamu memiliki kuku berwarna biru, artinya oksigen di dalam tubuhmu tidak menyebar sampai kesana. Beberapa orang mungkin mengalami ini karena pergerakan sirkulasi darah yang lambat ketika berpindah ke suhu dingin.

Namun menurut Dokter Agarwal, hal ini juga bisa menjadi pertanda bahwa kamu memiliki masalah pernapasan atau pembuluh darah.

2. Kuku pucat

Memiliki Kondisi Kuku Seperti ini? Sebaiknya Segera Kunjungi Dokter!
Kuku pucat bisa jadi tanda anemia atau kurang darah (Foto: AARP)

Kamu harus lebih memperhatikan kesehatanmu jika kukumu mulai terlihat pucat, karena ini merupakan salah satu tanda dari Anemia. Itu adalah penyakit kekurangan sel darah merah pada tubuh sehingga menyebabkan warna kukumu pucat pasi.

Nah, untuk mencegahnya, yuk perbanyak konsumsi zat besi seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan daging merah untuk meningkatkan sel darah merahmu.

3. Garis putih horizontal pada kuku

Memiliki Kondisi Kuku Seperti ini? Sebaiknya Segera Kunjungi Dokter!
Garis horizontal pada kuku (Foto: healthline)

Garis kuku memanjang horizontal dan muncul tidak hanya pada satu jari menandakan kamu kekurangan protein dan nutrisi penting lainnya.

Garis putih memanjang ini disebut juga dengan garis Muehrcke. Hal ini bisa jadi disebabkan karena adanya gangguan distribusi darah sampai ke kuku.

4. Kuku menguning dan menebal

Memiliki Kondisi Kuku Seperti ini? Sebaiknya Segera Kunjungi Dokter!
Kuku Kapalan dan Menebal (Foto: verywellhealth)

Kuku yang menebal, dan berwarna kuning merupakan karakteristik dari adanya infeksi jamur pada seluruh dasar kuku.

Jika kamu memiliki kuku seperti ini, maka cepatlah konsultasi ke dokter agar diberikan obat yang bisa mengangkat seluruh infeksi.

5. Garis hitam pada kuku

Memiliki Kondisi Kuku Seperti ini? Sebaiknya Segera Kunjungi Dokter!
Garis hitam pada kuku merupakan gejala penyakit melanoma. (Foto: medicalNewsToday)

Jika kamu memiliki kuku seperti ini, maka kamu harus lebih memperhatikan kesehatanmu. Kuku seperti ini merupakan salah satu tanda gejala penyakit melanoma, yang mana membutuhkan penanganan dan pengobatan secepat mungkin.

Hindarilah menggunakan kuteks agar kamu bisa terus memantau kukumu, karena penggunaan kutek membuat sinar matahari sulit untuk menembusnya.

6. Kuku yang rapuh, tipis, atau terangkat

Memiliki Kondisi Kuku Seperti ini? Sebaiknya Segera Kunjungi Dokter!
Bisa jadi gejala gangguan tiroid (Foto: couponraja)

Kuku dengan gejala diatas dapat menunjukkan gejala gangguan tiroid yang sering kali menyebabkan rambut rontok, kuku rapuh dan tipis, serta pertumbuhan kuku yang cenderung lambat.

Jika ini terjadi padamu, yuk cepat-cepat hubungi doktermu untuk menindaklanjuti keseimbangan tiroid di dalam tubuhmu. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH