Kesehatan Mental

Memilihara Hewan Bantu Lewati Masa Pandemi

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 05 April 2021
Memilihara Hewan Bantu Lewati Masa Pandemi
Memelihara hewan bisa membantu melewati masa pandemi.(Foto: Pexels/ Turgay Yildiz)

PANDEMI yang melanda dunia setahun belakangan ini benar-benar menguji kewarasan banyak orang. Tahun lalu, kita harus berdiam diri di rumah karena lockdown. Kurangnya sosialisasi dan aktivitas yang itu-itu saja membuat kita tambah pusing.

Orang-orang pun coba mencari hobi baru untuk 'lari' dari realita yang ada. Hobi tersebut berkaitan dengan pemeliharaan. Bukan hanya memelihara tanaman, memelihara hewan juga cukup populer di masa pandemi.

BACA JUGA:

Selebritas Hollywood Ngungsi ke Australia, Warga Protes

Memiliki hewan peliharaan memberikan banyak manfaat bagi pemiliknya. Tidak hanya menjadi teman yang setia, memelihara hewan juga terbukti dapat mengurangi stres yang berlebihan. Menikmati waktu bersama dengan hewan kesayangan di rumah dapat menghilangkan kecemasan dan stres.

hewan peliharaan
Menikmati waktu bersama hewan kesayangan dapat menghilangkan kecemasan dan stres.(Foto: Pexels/cottonbro)

Menurut Foxnews.com, warga Amerika dapat bertahan selama masa lockdown karena adanya hewan peliharaan. Lebih dari setengah pemilik hewan mengungkapkan mereka akan kesulitan melewati 2020 tanpa ditemani peliharaan mereka. Dari 1.023 pemilik hewan peliharaan di Amerika, sebanyak 71% mengatakan mereka tidak dapat bertahan dari pandemi virus corona jika tidak memiliki hewan peliharaan.

Selama masa pandemi, adopsi hewan peliharaan mencapai rekor tertinggi di Amerika. Survei yang dilakukan Foxnews menemukan tingkat adopsi hewan peliharaan melonjak sebanyak 34% sejak dimulainya pandemi pada April 2020 lalu. Tren itu terus berlanjut cukup lama sampai-sampai beberapa tempat penampungan hewan benar-benar kosong.

kucing
Hewan peliharaan pantas dapat perlakuan lebih baik. (foto: Pexels/Anna Shvets)

Selain itu, perusahaan perawatan hewan peliharaan menjelaskan 84% pemilik hewan mengakui bahwa pandemi menunjukkan kepada mereka seberapa besar peran hewan peliharaan mereka dalam membuat kehidupan mereka menjadi lebih baik.

Selain itu, sebanyak 80% pemilik hewan peliharaan juga mengatakan peliharaan mereka layak mendapatkan lebih banyak waktu saat memasuki 2021. Sebanyak 82% lainnya mengatakan mereka berencana memanjakan hewan peliharaan mereka di tahun ini. Pemilik hewan peliharaan mengatakan peliharaan mereka layak mendapatkan lebih banyak waktu mereka saat memasuki tahun 2021. Adapun 82% lainnya mengatakan bahwa mereka berencana memanjakan hewan peliharaan mereka di tahun ini.(Avia)

#Kesehatan #Kesehatan Mental
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan