Memilih untuk Tidak Kuliah Tetap Bisa Jadi Sukses Memilih Untuk Tidak Kuliah Bukan Berarti Tidak Sukses (Foto: Pixabay/JillWellington)

KAMU termasuk orang yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi? Kini, hal itu bukan lagi menjadi masalah. Semua manusia tidak akan pernah sama. Karakter dinamis membuat seseorang mencapai sukses lewat berbagai jalan. Ada orang yang tidak suka sekolah tetapi aktif dalam kegiatan non-akademik. Ada pula yang sangat suka belajar tetapi kurang unggul dalam kegiatan kreatif.

Melansir dari laman thepoboxblog, kehidupan kuliah itu cukup berat. Jika sejak awal tidak 'bergairah' menjalani kuliah, lebih baik jangan dipaksakan. Daripada membuang waktu berharga. Tidak kuliah tetap bisa jadi sukses kok. Penasaran apa saja alasan kuat untuk tidak kuliah? Simak ulasan berikut ini.

Baca juga:

4 Pekerjaan 'Tak Umum' dengan Penghasilan Fantastis, Tertarik?

1. Pekerja Lapangan

Memilih untuk Tidak Kuliah Tetap Bisa Jadi Sukses
Banyak lapangan pekerjaan untuk kamu yang tidak kuliah (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Di era modern pekerjaan tak melulu harus menunggu lulus sekolah. Kamu bisa memulainya kapan dan di mana saja. Bekerja pun tidak harus pergi ke kantor. Kamu bisa mengembangkan minat bakat serta kreativitasmu melalui banyak medium digital. Uang tetap bisa mengalir tanpa kamu harus meneruskan kuliah.

2. Karakter

Memilih untuk Tidak Kuliah Tetap Bisa Jadi Sukses
Karakter setiap orang berbeda (Foto: Pixabay/rubberduck1951)

Setiap orang lahir dengan karakter yang berbeda. Hal ini bisa disebabkan karena kerja otak. Ada yang optimal di bagian kiri ada juga yang optimal di bagian kanan.

Kamu harus mengenal dirimu dengan sangat baik sebelum akhirnya mengambil keputusan besar dalam hidup. Jika karaktermu memang sejak awal tidak suka menjalani pendidikan, maka jangan paksakan untuk melanjutkan kuliah.

Baca juga:

Jadi Animator Enggak Ada Duitnya, Kata Siapa?

3. Bakat dan Minat

Memilih untuk Tidak Kuliah Tetap Bisa Jadi Sukses
Bekerja sesuai passion (Foto: Pixabay/ivanovgood)

Jika sejak kecil kamu menyukai hal yang menonjolkan kreativitas, maka teruskanlah. Jangan berhenti hanya karena orang-orang di sekitarmu tidak berani keluar dari zona nyaman, pada akhirnya memilih untuk kuliah. Karena passion setiap orang berbeda. Banyak pekerjaan yang bisa dikembangakan apa yang kamu sukai.

4. Pilihan

Memilih untuk Tidak Kuliah Tetap Bisa Jadi Sukses
Yakinlah dengan pilihanmu (Foto: Pixabay/RyanMcGuire)

Yakinlah dengan pilihanmu. Melakukan pekerjaan yang tidak memerlukan ijazah memang membutuhkan konsistensi tinggi. Diperlukan keteguhan dalam menjalankan apa yang kamu sukai.

Sesuatu yang dilakukan dengan hati pasti akan membuahkan hasil yang baik. Jangan karena orang-orang di sekitarmu memilih 'jalur utama' kemudian kamu terpaksa mengikutinya. (mar)

Baca juga:

Perempuan Juga Bisa Menggeluti Profesi Laki-Laki



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH