Memilih Sepatu Olahraga Itu Seperti Apa Sih? Pilihlah sepatu olahraga sesuai bentuka kaki kamu. (Foto: Vox)

APAKAH kamu tengah menyiapkan rencana untuk memulai berolahraga? Jika iya, maka salah satu hal yang kamu butuhkan adalah sepatu olahraga yang tepat. Hampir setiap kegiatan olahraga memerlukan sepatu olahraga yang disesuaikan dengan kebutuhan, salah satunya adalah sepatu lari.

Kamu tentunya bingung bagaimana memilih sepatu olahraga yang tepat. Sepatu olahraga yang tepat biasanya dengan memperhatikan terlebih dahulu bentuk kaki kamu. Mari kenali hal-hal yang harus diperhatikan lainnya.

Laman Go Dok memberikan cara memilih sepatu olahraga yang tepat untuk kegiatan sehat kamu!

sepatu
Perhatikan sepatu olahraga berbeda dengan sepatu kasual. (Foto: Pixabay/Free-Photos)


1. Kenali bentuk kaki kamu


Hal pertama yang harus diperhatikan sebagai cara memilih sepatu olahraga yang tepat dengan mengenal bentuk kaki kamu. Meskipun semua orang rata-rata memang memiliki 10 jari dan 2 mata kaki, namun tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang memiliki bentuk dan ukuran kaki yang berbeda.

Agar lebih mudah, kamu bisa mengambil bentuk dari sepatu biasa kamu, dan memilih sepatu olahraga berdasarkan hal tersebut. Dapat pula berlama-lama di toko olahraga dan mencoba berbagai sepatu yang sesuai kebutuhan olahraga, sembari menimbang mana sepatu yang kiranya nyaman di kaki. Ingat, ini adalah dasar dari pemilihan kamu. Jangan sampai memilih sepatu yang terlalu tidak sesuai, karena hanya akan menciderai kamu sendiri.


2. Perhatikan Tumit dan Telapak


Tumit atau hak sepatu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah menjadi masalah saat berolahraga. Pastikan ukuran hak sepatu olahraga kamu di antara 1,2 cm hingga 1,9 cm. Kamu juga harus memerhatikan bagian telapak sepatu olahraga. Pastikan tapak sepatu tak membuat kamu terpeleset. Kamu harus memilih sepatu yang memiliki gerigi atau pola tertentu yang menonjol di bagian telapak sepatu. Jangan pula memilih sepatu dengan bagian ujung depan yang sempit. Ini dapat membuat jari-jari kamu cedera.

sepatu
Perhatikan bagian tumit dan telapak. (Foto: nbc)


3. Kaos Kaki


Ketika mengepas sepatu pastikan kamu menggunakan kaus kaki saat mencobanya di toko. Sebab, dengan menggunakan kaus kaki, kamu akan lebih mudah dalam memilih sepatu mana yang paling nyaman untuk kaki. Dalam hal ini, jangan lupa gunakan kaus kaki ukuran tebal yang memang dikhususkan untuk berolahraga, ya!


4. Belilah ukuran di atas ukuran sepatu kamu


Jangan menyamakan ukuran sepatu olahraga kamu dengan sepatu atau sandal yang Anda gunakan sehari-hari. Ingatlah untuk membeli ukuran satu nomor atau satu setengah nomor lebih besar dari sepatu biasa Anda. Hal ini diterapkan guna menghindari pembengkakan pada jari atau bagian kaki tertentu lainnya. Juga menghindari memar dan cedera ringan yang bisa terjadi saat bagian dalam sepatu menggesek bagian kaki kamu. Jika kamu termasuk yang memiliki ukuran jari-jari kaki cukup besar, maka tips ini wajib diterapkan saat memilih sepatu olahraga. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH