Kesehatan

Memilih Perawatan Wajah Berdasarkan Jenis Kulit

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Sabtu, 23 Januari 2021
Memilih Perawatan Wajah Berdasarkan Jenis Kulit
Jangan asal pilih produk skincare. (Foto: Unsplash/Park Street)

SIAPA sih yang enggak mau punya wajah glowing dan terlihat cantik? Pemakaian produk perawatan wajah atau skincare terbukti dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit yang berbeda-beda. Setiap produk pasti ada cocok dan tidaknya untuk setiap individu sehingga perlu percobaan berkali-kali.

Menurut praktisi produk perawatan kulit, Hanafi, setiap produk mengandung bahan yang berbeda sesuai kebutuhan kulit pengguna. Mengutip ANTARA, berikut cara memilih skincare sesuai jenis kulit menurut Hanafi.

Baca juga:

Ini Waktu yang Dibutuhkan Kulit untuk Melihat Efek Skincare

1. Kulit kering

Tips Memilih Perawatan Wajah Berdasarkan Jenis Kulit
Kulit keriput juga rentang terhadap cuaca dingin. (Foto: Unsplash/Cheyenne Doig)


Orang yang memiliiki tipe kulit kering akan lebih mudah terlihat cepat tua karena rentan terhadap keriput. Kulit keriput juga rentang terhadap cuaca dingin. Kalau tipe kulit kamu kering, jangan terlalu sering mencuci wajah dengan air hangat dan hindari penggunaan skincare yang mengandung alkohol. Sebaiknya gunakan skincare khusus untuk melembabkan seperti hydrating toner.

Kamu juga bisa memilih produk yang mengandung Hyaluronic Acid, Lactic Acid, atau bahan alami yang mampu melembabkan wajah seperti delima, madu, aloe vera, dan shea butter.

2. Kulit berminyak

Tips Memilih Perawatan Wajah Berdasarkan Jenis Kulit
Seseorang dengan tipe kulit berminyak akan terlihat lebih muda karena tidak mudah keriput. (Foto: Unsplash/Antonika Chanel)

Yang ini berbanding terbalik dengan kulit kering, seseorang dengan tipe kulit berminyak akan terlihat lebih muda karena tidak mudah keriput. Namun, keduanya sama-sama memiliki masalah tersendiri.

Pemilik kulit berminyak akan berhadapan dengan komedo, jerawat, dan pori-pori besar. Pilihlah produk yang tidak mengandung minyak. Masker waja yang mengandung kaktus, kiwi, dan lemon direkomendasikan untuk kulit berminyak karena mampu mengontrol sebum berlebih dan dapat menutrisi kulit wajah.

3. Kulit normal

Tips Memilih Perawatan Wajah Berdasarkan Jenis Kulit
Kulit normal biasanya cocok memakai produk skincare dengan kandungan apapun. (Foto: Unsplash/Kalos Skincare)


Pemiliik kulit normal harus bersyukur karena memiliki kondisi wajah yang tidak bermasalah. Kulit normal biasanya cocok memakai produk skincare dengan kandungan apapun.

“Tapi tetap saja jaga kesehatan kulit dan kelembabannya. Gunakan sheetmask untuk mendapatkan kulit yang glowing dan kenyal,” ujar Hanafi.

Baca juga:

Begini Membedakan Purging dan Break Out Ketika Mencoba 'Skincare' Baru

4. Kulit sensitif

Tips Memilih Perawatan Wajah Berdasarkan Jenis Kulit
Pemilik kulit sensitif biasanya lebih rentan bermasalah terhadap skincare. (Foto: Unsplash/Coline Hasle)

Pemilik kulit sensitif biasanya lebih rentan bermasalah terhadap skincare, jadi harus menghindari produk mengandung alkohol.

“Kulit sensitif rentan dengan zat kimi, kulit akan cepat memberikan respons ditandai dengan kemerahan. Produk skincare Hade Beauty sendiri aman dipakai untuk kulit sensitif karena mengandung komposisi alami terpilih dan berkulitas tinggi, sehingga cocok dipakai semua jenis kulit.

5. Kulit kusam

Tips Memilih Perawatan Wajah Berdasarkan Jenis Kulit
Untuk mengatasinya, gunakan produk skincare yang dapat mencerahkan wajah. (Foto: Unsplash/Humphrey Muleba)


Pemilik kulit kusam biasanya lebih mudah terlihat kusam. Untuk mengatasinya, gunakan produk skincare yang dapat mencerahkan wajah.“

Agar hasilnya cepat dan maksimal, sebaiknya pakai produk skincare secara lengkap,” kata Hanafi.

Selain itu, menurutnya sangat perlu menggunakan produk yang sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta terjamin keamanannya. (and)

Baca juga:

Skincare dengan Bahan Herbal Premium, Rahasia Cantik ala Shireen Sungkar

#Kecantikan #Kulit Wajah
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan