Perlunya Memilih Jasa Pengiriman Barang yang Kredibel Ilustrasi (Pixalbay)

KINI perusahaan jasa pengiriman barang yang ada di Indonesia begitu banyak. Hal itu berarti bisnis pengiriman barang merupakan jenis usaha yang menguntungkan dan menjanjikan. Tren ini sangatlah masuk akal mengingat makin banyak orang yang bertransaksi secara online. Kini konsumen tidak khawatir lagi untuk melakukan jual beli secara online. Dan itu artinya mereka membutuhkan jasa pengirim barang dari penjual ke pembeli.

Sebenarnya, untuk mengukur seberapa lebar peluang menjalankan bisnis pengiriman barang ini sangatlah mudah. Cek saja berapa jumlah marketplace atau situs belanja online yang ada saat ini. Jumlahnya semakin bertambah. Belum lagi jumlah toko online yang semakin hari semakin bertambah. Tidak hanya UMKM, perorangan pun bisa melakukan jual beli secara online. Dan itu sudah cukup untuk menunjukkan betapa krusialnya peran jasa pengiriman barang ini.

Akan tetapi, ada yang menjadi isu berkaitan dengan jasa pengiriman ini, yaitu service atau layanan. Anda bisa cek di forum-forum di mana banyak orang yang kecewa dengan pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa pengiriman. Pasalnya, mereka sering mendapati barang yang dikirim rusak. Dan itu berarti ada yang kurang pas dalam hal pelayanan yang diberikan.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin membeli barang secara online atau mungkin juga penjual yang harus memanfaatkan jasa pengiriman barang, Anda harus pilih jasa yang kredibel.

Memilih Jasa Pengiriman Barang Yang Kredibel

Sebenarnya, untuk menilai mana jasa pengiriman barang yang dapat diandalkan, Anda bisa mulai dari isu yang ada saat ini. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, isunya adalah adanya barang rusak ketika proses pengiriman. Dan ternyata, memang ada jasa yang tidak terlalu memperdulikan mengenai bagaimana proses packing dan juga loading barang yang akan dikirim. Ada barang yang dilempar begitu saja sehingga bukan tidak mungkin barang bisa pecah dan rusak.

Akan tetapi, ada juga isu yang lainnya. Ini juga terkait dengan pelayanan. Tidak sedikit orang yang komplain karena kurang cepatnya proses pengiriman. Memang sudah tertulis estimasi waktu barang akan sampai ke alamat yang dituju. Hanya saja, tak jarang keterlambatan pengiriman itu terjadi.

Dari dua isu inilah, Anda bisa menentukan mana jasa pengiriman barang yang bisa Anda andalkan. Tentunya ada pertimbangan lain yang bisa Anda gunakan seperti tarif. Akan tetapi, yang menjadi isu sekarang ini adalah barang yang rusak karena kecerobohan petugas dalam melakukan loading barang dan juga kecepatan waktu pengirimian.

Cara Penyedia Jasa Mengantisipasi Kerusakan

Paket
Ilustrasi. (pixabay)

Sebenarnya, jika barang sampai di alamat yang dituju terlambat, itu bisa dimaklumi. Yang menjadi masalah besar adalah ketika barang sudah sampai tapi dalam keadaan rusak. Jika Anda sebagai penjual atau pengirim barang, tentu Anda akan rugi karena harus mengganti dengan barang yang baru.


Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

- Packing

Mungkin Anda merasa sudah melakukan packing yang membuat barang aman kalau pun harus ditumpuk atau dilempar. Namun, seberapa yakin Anda dengan hal tersebut?

Akan lebih baik jika Anda memilih jasa pengiriman yang memberikan layanan packing. Mereka lebih tahu bagaimana cara melakukan packing yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Misalkan saja untuk barang elektronik, packing sebaiknya dilakukan dengan menggunakan pembungkus yang ada bubble nya. Ini mampu meminimalisir terjadinya benturan yang mengakibatkan barang yang ada di dalam bungkus pecah atau rusak.

Biasanya, Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk mendaptkan layanan packing ini. Namun, tentu tidak masalah daripada Anda harus mendapatkan komplain dari pelanggan lantaran barang yang Anda kirim rusak ketika sampai di alamat pelanggan yang dituju.

- Asuransi

Sekarang ini, hampir semua jasa pengiriman barang menawarkan layanan asuransi. Ada yang sifatnya opsional. Artinya, jika Anda menggunakan asuransi, maka ada tambahan biaya. Akan tetapi, ada juga yang asuransi harus diambil.

Asuransi ini menjadi sangat penting. Dengan melakukan pengiriman dengan asuransi, Anda bisa tenang pihak jasa pengiriman bertanggungjawab penuh atas barang selama proses pengiriman. Jadi, jika ternyata barang rusak, pihak penyedia jasa pengiriman akan mengganti dengan barang yang sama. Jadi, Anda sebagai penjual atau pengirim tidak perlu merasa khawatir.

Setidaknya hal tersebut yang dijadikan pertimbangan ketika memilih jasa pengiriman. Tentu saja semua penyedia jasa juga akan memberikan kedua fasilitas tersebut. Namun, seberapa bagus layanan yang diberikan, itu yang menjadi pembeda antara penyedia jasa satu dengan yang lainnya.


5 Penyedia Jasa Kirim Barang Terpercaya Saat Ini

Sebagai orang yang terjun di bidang bisnis online, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan kelima brand besar jasa pengiriman barang berikut ini. Yang akan dibahas adalah kelebihan dari masing-masing penyedia jasa tersebut.

1. Pos

Kini, pos tidak lagi dianggap sebagai tempat untuk mengirim surat saja tapi juga jasa pengirim barang. Karena pos ini milik pemerintah, maka Anda bisa sangat tenang. Anda tahu di belakang perusahaan ini ada negara yang menjamin barang yang Anda kirim.

2. JNE

Perusahaan swasta pesaing utama pos pada awalnya adalah JNE walaupun sekarang in JNE juga harus bersaing dengan penyedia jasa pengiriman swasta lainnya. Kelebihan JNE ada pada pengalaman yang panjang serta kemudahan menemukan agen. Bahkan, Anda bisa mendapatkan kantor atau agen resmi di kota-kota kecil hampir di seluruh Indonesia.

3. TIKI

Pesaing utama JNE untuk pasar dalam negeri adalah TIKI. Secara branding, JNE memang lebih unggul dibandingkan dengan TIKI. Ini terbukti banyak sekali orang yang lebih memilih untuk menggunakan jasa JNE daripada TIKI. Akan tetapi, bukan berarti TIKI kurang bagus. Asal Anda tahu, TIKI memberikan pelayanan pengiriman bergaransi dengan tarif yang lebih fleksibel. Artinya, Anda bisa memilih tarif sesuai dengan kebutuhan.

4. FedEx

Ini khusus digunakan untuk pengiriman ke luar negeri. Biasanya, mereka yang membeli barang dari luar negeri atau mengirim barang ke luar negeri menggunakan jasa ini. Kelebihannnya adalah adanya cabang yang hampir tersebar di berbagai negara di dunia.

5. Pengiriman Online

Mungkin jasa yang satu ini belum pernah Anda dengar sebelumnya. Memang ini pemain baru. Dan salah satu kelebihannya adalah banyaknya tarif yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan serta budget. Lebih dari itu, packing dilakukan dengan sangat rapi. Keamaan menjadi hal yang sangat diperhatikan. Bahkan, semua barang yang Anda kirim diasuransikan.

Tentu saja akan semakin banyak lagi bermunculan jasa pengiriman barang yang ada di Indonesia. Layanannya tidak jauh beda dengan jasa pengiriman lainnya. Namun, pasti nanti ada isu lain yang muncul. Dan jasa yang mampu menjawab isu tersebutlah yang akan mendapatkan kepercayaan masyarakat. Untuk saat ini, manakah jasa pengiriman yang Anda percaya? (*)


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH