Cara Aman Pesan Tiket via Online Booking tiket via online harus berhati-hati. (Foto: Pexels/bruce mars)

KEMUDAHAN adalah kata yang tepat untuk menggambarkan memesan tiket via online. Tidak mengherankan jika booking online baik tiket pesawat, hotel, mau pun paket perjalanan dari waktu ke waktu jumlahnya terus meningkat, termasuk tawaran menarik yang kerap ditawarkan aplikasi travel.

Kemudahan itu tidak serta-merta diikuti keamanan. Masih ada bahaya yang harus diwaspadai. Seperti yang dimuat di laman Arah Destinasi, Bastien Dubuc dari Avast Prancis mengatakan orang harus tetap berhati-hati dalam melakukan pemesanan via online. Dubuc menyebutkan bahwa peretas selalu mencari kelemahan dan kekhilafan konsumen pada keamanan cyber.

Setiap kerentanan akan menjadi kesempatan untuk mereka. Oleh karena itu, pengguna internet yang sudah dipenuhi rencana dan mimpi berlibur, kerap menjadi target para peretas. Kelemahan konsumen adalah merasa aman bila hendak berlibur ke tempat wisata elit. Mereka berpikir tingkat keamanannya pasti tinggi.

Harus disadari bahwa booking sama saja dengan membagikan informasi personal secara online. Untuk mempersempit kemungkinan peretasan, sangat penting untuk mengadopsi beberapa kebiasaan sederhana di bawah ini!

Email phishing

cyber
Hati-hati dengan email yang nyasar. (Foto: Pixabay/geralt)

Peretas biasanya mengintai di hari raya besar kalendar dan dapat mengirim penawaran atraktif kepada calon targetnya. Oleh karena itu email yang terlihat legal dan tidak mencurigakan harus dibuka dengan hati-hati. Lebih baik tidak mengklik link dan attachment yang tertera. Dikhawatirkan ada malicious, malware yang berpotensi dapat memberikan akses kepada peretas untuk mencuri informasi kamu. Seperti kredensial login atau nomor kartu kredit.

Adapula pengguna internet yang diarahkan menuju sebuat situs imitasi layaknya situs official. Nantinya akan diperintahkan untuk mengatur ulang password kamu atau memasukkan data pribadi. Jika kamu ragu-ragu, sebaiknya hubungi perusahaan penyedia aplikasi tersebut untuk memastikan bahwa email memang benar dikirim dari layanan mereka. Hal ini akan menghalang pencurian data dan jika upaya pada pencurian data sedang berlangsung perusahaan dapat mengambil langkah yang diperlukan untuk mengingatkan semua kontaknya.

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH