Membudayakan Olahraga dalam Keluarga Untuk membangun prestasi dari olahraga, keluarga harus membudayakan olahraga dari lingkup keluarga. (Foto: Unsplash/Gabin Vallet)

PRESTASI, olahraga, dan kebudayaan merupakan bagian tak terpisahkan satu sama lain. Untuk membangun prestasi dari olahraga, keluarga harus membudayakan olahraga dari lingkup keluarga. Demikian diungkap Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) Prof. Semiarto Aji Purwanto.

"Di luar negeri, olahraga merupakan suatu bentuk kegiatan parenting, namun di Indonesia nampaknya belum terlalu diterapkan," kata Prof. Semiarto Aji di Kampus UI, Selasa, seperti dilaporkan Antara (22/11).

Di Indonesia, olahraga sebagai gaya hidup lebih banyak dilakukan dalam komunitas seperti komunitas bersepeda, komunitas lari, dan lain-lain guna mempererat solidaritas sosial, lanjutnya.

Jadi, ini menjadi tugas tiap keluarga agar dapat menumbuhkan budaya olahraga di tingkat keluarga yang berguna untuk mempererat hubungan antaranggota keluarga serta menanamkan nilai kesehatan dan kebugaran.

Baca juga:

Mengembalikan Esensi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

budaya olahraga keluarga
Tanpa dukungan budaya (sistem koginisi), prestasi olahraga tidak akan diapresiasi atau didukung oleh masyarakat. (Foto: Unsplash/Spikeball)

Tanpa dukungan budaya (sistem koginisi), prestasi olahraga tidak akan diapresiasi atau didukung oleh masyarakat. Oleh karena itu, unsur terpenting dalam menjadikan olahraga sebagai suatu kebudayaan adalah keluarga.

Sementara itu Ketua Bidang Sport Science dan IPTEK KONI Pusat, Dr. Lilik Sudarwati, mengatakan keolahragaan dalam UU berfungsi untuk mengembangkan kemampuan jasmani, rohani, sosial, dan membentuk watak kepribadian bangsa yang bermartabat. Semuanya tercakup dalam tiga ruang lingkup: olahraga pendidikan, olahraga masyarakat, dan olahraga prestasi.

Berbeda dengan kondisi di luar negeri, sport science menjadi acuan dalam pengembangan atlet-atlet, sedangkan di Indonesia belum dikembangkan atau digunakan sebagai rujukan.

"Kondisi ini akan mengakibatkan Indonesia akan tertinggal jauh dalam prestasi olahraga di masa depan. Sehingga, diharapkan Perguruan Tinggi dapat hadir berperan untuk mengisi kekosongan tersebut," kata Lili dalam seminar "Undang-Undang Olahraga dan Dunia Kampus" di Auditorium Juwono Sudarsono, FISIP, Kampus UI Depok.

Baca juga:

SMP Al-Azhar 41 Kian Sehat dan Terampil Berolahraga bersama Dewa United

olahraga keluarga
Pembinaan dan pengembangan olahraga pendidikan dilaksanakan dan diarahkan sebagai satu kesatuan yang sistemis dan berkesinambungan dengan sistem pendidikan nasional. (Foto: Unsplash/Mark Stosberg)

Seminar ini membahas peran serta kesiapan penyelenggara pendidikan dalam memenuhi kriteria yang disyaratkan guna mewujudkan kampus yang sehat dan berkarakter melalui pengembangan keilmuan terkait keolahragaan (sport science).

Menurut Lilik, sport science diselenggarakan untuk menanamkan nilai-nilai karakter dan memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan guna membangun gaya hidup sehat aktif sepanjang hayat.

Lebih lanjut ia mengatakan, pembinaan dan pengembangan olahraga pendidikan dilaksanakan dan diarahkan sebagai satu kesatuan yang sistemis dan berkesinambungan dengan sistem pendidikan nasional.

Untuk itu, dalam pengimplementasian UU tersebut Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) harus didukung dari peran berbagai pihak, terutama perguruan tinggi untuk melakukan penelitian maupun kemajuan teknologi untuk olahraga. (*)

Baca juga:

Suka dengan Adrenalin? Wajib Coba Olahraga Udara Ini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Twitter Uji Coba Fitur Hapus Tag dari Tweet Pengguna Lain
Fun
Twitter Uji Coba Fitur Hapus Tag dari Tweet Pengguna Lain

Twitter dikabarkan tengah mengujicoba fitur hapus tag dari tweet pengguna lain

Produk dan Umpan Balik Menentukan Sikap Pelanggan
Fun
Produk dan Umpan Balik Menentukan Sikap Pelanggan

Sikap pelanggan ditentukan dari sikap pebisnis juga.

SteelSeries Meluncurkan Gaming Mouse Ringan 'Multi-Genre'
Fun
SteelSeries Meluncurkan Gaming Mouse Ringan 'Multi-Genre'

SteelSeries dengan mouse Aerox 5 dan Aerox 9 bisa menjadi pilihan yang tepat.

Rekomendasi 4 Gim Nintendo 3DS yang Layak Dimainkan
ShowBiz
Rekomendasi 4 Gim Nintendo 3DS yang Layak Dimainkan

Bagi kalian yang baru ingin memainkan konsol ini atau bahkan ...

Parka dari Sutra Laba-laba Buatan Dijual Rp 20 Juta
Fun
Parka dari Sutra Laba-laba Buatan Dijual Rp 20 Juta

Berasal dari serat buatan yang meniru sutra laba-laba.

Bursa Transfer Pembalap MotoGP 2023, Fabio Quartararo Pindah?
Fun
Bursa Transfer Pembalap MotoGP 2023, Fabio Quartararo Pindah?

Quartararo minta gaji fantastis dan paket motor kompetitif.

Seberapa Sering Tempat Makan Anjing Harus Dibersihkan?
Fun
Seberapa Sering Tempat Makan Anjing Harus Dibersihkan?

Disiplin dalam memelihara hewan harus dijalankan untuk menghindari kemungkinan penyebaran penyakit.

Latihan Kardio Mudah untuk di Rumah
Fun
Latihan Kardio Mudah untuk di Rumah

rangkaian latihan kardio sederhana ini tetap dapat menjaga tubuh

Serunya Brewers Cup di Rumah Kedua Coffee
Hiburan & Gaya Hidup
Serunya Brewers Cup di Rumah Kedua Coffee

Rumah Kedua Coffee Tangerang menggelar kompetisi brewing kopi yang dibuka untuk umum.

Timnas Rusia Tak Akan Hadir di 'FIFA 23'
Fun
Timnas Rusia Tak Akan Hadir di 'FIFA 23'

Klub dan liga sepak bola Rusia juga ditiadakan.