Cara Membuat Kartu Lebaran yang Lebih Berkesan dan Personal Kartu ucapan selamat lebaran. Foto:bukalapak

KARTU ucapan lebaran menjadi media untuk menggambarkan perasaan Anda dengan orang yang dikirimi ucapan tersebut. Kesan yang dimunculkan akan begitu spesial bilamana dibuat sendiri. Oleh karenanya, tidak salah bila seseorang mencoba untuk membuatnya.

Kartu ucapan ini meskipun terkesan kuno, tapi kenyataannya masih banyak digunakan. Kartu ucapan sudah diubah dengan layanan sms ataupun email. Itu menjadi media utama yang kebanyakan digunakan saat ini. Meskipun begitu, bagi sebagian besar orang menganggap jika kartu ucapan jauh lebih baik. Pasalnya, kesannya lebih sopan dan lebih menghormati orang lain.

Nah, bagaimana cara membuat kartu ucapan ini? Inilah yang akan kami bagikan di sini. Ini bisa menjadi ide Anda untuk memberikan ucapan lebaran yang pas untuk diberikan pada orang yang spesial.

kartu lebaran
Kalimat ucapan selamat dalam Kartu Lebaran. Foto:NET

Sekilas Mengenai Kartu Ucapan Untuk Hari Idul Fitri

Hari raya idul fitri merupakan hari istimewa bagi umat islam. Hari ini akan selalu dirayakan oleh setiap kaum muslimin yang ada di seluruh penjuru dunia. Tidak terkecuali di Indonesia. Di Indonesia sendiri, hari istimewa ini dijadikan sebagai hari yang pas untuk bersilaturrahmi dan bermaaf-maafan dengan keluarga dan sahabat. Tidak jarang jika hari seperti ini akan mempertemukan keluarga yang tinggal di tempat yang sangat jauh.

Bagi keluarga yang tinggal di tempat jauh, ini merupakan momen paling berharga yang biasa dimanfaatkan untuk berkunjung. Tujuannya tidak lain untuk menyambung silaturrahmi, serta meminta maaf atas kekhilafannya. Momen meminta maaf ini biasanya dilakukan dengan berbagai cara. Yang modern jelas meminta maaf dengan memanfaatkan layanan kecanggihan teknologi. Entah itu dengan layanan sms ataupun email dan medsos.

Tetapi bagi sebagian orang, permintaan maaf menggunakan layanan tersebut dianggap kurang pas. Maka dari itu, cara lama biasanya dilakukan. Yaitu berkunjung ke tempatnya sendiri. Nah, kedatangan seseorang ke tempat yang dituju seperti rumah orangtua ini biasanya butuh media untuk menambah kesan. Salah satunya adalah menggunakan parcel dan kartu ucapan selamat idul fitri.

Kebiasaan ini sudah biasa dilakukan sejak zaman dahulu di Indonesia. Sembari datang di rumah orang tua, tidak ada salahnya membawa bingkisan ataupun parcel untuk memberikan kebahagiaan yang lebih.

Kartu ucapan ini memang hanya sebagai tambahan saja. Yang utama adalah kedatangan anak ke tempat orang tua. Pasalnya, orang tua yang ditinggal jauh anaknya hanya membutuhkan satu hal, yaitu bisa melihat anaknya berkumpul kembali di rumah dimana anak dibesarkan.

Sembari berkumpul, membawa parcel dan kartu ucapan dan hadiah jelas memberikan banyak kesan. Ini tidak hanya diberikan pada orang tua saja, tetapi juga diberikan pada saudaranya sampai tetangga dan sahabat terdekat.

Dengan adanya kartu ucapan ini, keakraban akan tercipta. Jalinan persaudaraan akan semakin erat, dan akan dirindukan momen-momen seperti ini. Makanya, memberikan kartu ucapan ini banyak dilakukan oleh seseorang di hari raya idul fitri.

Untuk Siapa Kartu Ucapan Lebaran Itu?

kartu lebaran
Proses pembuatan kartu lebaran. Foto: NET

Kartu ucapan ini bisa diberikan kepada siapa saja. Baik itu orang tua sampai rekan kerja dan lain sebagainya. Setidaknya, ini menjadi tanda jika Anda benar-benar ingin menjalin hubungan yang baik dengannya. Khusus untuk orang tua, kartu ucapan ini harusnya diimbangi dengan kedatangan Anda. Karena hari raya merupakan hari dimana anggota keluarga di berbagai tempat berkumpul. Tentunya untuk bersilaturrahmi dan berbagai keceriaan seperti waktu masih diasuh oleh orang tua.

Namun bagi orang lain seperti atasan atau kolega, kartu ucapan ini bisa dimanfaatkan tanpa harus datang. Setidaknya, kehadiran ucapan kartu lebaran ini sudah menjadi bentuk penghormatan. Tetapi, jangan hanya kartu ucapan saja. Anda juga membutuhkan pelengkap seperti bingkisan. Bingkisan dan kartu ucapan ini jauh diterima dan dianggap lebih sopan.

Adanya kartu ucapan ini setidaknya mampu mewakili ketidakhadiran Anda di rumah kolega. Dan kolega sudah tahu apa yang Anda lakukan. Secara, hari besar yang hanya sekali dalam setahun ini hampir pasti dioptimalkan untuk berkunjung ke rumah orang tua. Intinya, kartu ucapan ini diberikan pada orang-orang yang dianggap spesial. Tetapi, Anda tidak bisa datang secara langsung ke rumahnya.

Isi Kartu Ucapan Lebaran

Bicara mengenai isi kartu ucapan di hari lebaran tidaklah seformal surat pada umumnya. Isinya cukuplah sederhana. Yang penting, isinya sudah mewakili perasaan apa yang ingin Anda ucapkan. Isi paling utama adalah memberikan selamat telah menyelesaikan kewajiban puasa selama sebulan. Kemudian diisi dengan permohonan maaf sebesar-besarnya atas kehilafan dan kesalahan di masa lalu.Mengenai penulisannya bisa dibuat sendiri. Misalnya dengan membuat tulisan berbahasa arab yang bisa didapatkan di beberapa sumber. Tentu, temanya adalah tentang hari idul fitri.

kartu lebaran
Contoh bentuk-bentuk kartu lebaran. Foto:Bukalapak

Kemudian di bagian tengahnya diberikan isian tentang ucapan permohonan maaf. Dan terakhir adalah diisi dengan nama keluarga besar Anda. Itu sudah cukup dimasukkan dalam kartu ucapan. Intinya, isinya adalah pernyataan selamat idul fitri dan permohonan maaf. Ini merupakan tujuan utama dalam pembuatan kartu ucapan di idul fitri. Jadi, utamakan isi tersebut selama membuatnya.

Cara Membuat Kartu Ucapan di Hari Lebaran

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat kartu ucapan hari raya idul fitri ini. Cara-cara ini bisa dikreasikan sendiri. Mulai dari penulisan kata-kata, pemilihan kertas untuk kartu ucapan, sampai pelengkap kartu ucapan tersebut.

Buat Anda yang ingin membuatnya di rumah, Anda bisa menyediakan bingkisan dan kertas sebagai kartu ucapan. Bingkisan ini bisa dibuat sendiri atau dibeli dari penjual parcel. Anda bebas memberikan isian bingkisan ini. Misalnya parcel dibuat dengan ukuran tertentu. Di dalamnya terdapat aneka jajanan khas lebaran. Atau yang paling simpel adalah memasukkan buah-buah ke dalamnya. Tatalah dengan baik sesuai wadahnya dan bungkus dengan baik.

kartu lebaran
Foto: NET

Langkah selanjutnya adalah membuat kartu ucapan. Di sini, silahkan beli kertas semisal kertas karton. Kalau bisa, belilah kertas jadi yang tinggal diisi dengan tulisan tertentu. Pilihlah kertas yang bertemakan tentang lebaran. Contohnya adalah kertas yang sudah diisi dengan gambar ketupat, gambar masjid ataupun bedug.

Kemudian, isilah di dalamnya dengan tulisan mengenai perasaan Anda. Tulisan paling atas berupa salam dan selamat hari raya. Kemudian tulisan lainnya adalah tulisan tentang perasaan untuk meminta maaf.

Untuk kata-katanya bisa dikreasikan sendiri. Atau yang termudah adalah mencari kata-kata yang menyentuh di berbagai sumber. Contohnya adalah di internet. Kemudian di bagian bawah adalah tanda dari Anda sekeluarga. Cukup tuliskan nama keluarga besar Anda. Itu sudah cukup untuk dijadikan sebagai kartu ucapan.Kalau sudah dibuat, silahkan masukkan ke dalam bingkisan parcel. Bungkus dengan plastic serapi mungkin. Jangan lupa berikan pita di bagian bukaan untuk menambah manis bingkisan tersebut.

Demikianlah caranya membuat kartu ucapan. Tuliskan kata-kata yang mewakili tujuan Anda. Kemudian lengkapi dengan bingkisan untuk memberikan kesan lebih baik. Jadi, sudahkah Anda menemukan kata yang tepat untuk dituliskan dalam kartu ucapan lebaran? (*)

Artikel ini diolah MerahPutih.com dari berbagai sumber.


Tags Artikel Ini

Teguh Riyanto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH