Membersihkan Laptop Butuh Ekstra Hati-hati

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 21 Juli 2021
Membersihkan Laptop Butuh Ekstra Hati-hati
Cara membersihkan laptop yang baik dan benar serta hati-hati. (Foto: Unsplash/Bram Naus)

LAPTOP gawai yang menjadi kebutuhan semua orang. Sama dengan ponsel, kita tidak pernah lepas dari gawain ini. Apalagi di saat pandemi seperti saat ini yang menuntut semua orang melakukan aktivitas di rumah.

Mungkin kamu bisa mengatakan bahwa kamu rajin mencuci tangan. Tetapi tetap saja bakteri dan debu pastinya akan menempel pada laptopmu. Namun membersihkan laptop butuh ekstra hati-hati.

Baca Juga:

Memangku Laptop Ternyata Berbahaya bagi Kesehatan

1. Semprot

bersih
Gunakan angin yang kuat untuk menghilangkan debu dari sela-sela. (Foto: Photography Axis)

Sama seperti cara kamu menyapu sebelum mengepel lantai. Kamu pasti ingin menghilangkan debu dan kotoran dari laptop terlebih dulu sebelum mengelapnya. Untuk mengangkat semua debu yang berada pada sela-sela kibor dan lubang charger, kamu bisa menggunakan alat semprot angin atau hairdryer. Bagus lagi kalau punya kibor yang bisa dilepas pasang, memudahkan untuk membersihkannya.

Matikan laptopmu terbelih dahulu sebelum menyemprotnya dengan angin. Jangan lupa untuk mengarahkan udara ke semua celah kibor, port USB, dan celah atau lubang lain di laptopmu. Jangan arahkan angin pada satu titik terlalu lama karena akan menyebabkan kelembapan pada laptopmu.

2. Cairan pembersih

bersih
laptop-bersih-FOTO2- Gunakan alkohol untuk menghilangkan bakteri (Foto: Pexels/Anna Shvets)

Yang harus kamu ingat bahwa menggunakan cairan pembersih harus hati-hati. Menuangkannya tak boleh langsung ke laptop, kamu harus menuangkannya ke kain bersih atau kapas. Kemudian baru diseka ke laptop. Lakukan dengan hati-hati dan jangan sampai terlalu basah. Dengan cara seperti ini tidak hanya akan membersihkan laptopmu dari noda tetapi juga bakteri.

Baca Juga:

3 Cara Tingkatkan Usia Baterai Laptop Kamu

3. Kain mikrofiber

bersih
Gunakan microfiber untuk mengelap laptop (Foto: Amazon MagicFiber)

Gunakan kain mikrofiber yang biasanya juga digunakan untuk membersihkan kacamata. Kamu harus menggosok dengan lembut pada bagian layar laptop jika tidak ingin meninggalkan goresan pada layar laptopmu. Sebenarnya dengan kain mikrofiber yang kering saja layar laptop kamu sudah akan mengkilap. Tapi jauh lebih baik bila menggunakan cairan pembersih. Ingat cairan dituangkan pada kain terlebih dahulu, bukan langsung pada layar laptop.

4. Kering

bersih
Jangan gunakan laptop sebelum kering betul. (Foto: Unsplash/Christopher Gower)

Karena kamu bukan mencuci laptopmu dengan air, maka hanya perlu beberapa menit agar laptop benar-benar kering dari cairan pembersih yang kamu gunakan. Kelembapan dapat merusak laptop. Jadi kamu harus memastikannya kering terlebih dahulu sebelum menggunakannya terutama pada sela-sela yang kamu seka menggunakan cairan pembersih. (Tel)

Baca Juga:

Si Doyan Kerja di Kafe Sendirian, Kopi Secangkir Nongkrongnya Seharian

#Laptop #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan