Membersihkan Kacamata dengan Sabun Bingkai kacamata harus dibersihkan pula. (Foto: businessinsider)

UMUMNYA membersihkan kacamata hanya pada bagian lensanya saja. Bila lensa terkena air, kotoran atau debu langsung dapat dibersihkan dengan kain lembut. Dengan memberikan air sedikit lensa dapat bening lagi.

Apakah cukup demikian? Ternyata tidak juga! Membersihkan kacamata bukan hanya pada bagian lensanya saja. Bingkainya kadang terlupakan, dibiarkan kusam saja. Padahal bingkai juga perlu dibersihkan. Terutama pada bagian 'jembatan'nya yang menempel langsung pada kulit hidung. Demikian juga gagangnya yang bersentuhan dengan telinga.

Dua bagian bingkai itu terkena keringat dan lemak dari kulit yang dapat merusak keindahan bingkainya. Residu keringat membuat cat pada bingkai kacamata terkorosi, kecuali yang bersepuh emas dan terbuat dari logam mahal lainnya.

Lemak yang menempel di seluruh kacamata, baik pada lensa maupun bingkai membuat frustasi pemilik kacamata. Sudah dibersihkan dengan kain sampai menggunakan lap pengering chamois masih saja tidak dapat hilang.

Sebenarnya hanya dengan membersihkannya dengan sabun lemak akan luruh. Namun sabun yang baik adalah yang memiliki formula melawan lemak. Sabun seperti itu hanya ada pada sabun pencuci piring. Sabun pencucui piring dibuat untuk melepaskan semua lemak dan minyak yang menempel pada piring dan lain sebagainya.

Cukup satu tetes di jari Anda dan poleskan ke semua bagian bingkai kacamata. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringan menggunakan kain lembut dan halus. Usahakan semua air benar-benar sudah tidak ada pada kacamata. Campuran cuka dan air dapat pula dipakai untuk membersihkan bagian-bagian bingkai kacamata yang dipenuhi lemak dan minyak. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH