Teknologi

Membangun Kepercayaan Pasien Lewat Layanan Telemedicine

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 05 Oktober 2022
Membangun Kepercayaan Pasien Lewat Layanan Telemedicine
Dengan adanya teknologi telemedicine, konsultasi menjadi lebih mudah dan dapat dilakuak. dimana saja. (Foto: freepik)

KEMAJUAN teknologi membuat pasien tidak perlu bertemu langsung dengan dokter untuk berkonsultasi kesehatan. Kini hadir telemedicine, sebuah aplikasi yang mampu memberikan kemudahan bagi para pasien untuk mengakses berbagai layanan kesehatan di mana saja dan kapan saja melalui ponsel pintar.

Telemedicine menghadirkan beragam layanan kesehatan semisal membeli obat serta kebutuhan kesehatan, mencari rumah sakit dengan dokter yang sesuai, mengakses artikel kesehatan, mendaftarkan perlindungan kesehatan (asuransi), dan layanan konsultasi secara online.

Baca Juga:

Alodokter Dukung Penuh Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia

Konsultasi kesehatan secara online tentu lebih praktis dan menghemat waktu. Akan tetapi, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para dokter untuk membangun rasa kepercayaan dari pasien. Sebab diagnosis melalui telemedicine belum tentu akurat lantaran dokter tidak melihat kondisi pasien secara langsung.

Kondisi Pisikologis dari pasien adalah hal yang utama. (Foto: freepik)

Mengenai hal ini, dr. Robby Hermawan, SpOG dari Alodokter mengungkapkan layanan konsultasi kesehatan lewat telemedicine tetap bisa maksimal tanpa bertatap muka. Robby memiliki beberapa cara saat melayani pasien, salah satunya dengan memastikan kondisi pasien tenang secara psikologis. Pasien yang tenang akan lebih percaya menerima diagnosis dan anjuran dokter.

"Yang esensial adalah tangani emergency, berikan pasien ketenangan psikologis, dan jawab pertanyaan-pertanyaan yang masih belum dipahami pasien supaya mereka merasa tenang dan aman," ujar dr. Robby Hermawan, SpOG dalam berita pers diterima merahputih.com.

Baca Juga:

Alodokter Ajak Tenaga Medis Jadi Relawan untuk Program Vaksinasi Merdeka

Selain itu, meski Robby tidak bertemu langsung dengan pasien, ia tetap memberikan pertanyaan secara menyeluruh mengenai kondisi kesehatan pasien. Hal ini justru mendorong Robby untuk lebih menanyakan pertanyaan anamnesis dengan lebih jeli dan detail. Selain itu, ia juga sering membagikan artikel-artikel kesehatan yang mudah untuk dimengerti para pasien sebagai referensi mengenai kondisi kesehatan mereka.

dr. Robby Hermawan Sp.OG. yang sudah menggunakan telemedecine selama 3 tahun lamanya. (Foto: Alodokter)

Robby percaya nantinya telemedicine mampu meningkatkan pemberian layanan medis yang mudah, terjangkau, dan berkualitas di seluruh pelosok Indonesia. Oleh sebab itu, ia berharap di masa depan pemerintah memperluas jaringan internet, sehingga masyarakat yang berada di penjuru pelosok Indonesia mampu mengakses layanan kesehatan dari manapun dengan biaya kompetitif.

"Dokter seperti dr. Robby ini lah mengapa kami bisa memberikan layanan kesehatan terlengkap dan unggul di setiap langkah perjalanan medis masyarakat Indonesia," kata Co-Founder & President Director Alodokter Suci Arumsari. (nbl)

Baca Juga:

Telekonsultasi Dokter Pribadi di Alodokter Setia Dampingi Pasien COVID-19

#Teknologi #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan