Film

Membanggakan, 5 Film Indonesia Tembus Busan International FIlm Festival 2021

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 17 September 2021
Membanggakan, 5 Film Indonesia Tembus Busan International FIlm Festival 2021
Lima film buatan anak Indonesia yang berpartisipasi dan ditayangkan di Busan International Film Festival 2021. (Foto: Starvision Plus)

KITA patut memberikan tepuk tangan dan apresiasi tertinggi kepada para sineas berbakat Indonesia, untuk persembahan terbaiknya yang telah membanggakan Tanah Air. Lima film buatan anak bangsa tembus Busan International Film Festival 2021 dan bersanding dengan ratusan karya lain dari berbagai belahan dunia.

Membanggakan, 5 Film Indonesia Tembus Busan International FIlm Festival 2021
Photocopier garapan Wregas Bhanuteja mewakili Indonesia dalam kategori New Current. (Foto: Instagram/@busanfilmfest)

Tahun ini, lima film yang berhasil masuk adalah Photocopier atau Penyalin Cahaya buatan sutradara Wregas Bhanuteja, Yuni garapan Kamila Andini, Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas dari Edwin, The Sea Calls for Me atau Laut Memanggilku arahan Tumpal Tampubolon, serta Marlina dan Si Pembunuh dalam Empat Babak yang disutradarai oleh Mouly Surya.

Baca juga:

Film 'Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak Raih Snow Leopard Special Jury Award

Photocopier masuk dalam kategori New Currents. Untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi Asian Short Film ada The Sea Calls for Me. Sementara Marlina dan Si Pembunuh dalam Empat Babak masuk dalam Special Program in Focus yang ditujukan untuk film-film Wonder Women.

Meski bukan film baru, Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak terpilih untuk ditayangkan dalam pemutara khusus sebagai salah satu karya terkenal yang mengangkat topik spesifik.

Yuni dan Vengeance Is Mine, All Others Pay Cash ada dalam daftar A Window on Asian Cinema. Menurut informasinya, kategori ini menyoroti film-film dari pembuat film paling berbakat. Kerennya, nama Indonesia tak hanya ada satu, melainkan dua.

Baca juga:

Film Indonesia 'House No. 15' Ikut Kompetisi Internasional

View this post on Instagram

A post shared by Kamila Andini (@kamilandini)

"Perjalanan selanjutnya untuk YUNI adalah Asian premiere di @busanfilmfest. Selamat untuk semua tim dan pemain! Ikuti terus perjalanan YUNI ya. Semoga kabar baik terus berdatangan," tulis sutradara Kamila Andini di Instagram pribadinya.

Busan International Film Festival (BIFF) merupakan acara festival film tahunan yang telah diadakan sejak tahun 1996. Tujuan utamanya untuk memperkenalkan film dan sutrdara pendatang baru, terutama dari Asia.

Dalam acara yang berlangsung pada 6 hingga 15 Oktober 2021 itu, Song Jong-ki dan Park So-dam terpilih sebagai pembawa acara. Keduanya merupakan aktor terkenal dari Korea Selatan yang sudah membintangi sejumlah drama dan film populer.

Nantinya, film Heaven: To the Land of Happiness karya sutradara Im Sang-soo akan jadi pembuka acara BIFF ke-26 ini. Kemudian Anita dari Longman Leung yang akan jadi film penutup.

Jadwal pemutaran film akan diinformasikan lebih lanjut. Namun penonton sudah bisa melakukan reservasi tiket untuk acara pembuka atau penutup pada 28 September dan acara biasa pada 30 September 2021. (sam)

Baca juga:

Film Indonesia Berkompetisi di Locarno Film Festival 2021

#Film #Film Indonesia #Festival Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan