Ternyata Membakar Lemak Enggak Semudah yang Dibayangkan Membakar lemak enggak gampang (Foto: Pexels/rawpixel.com)

LEMAK memang bikin penampilanmu terganggu. Biasanya lemak banyak ditemukan pada area perut, belakang, hingga paha. Saking ingin menghilangkan lemak. Banyak orang yang puasa karbohidrat dan melakukan olahraga berlebihan.

Meskipun penting mengatur pola makan dibarengi berolahraga. Enggak ada cara pasti untuk menghilangkan lemak. Pun kalau kamu melakukan 100 sit up sehari. Serta menghabiskan hidupmu dengan mengonsumsi dada ayam panggang.

Sel-sel lemak terakumulasi di usia remaja. Namun, di usia dewasa sel-sel lemak akan stabil. Sel-sel lemak ini akan menyusut atau membesar ketika kamu menurunkan dan menambah berat badan.

Lalu olahraga seperti apa sih yang paling ampuh membakar lemak? Mengutip Men's Health, gerakan crunch, yang disebut bisa membakar lemak nyatanya kurang efektif juga. "Semua crunch di dunia tidak akan mengurangi pinggang Anda," kata Direktur Kesehatan Kebugaran Men, Ebenezer Samuel, C.S.C.S

Latihan fisik dapat membentuk otot sekaligus membakar lemak (Foto: Pexels/rawpixel..com)

Gerakan yang menargetkan otot-otot tertentu, seperti crunch dapat membentuk otot. Namun, enggak terlalu efektif untuk membakar lemak pada bagian tubuh tertentu.

"Alih-alih, latihan-latihan itu membantu Anda mendapatkan lebih banyak otot, menciptakan penampilan yang lebih kencang secara keseluruhan," kata Samuel.

Baca juga:

Cegah Hipertensi dengan Dash Diet

Melanie Boehmer, R.D di Lenox Hill Hospital mengatakan berbagai faktor seperti jenis kelamin, usia, genetika, dan gaya hidup mempengaruhi efektivitas pembakaran lemak.

Namun, cara terbaik untuk membakar lemak dapat bergantung pada program diet yang kamu lakukan. Kamu bisa menurunkan berat badan sebagai vegan, vegetarian, penggemar Paleo, atau melakukan diet keto.

Pola makan sehat membantu membakar lemak (Foto: Pexels/Trang Doan)

"Ini akan memungkinkan Anda untuk berlatih sehingga Anda dapat membangun massa otot dan konsisten dengan beberapa bentuk defisit kalori yang akan memungkinkan untuk menurunkan berat badan," kata Boehmer.

Tentu saja, diet tersebut harus memiliki pola makan seimbang. Termasuk memperbanyak sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Kemudian camilan seperti keripik harus dikurang-kurangi.

Intinya, olahraga dapat membakar lemak jika dibarengi dengan pola makan yang seimbang. Samuel merekomendasikan gerakan olahraga seprti burpe, deadlifts, squat dan rowing. Karena gerakan tersebut dapat meningkatkan detak jantung. Yang kemudian memaksa seluruh tubuh bekerja dan membakar lebih banyak kalori.

"Bakar lebih banyak kalori, dan Anda membakar lebih banyak lemak," tukas Samuel. (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH