Membaca dalam Suasana Cozy di Kineruku Bandung

P Suryo RP Suryo R - Senin, 27 Juni 2022
Membaca dalam Suasana Cozy di Kineruku Bandung
Fasilitas dan suasana disediakan senyaman mungkin untuk membaca. (Foto: Unsplash/LubosHouska)

NYAMAN adalah kata yang tepat ketika memasuki Kineruku, toko buku sekaligus perpustakaan di daerah Jalan Hegarmanah No. 52, Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung. Apalagi ketika menghabiskan waktu membaca buku di tempat ini. Perpustakaan yang berdiri sejak tahun 2003 ini didirikan untuk membagikan referensi bacaan bagi sesama pecinta buku.

“Kita berdiri tahun 2003. Awalnya kita ingin berbagi referensi bacaan agar bisa dibaca oleh banyak orang gitu,” jelas Budi, pemilik sekaligus pengelola Kineruku.

Baca Juga:

Perut Mulas di Toko Buku? Mungkin Kamu Mengalami Fenomena Mariko Aoki

buku
Perpustakaan yang berdiri sejak tahun 2003 ini didirikan untuk membagikan referensi bacaan bagi sesama pecinta buku. (Foto: Humas Bandung)

Perpustakaan dengan desain cozy ini, memiliki tiga ribu koleksi buku dengan ragam genre. Mulai dari buku anak hingga buku filsafat. Karena itu, tidak ada batasan usia bagi pengunjung yang akan membeli buku atau hanya sekedar membaca buku ditemani dengan secangkir minuman manis atau pahit.

“Kami juga menjual makanan dan minuman, khususnya makanan rumahan sih dan kopi-kopi gitu, biar lebih nyaman dan betah juga membacanya,” ucap Budi.

Budi mengaku sangat ingin membuat Kineruku memiliki suasana yang tidak gaduh, karena tempat ini memang diperuntukkan untuk membaca. Sehingga tata tertib perpustakaan tetap harus diindahkan oleh para pengunjung.

Berlokasi di tempat yang tidak terlalu tinggi akan mobilitas kendaraan, juga menjadi salah satu faktor yang membuat perpustakaan ini nyaman untuk membaca beragam buku.

Budi juga memiliki harapan bahwa sedikit demi sedikit dengan adanya toko buku sekaligus perpustakaan ini menaikkan minat baca warga Kota Bandung.

Baca Juga:

Dee Lestari Bagi Tips Agar Anak Gemar Baca Buku

buku
Didirikan untuk membagikan referensi bacaan bagi sesama pecinta buku. (Foto: Humas Bandung)

Karena jika fasilitas dan suasana disediakan senyaman mungkin untuk membaca, maka tren membaca buku akan lebih diminati lagi oleh seluruh kalangan masyarakat.

Salah satu pengunjung, Adinda mengaku sangat senang ada tempat senyaman ini untuk membaca buku dan mengerjakan tugasnya.

“Saya senang sekali ada toko buku yang ada perpustakaannya, jual makanan lagi, makin betah buat baca dan membuat tugas di sini. Referensi bukunya juga banyak,” katanya.

Jadi yang membutuhkan tempat nyaman dan memiliki banyak referensi bacaan datang saja ke perpustakaan satu ini. Kineruku buka mulai hari Selasa hingga Minggu pukul 11.30-17.30 WIB. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Membacakan Buku Cerita Menjelang Tidur Bikin Anak Makin Damai

#Buku #Inspirasi #Bandung
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan