Memasuki Musim Hujan, Jangan Lupa Siapkan Barang-Barang Ini Musim penghujan, siapkan barang-barang ini (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

MEMASUKI bulan November, musim hujan kembali ke Indonesia setelah musim kemarau yang cukup panjang. Musim hujan tentu disambut baik karena merupakan sumber air alami, beberapa orang bahkan menganggapnya sebagai berkah. Namun, saat musim hujan tiba sebaiknya siapkan berbagai perlengkapan ini agar aktivitas tidak terganggu.

Baca juga:

BMKG: Musim Hujan di Jakarta Mundur dari Sebelumnya

1. Payung

Memasuki Musim Hujan, Jangan Lupa Siapkan Barang-Barang Ini
Siapkan payung, dan direkomendasikan membawa payung portable (Foto: Pixabay/Bru-nO)

Hal wajib yang harus disiapkan saat musim adalah payung. Tentu saja agar aktivitas diluar ruangan tidak terganggu, apalagi dengan mobilitas yang selalu diluar ruangan.

Lebih baik untuk menyiapkan payung agar tidak basah kuyub saat hujan tiba, kamu pun dapat menerobos hujan jika diperlukan.

Agar tidak repot, kamu bisa mengandalkan payung lipat atau portable. Karena kecil, payung ini dapat dibawa kemana-mana dan dimasukkan ke dalam tas.

2. Jas Hujan

Memasuki Musim Hujan, Jangan Lupa Siapkan Barang-Barang Ini
Jas hujan menjadi pilihan lain agar tetap kering saat menerobos hujan (Foto: Pixabay/candoyi)

Selain payung, barang lain yang perlu disiapkan adalah jas hujan. Alat ini diperuntukan untuk pengendara sepeda motor agar dapat menerobos huja namun tetap bisa mengendarai motor untuk sampai ketujuan.

Selain itu, membawa jas hujan dapat mengurangi penumpukan kendaraan motor yang meneduh di tepi jalan maupun dibawah jembatan yang biasanya menyebabkan kemacetan saat hujan turun.

Baca juga:

Hujan Buatan Tak Semudah yang Diucapkan

3. Sandal atau pelapis sepatu

Memasuki Musim Hujan, Jangan Lupa Siapkan Barang-Barang Ini
Siapkan sandal atau pelapis sepatu agar sepatu tidak basah (Foto: Pixabay/nutraveller)

Untuk yang bekerja kantoran ataupun anak sekolah lebih baik menyiapkan sandal saat memasuki musim hujan. Membawa sandal dapat menjadi pengganti sepatu saat menerobos hujan, dengan begitu sepatu dapat disimpan dalam plastik ataupun tas agar terhindar dari guyuran hujan.

Namun, jika tidak ingin membawa sandal yang memakan tempat, hal itu dapat diakali dengan membawa pelapis sepatu untuk menutup sepatu agar tidak basah kuyup.

4. Jaket

Memasuki Musim Hujan, Jangan Lupa Siapkan Barang-Barang Ini
Jika tidak ingin menambah bawaan, memakai jaket tahan air dapat menjadi pilihan lain (Foto: Pixabay/Pexels)

Hujan dapat menurunkan suhu, bahkan jika terjadi hujan berkepanjangan udara cenderung berubah menjadi dingin. Untuk alasan itu, siapkanlah jaket untuk menghangatkan tubuh.

Jaket yang direkomendasikan adalah jaket yang tahan air, karena selain menjadi penghangat tubuh, jaket juga dapat digunakan untuk menerobos saat hujan dan baju yang dikenakan tetap kering.

5. Obat-obatan

Memasuki Musim Hujan, Jangan Lupa Siapkan Barang-Barang Ini
Menyiapkan obat-obatan dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh (Foto: Pixabay/qimono)

Karena musim hujan baru datang, tentu akan ada penyesuaian tubuh pada suhu yang berubah drastis. Terkadang daya tahan tubuh tidak dapat mendukung aktivitas yang dilakukan, bahkan tidak jarang berakhir dengan jatuh sakit. Untuk itulah perlu membawa obat-obatan pribadi atau vitamin untuk dikonsumsi saat dibutuhkan. (Jhn)

Baca juga:

Yuk Ikuti Tips Traveling Saat Memasuki Musim Hujan


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH