Memasuki Bulan Suci, Ini Jenis-jenis Kurma Favorit Ramadan Kurma holwah. (Facebook. /KurmaTuban)

Sebagian besar masyarakat Indonesia melaksanakan ibadah puasa tahun ini pada Kamis, 17 Mei 2018. Kesemarakan Ramadan sudah terasa pada hari-hari jelang bulan suci. Salah satunya banyak bermunculan makanan-minuman khas bulan Ramadan.

Pada bulan Ramadan, menu-menu buka puasa bermunculan. Pada umumnya, menu buka puasa di tanah air merupakan makanan atau minuman tradisional. Beberapa bahkan hanya ada pada bulan Ramadan.

Selain makanan-minuman, ada juga menu puasa yang selalu ada saat bulan Ramadan. Ia adalah kurma. Kurma merupakan buah khas padang pasir yang diimpor terutama dari Timur Tengah. Ada juga impor kurma dari Amerika Serikat.

Pada bulan-bulan di luar Ramadan, kurma dapat ditemukan di Indonesia sebagai buah impor. Namun, jumlahnya tidak terlalu banyak. Nah, pada bulan suci ini kurma berlimpah karena permintaan melonjak tajam.

Kurma biasa dimakan sebagai menu berbuka puasa. Kurma dengan rasa manis membuat kerongkongan lepas dari rasa haus setelah seharian berpuasa. Selain itu, manis itu sesuai tuntunan bahwa berbuka puasa dengan makanan manis diutamakan. Berikut merahputih.com sajikan 5 jenis-jenis kurma populer di Indonesia;

1. Kurma Nabi/Ajwa

Kurma ajwa. (Instagram/ fatma_azzifa)
Kurma ajwa. (Instagram/ fatma_azzifa)

Kurma ajwa disebut juga kurma nabi karena kurma ini menurut riwayat favorit Nabi Muhammad SAW. Kurma ini merupakan salah satu kurma dengan kualitas baik. Di antara kurma-kurma super, kurma nabi dijual dengan harga tinggi terutama di Indonesia.

Kurma nabi berwarna hitam pekat dengan serat. Rasanya manis seperti kismis. Kurma nabi tentu cocok sebagai pelepas dahaga saat berbuka puasa.

2. Kurma Sekki

Kurma sekki. (Instagram/ ruthob_shop)
Kurma sekki. (Instagram/ ruthob_shop)

Kurma sekki ada yang berwarna kecokelatan dan kekuning-kuningan. Untuk yang berwarna kuning sedikit lebih keras, sedangkan warna cokelat lebih empuk. Kurma sekki memiliki rasa pertengahan tidak terlalu manis dan tidak terlalu tawar.

Kurma sekki banyak ditemukan di Irak dan Arab Saudi. Kedua negara ini merupakan pengekspor terbanyak kurma sekki.

3. Kurma Amer Hajj

Kurma ameer hajj. (Facebook/ KurmaTuban)
Kurma ameer hajj. (Facebook/ KurmaTuban)

Kurma amer hajj memiliki daging tebal ini memiliki tekstur sangat lembut. Kurma ini biasanya dihidangkan untuk menyambut tamu.

Kurma amer hajj banyak ditemukan di kawasan Irak. Selain bertekstur lembut, kurma jenis ini memiliki kulit tipis sehingga favorit warga.

4. Kurma Halawi

Kurma holwah. (Facebook. /KurmaTuban)
Kurma holwah. (Facebook/ Ajwa Grosir Bengkulu)

Kurma halawi atau kurma holwah memiliki tingkat kemanisan paling tinggi. Sesuai dengan namanya holwah yang dalam bahasa Arab berarti manis.

Kurma halawi berwarna cokelat kekuning-kuningan. Rasa manis kurma holwah melebihi jenis kurma lain. Sementara ukuran kurma ini beragam dari yang kecil hingga sedang.

5. Kurma Deglet Noor

Kurma deglet noor. (Facebook/ orenz.juliani)
Kurma deglet noor. (Facebook/ orenz.juliani)

Kurma ini sesuai namanya noor/nur berarti cahaya. Kurma ini memiliki memiliki warna kuring keemasan seperti cahaya.

Kurma deglet noor tidak terlalu kering dan tidak terlalu manis. Kurma ini tumbuh subur di Libya, Aljazair, Amerika dan Tunisia. (*)

Baca juga berita lainnya tentang kuliner Ramadan dalam artikel: Menu Buka Puasa yang Selalu Bikin Kangen Ramadan

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH