Memastikan Data Pengguna Aman, Alodokter Raih Sertifikasi ISO 27001

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 27 Januari 2022
Memastikan Data Pengguna Aman, Alodokter Raih Sertifikasi ISO 27001
Alodokter memenuih standard keamanan informasi. (Foto: Istimewa)

KEAMANAN data masyarakat sudah seharusnya dijaga agar tidak bocor dari para hacker. Sama halnya dengan telemedisin Alodokter yang serius mengedepankan implementasi konsep keamanan informasi serta data pada platform digital miliknya.

Alodokter resmi mendapatkan sertifikasi ISO 27001 dari lembaga International Organization for Standardization (ISO) bekerja sama dengan International Electrotechnical Commision (IEC). Dengan lebih dari 30 juta pengguna aktif setiap bulannya, pihaknya juga memastikan sistem tata kelola informasi dan perlindungan data konsumen dijalankan dengan standar tinggi dari pemerintah, seperti ISO 27001.

Alodokter menerapkan berbagai macam kontrol di berbagai aspek, baik teknologi serta tools yang digunakan, diikuti dengan aspek sumber daya manusia. Alodokter mengatakan berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, di tengah kondisi pandemi, rata-rata konsultasi COVID-19 harian di layanan telemedisin mencapai 13.570, sedangkan konsultasi non COVID-19 mencapai 131.612 per harinya.

Baca juga:

Telekonsultasi Alodokter, Solusi untuk Pasien COVID-19 Gejala Ringan

Memastikan Data Pengguna Aman, Alodokter Raih Sertifikasi ISO 27001
Komitmen untuk terus menjaga keamanan dari produk dan layanan Alodokter. (Foto: Unsplash/LinkedIn Sales Solutions)

Angka ini membuktikan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap telemedisin semakin meningkat namun harus diimbangi dengan keamanan data masyarakat, terlebih berkaitan dengan data pribadi dan rekam jejak medis. Kebocoran data merupakan hal yang paling ditakutkan oleh perusahaan berbasis digital dan internet dan sudah sering muncul kasus kebocoran data dari perusahaan-perusahan prestisius.

“Dengan predikat certified ISO 27001 Alodokter membuktikan komitmen untuk terus menjaga keamanan dari produk dan layanan Alodokter. Langkah ini juga guna mendukung usaha pemerintah dalam memastikan privasi masyarakat tetap terjamin, terlebih untuk data sensitif seperti rekam jejak medis. Kami berharap masyarakat akan merasa lebih aman dan nyaman beraktivitas digital di platform Alodokter," kata Suci Arumasri selaku President Director & Co Founder Alodokter.

Baca juga:

Telekonsultasi Dokter Pribadi di Alodokter Setia Dampingi Pasien COVID-19

Memastikan Data Pengguna Aman, Alodokter Raih Sertifikasi ISO 27001
Kepercayaan masyarakat terhadap telemedisin semakin meningkat. (Foto: Unsplash/National Cancer Institute)

Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Setiaji, S.T., M.Si, juga mengapresiasi atas sertifikasi yang diraih Alodokter.

"Saya berharap platform telemedisin lain juga melakukan hal yang sama sebagai bagian menyediakan best services kepada customer," ujarnya.

Pasien bisa mendapatkan pengalaman pelayanan kesehatan lengkap, telekonsultasi dan diagnosa jarak jauh, janji temu medis, serta tebus resep pada aplikasi Alodokter. Semua layanan dan informasi digital pada platform Alodokter melibatkan data yang tidak sedikit maka sistem keamanan harus menjadi prioritas tertinggi. (and)

Baca juga:

Alodokter Ajak Tenaga Medis Jadi Relawan untuk Program Vaksinasi Merdeka

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan