Memar Tak Kunjung Sembuh? Hati-Hati, Bisa Jadi Ini Penyebabnya Hati-Hati! Ini Penyebab Memar yang Tak Kunjung Sembuh (Foto: Healthline)

WALAUPUN bekas memar masih banyak orang yang kurang mempedulikan, tetapi kamu harus berhati-hati! Saat seseorang jatuh lalu menyebabkan gesekan atau benturan pada kulit, pembuluh darah memiliki peran penting untuk menekan gesekan atau benturan pada kulit, menjadikan bagian kulit itu terlihat dan terasa memar.

Memar ini juga sering dialami oleh orang yang sudah lanjut usia, hal ini dikarenakan kulit mereka yang sudah menipis menjadikan luka memar itu susah untuk sembuh, dan bahkan bisa membekas.

Jika kamu yang masih belum lanjut usia, kamu memiliki kulit yang belum setipis mereka. Namun jika kamu memiliki memar pada kulit kamu dan tak kunjung sembuh, sepertinya kamu harus ketahui penyebabnya!

1. Kekurangan Vitamin

Memar Tak Kunjung Sembuh? Hati-Hati, Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Kekurangan Vitamin (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Hati-hati jika kamu kekurangan vitamin, apalagi vitamin C pada tubuh kamu. Kekurangan vitamin C bisa membuat luka yang kamu dapatkan menjadi semakin lama untuk sembuh, seperti gusi yang berdarah ataupun luka sayat juga akan lama untuk sembuh.

2. Penggunaan Antidepressant

Memar Tak Kunjung Sembuh? Hati-Hati, Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Penggunaan Antidepressant (Foto: Pexels/Pixabay)

Penggunaan antidepressant juga bisa mempengaruhi lamanya memar lho, karena penggunaan obat-obatan tersebut bisa mempengaruhi aliran pada darah, seperti penggunaan celexa dan prozac misalnya.

Penggunaan obat lain seperti warfarin dan aspirin juga berlaku sama dengan obat antidepressant. Jadi kamu perlu berhati-hati dalam penggunaan obat tersebut, harus dengan saran dari dokter.

3. Peradangan Pembuluh Darah

Memar Tak Kunjung Sembuh? Hati-Hati, Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Peradangan Pembuluh Darah (Foto: Pexels/Pixabay)

Peradangan pembuluh darah atau biasa disebut vasculitis bisa membuat luka memarmu menjadi susah sembuh. Selain memar, akan ada banyak gejala yang kamu dapatkan dari vasculitis, seperti contohnya nafas yang sesak, bintik-bintik ungu pada kulitmu, tukak lambung, dan bahkan anggota badanmu akan mati rasa.

4. Leukemia

Memar Tak Kunjung Sembuh? Hati-Hati, Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Leukemia (Foto: Medical News Today)

Sudah tidak bisa diargumentasikan lagi, kanker leukemia memang mempengaruhi aliran darah dalam tubuh seseorang lho!

Kanker ini menyerang sumsum tulang pada badan seseorang yang membuat badan menjadi sangat susah untuk sembuh dari luka memar dan gusi berdarah.

5. Gangguan Perdarahan

Memar Tak Kunjung Sembuh? Hati-Hati, Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Gangguan Perdarahan (Foto: Pexels/Pixabay)

Gangguan pendarahan seperti penyakit Von Willebrand bisa merusak sistem penyembuhan dalam tubuh seseorang, biasanya perawatan seperti penyuntikan hormon sintetis bisa membantu masalah ini.

Dikarenakan hemophilia A dan hemophilia B adalah protein yang diperlukan untuk pembekuan darah dalam tubuh kamu. Tetapi jangan menggunakan penyuntikan hormon sintetis secara berkala, karena akan beresiko dalam jangka panjang. (dnz)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH