Memanfaatkan Steamer Wajah untuk Kulit Lebih Bersih

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 01 April 2022
Memanfaatkan Steamer Wajah untuk Kulit Lebih Bersih
Alat ini digunakan untuk membersihkan dan menghidrasi kulit dan 'membuka' pori-pori. (Foto: freepik/art24pro)

DENGAN banyaknya peralatan rumit untuk perawatan kulit yang beredar di pasaran, konsep steamer wajah tampaknya terlalu sederhana. Namun, ada alasan perangkat kecantikan ini memiliki pengguna setia, bahkan ketika penggunaannya cukup merepotkan.

"Penguap wajah adalah perangkat yang memanaskan tangki air menjadi kabut uap yang kemudian diarahkan ke wajah. Alat ini digunakan untuk membersihkan dan menghidrasi kulit dan 'membuka' pori-pori," kata Suzanne Friedler, MD, dokter kulit bersertifikat di Advanced Dermatology PC di New York, AS seperti diberitakan Real Simple.

Baca juga:

Pembersih Wajah, Kunci Bebas Jerawat Walau Pakai Masker

Memanfaatkan Steamer Wajah untuk Kulit Lebih Bersih
Kehangatan juga membantu produk perawatan kulit topikal menyerap lebih dalam dan menghidrasi lebih efektif. (Foto: Facetofeet)

Seperti disebutkan, steamer wajah digunakan untuk membantu membersihkan secara mendalam, dan kabut tipis secara bersamaan menambah hidrasi pada kulit wajah. Namun, manfaatnya tidak berhenti di situ.

"Karena panas, penguapan wajah dapat meningkatkan sirkulasi akibat pembuluh darah melebar dan kemudian lebih banyak oksigen yang bisa masuk ke jaringan kulit," kata Naana Boakye, MD, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Bergen Dermatology di New Jersey, AS.

Dia menambahkan bahwa kehangatan juga membantu produk perawatan kulit topikal menyerap lebih dalam dan menghidrasi lebih efektif. Dan sementara pori-pori tidak memiliki pintu yang 'membuka' dan 'menutup', steamer wajah dapat membantu pori-pori mengembang sementara dan mengendurkan kotoran yang menempel di dalam, mengurangi kemungkinan berjerawat.

Alat ini juga memudahkan untuk menyapu kotoran saat membersihkan sesudahnya, dan dalam pengaturan klinis steamer melembutkan komedo sehingga lebih mudah bagi terapis di salon kecantikan untuk mengekstraknya.

Selain itu, jangan abaikan fakta bahwa steaming wajah itu sendiri terasa sangat enak dan memiliki efek relaksasi yang hampir terapeutik.

Baca juga:

Tips Mencegah dan Merawat Kulit Wajah yang 'Break Out' Ketika Traveling

Memanfaatkan Steamer Wajah untuk Kulit Lebih Bersih
Gunakan sekali seminggu selama lima hingga 10 menit adalah rutinitas yang bagus untuk sebagian besar jenis kulit. (Foto: 123RF/lenblr)

Meskipun banyak manfaat, tapi tidak semua orang bisa melakukannya. Orang dengan rosacea atau kulit yang sangat sensitif harus mengurangi uap atau mungkin tidak melakukannya sama sekali.

Dermatologis mengatakan, panas melebarkan pembuluh darah, yang dapat menyebabkan terlalu banyak ruam dan kemerahan pada kulit yang rentan terhadap reaksi semacam ini.

Seperti kebanyakan hal, moderasi adalah kunci dalam menggunakan steamer wajah. Hadley King, MD, dokter kulit bersertifikat di New York City, mengatakan sekitar sekali seminggu selama lima hingga 10 menit adalah rutinitas yang bagus untuk sebagian besar jenis kulit.

"Lebih dari itu dapat menyebabkan kulit menjadi kering," dia mengingatkan. Jika berlebihan dalam penggunaan steamer wajah, hasilnya akan menjadi kebalikan dari apa yang ingin kamu capai. (aru)

Baca juga:

Kulit Wajah Sehat dengan Facial Steam

#Kecantikan #Tips Kecantikan #Info Kecantikan #Perawatan Wajah
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan