Memakan Korban, Hoverboard Jetson Rogue Ditarik dari Peredaran

Andrew FrancoisAndrew Francois - Senin, 03 April 2023
Memakan Korban, Hoverboard Jetson Rogue Ditarik dari Peredaran
Jetson minta pelanggan kembalikan hoverboard mereka. (Foto: Jetson)

ILUMINASI lampu menyala terang di kedua bagian rodanya, dengan dua titik lampu sebagai sumber penerangan untuk keamanan berkendara. Namun, rupanya hoverboard buatan Jetson Rogue tetap mengambil nyawa dua orang anak.

Seperti diungkapkan The Verge, bukan karena cara berkendara yang tak aman, melainkan karena kedua hoverboard berkapasitas 42 volt itu dilaporkan mengalami kebakaran. Akibat dari insiden itu, dua anak di Pennsylvania, AS, meregang nyawa.

Komisi Keamanan Produk Konsumen (CPSC) Amerika Serikat (AS), mengatakan bahwa hoverboard Jetson Rogue 42 volt telah ditarik dari peredaran. Penyebab utama kebakaran itu adalah karena paket baterai lithium-ion di hoverboard tersebut dapat menjadi terlalu panas.

Baca juga:

Penampakan Pertama Hoverboard Lexus

Baterai jadi penyebab utama kebakaran. (Foto: Jetson)

Akibat panas yang berlebih, baterai berpotensi terbakar dan jelas membahayakan nyawa penggunanya. Petugas pemadam kebakaran di Pennsylvania menetapkan bahwa Jetson Rogue menjadi titik awal kebakaran yang menewaskan kedua anak tersebut.

Orang tua dari anak-anak itu menggugat Jetson dan Target, di mana mereka mengatakan bahwa mereka membeli hoverboard tersebut, dan menuduh kedua perusahaan terkait risiko cedera terkait kebakaran yang mereka abaikan, dan memilih tetap menjualnya ke pasar.

CPSC juga mengatakan bahwa ada beberapa laporan lain tentang skuter atau hoverboard yang ditarik kembali karena terbakar, berkobar, atau meleleh. CPSC dan Jetson mendesak pelanggan untuk berhenti menggunakan dan menagih Jetson Rogue untuk pengembalian uang.

Baca juga:

Perusahaan Startup California Membuat Hoverboard Menjadi Nyata

Jetson meminta pelanggan menagih uang mereka kembali. (Foto: Jetson)

Ada banyak laporan tentang hoverboard yang terbakar, atau bahkan meledak selama bertahun-tahun, dan CPSC telah melakukan penarikan besar hoverboard di masa lalu karena risiko kebakaran. Sejumlah langkah keamanan juga sejatinya telah dilakukan.

Misalnya, program sertifikasi keselamatan bertaraf UL untuk hoverboard, demi memastikan bahwa produk mereka aman untuk digunakan. Namun, meski telah mendapatkan lencana sertifikasi, rupanya produk hoverboard seperti Jetson Rogue tetap menelan korban.

Penarikan Rogue memengaruhi sekitar 53.000 unit hoverboard yang dijual oleh Target dari Agustus 2018 hingga Juni 2019. Namun penarikan itu hanya berimbas pada tipe Rogue saja, bukan untuk model hoverboard lainnya. (waf)

Baca juga:

Rekor Dunia Baru, Terbang dengan Hover Board

#Hobi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan