Kecantikan

Memahami Efek Air Mata pada Kulit

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 28 November 2023
Memahami Efek Air Mata pada Kulit
Air mata membawa dampak baik bagi kesehatan kulit.(foto: pexels_andrea piacquadio)

MENANGIS merupakan sebuah proses biologis alami yang sangat penting untuk mengekspresikan emosi. Itu sudah jamak diketahui. Namun, tahukah kamu, menangis ternyata memiliki efek yang menarik untuk kulitmu. Air mata saat menangis ternyata dapat berkontribusi dalam menjaga kulit tetap bersih dan jernih, bahkan setelah menangis.

Air mata, meskipun merupakan isotonik, memiliki pH yang lebih tinggi daripada kulit. Paparan air mata dalam jangka panjang dapat menyebabkan perubahan hidrasi kulit dan iritasi ringan karena perbedaan pH itu. Seperti dikabarkan Healthline, dokter kulit Melanie Palm memperingatkan bahwa mengucek mata atau menggunakan tisu tertentu dapat menyebabkan peradangan, menggelapkan kulit, dan mengiritasi jerawat.

BACA JUGA:

Sering Menangis Bisa Memanjangkan Bulu Mata?

Air mata terdiri dari tiga lapisan, yakni lendir, air, dan minyak. Lapisan-lapisan itu tentunya mempunyai peran khusus dalam mencegah air mata mengering terlalu cepat dan menutrisi jaringan mata. Air mata juga mengandung elektrolit yang menekankan pentingnya untuk tetap terhidrasi.

menangis
Menangis dapat melepas stres. (foto: Pexels_alena darmel)

Memahami pH sangat penting dalam mengetahui efek air mata pada kulit. PH kulit berkisar antara 5,5 dan 6, sedangkan pH air mata berkisar di angka 7. Selain perbedaan pH, kebiasaan selama dan setelah menangis juga penting. Optalmolog Dr Dagny Zhu, dikutip Healthline, mengatakan menangis dapat melebarkan pembuluh darah yang menyebabkan pembengkakan, bengkak, dan kemerahan. Untuk mengatasi efek itu, mencuci wajah dengan air dingin dan mengompres wajah dengan kompres dingin dapat membantu menyempitkan pembuluh darah.

BACA JUGA:

Jangan Nangis, Ini Dampak Negatif Air Mata Bagi Kulit

Oleh karena itu, amat disarankan untuk mengompres dingin atau cuci wajahmu dengan lembut menggunakan air dingin setelah tangis berhenti. Setelah itu, lanjutkan perawatan sekitar mata dengan pelembap dan hidrasi untuk menghilangkan efek elektrolit.

mata
Kulit menjadi terhidrasi.(foto: pexels_shiny diamond)

Meskipun menangis menjadi bagian alami dari kehidupan, merawat kulit selama dan setelah menangis dapat memengaruhi kesehatan kulitmu. Menghindari mengucek mata, mengompres mata dengan kompres dingin, dan memprioritaskan perawatan kulit dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Jadi lain kali saat kamu meneteskan air mata, ingatlah kulitmu berhak mendapatkan perawatan dan perhatian ekstra.(nda)

BACA JUGA:

Ancaman Seram Gas Air Mata

#Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan