Memaafkan Pasanganmu yang Selingkuh? Coba Lakukan Ini! Memaafkan Pasanganmu yang Selingkuh (Foto: Pexels/Garon Piceli)

RASANYA sangat kaget dan sedih ketika dirimu diselingkuhi, apalagi jika wujud orang ketiga ataupun barang-barang yang berhubungan dengan orang ketiga diketahui olehmu. Untuk memahami keadaan itu juga memang rasanya sangat mengecewakan. Namun, menurutmu apakah memaafkan orang yang selingkuh dibelakangmu itu baik? Atau mungkin apakah kamu bisa memperbaiki hubungan pasca perselingkuhan itu?

Memaafkan memang susah, apalagi jika hubunganmu yang sudah kamu bangun selama bertahun-tahun bisa runtuh secara tiba-tiba karena pertemuan yang sangat dramatis. Mungkin kamu harus pertimbangkan beberapa hal ini untuk memaafkan kesalahan dirinya.

1. Menerima Keadaan

Memaafkan Pasanganmu yang Selingkuh? Coba Lakukan Ini!
Menerima Keadaan Ini (Foto: Pexels/Juan Pablo Arenas)

Kamu harus mengetahui apa yang kamu dapatkan dari hubungan ini, apa salahnya mengapa ia selingkuh kepadamu? Mengapa ia memiliki hubungan dengan orang lain? dan juga menerima dengan baik keadaan ini, buang semua emosi dalam dirimu. Lalu kamu pun juga harus memaafkan, dan bukan sekedar berduka.

Berduka dengan memaafkan berbeda lho. Jika kamu berduka terhadap kesalahan ini memang kamu juga mengetahui kesalahan-kesalahan yang ia perbuat, namun kamu tidak mendapatkan timbal balik dari hal yang kamu lakukan.

Berbeda dengan memaafkan, kamu dengan sadar tahu apa kesalahannya dan kamu ingin mencari solusi untuk hubungan kamu dengannya. Selain itu, melupakan kesalahan yang ia lakukan.

2. Melihat dari Hubunganmu, Apa Ada yang Salah

Memaafkan Pasanganmu yang Selingkuh? Coba Lakukan Ini!
Melihat dari Hubunganmu, Apa Ada yang Salah (Foto: Pexels/Vera Arsic)

Sebelum kamu memulai tahap untuk memaafkan. Mungkin kamu harus mengerti dulu mungkin ada yang salah pada dirimu, seperti kamu kurang yakin akan hubunganmu, dirimu yang tidak serius dalam menjalani hubungan dengannya, mungkin juga karena hal tersebut pasanganmu bisa saja selingkuh.

Beberapa faktor juga mempengaruhi hubungan kamu dengan pasanganmu seperti putusnya emosional, ataupun gairah seksual yang menurun. Bisa jadi juga kamu kekurangan waktu untuk jalan dengan pasanganmu. Jika beberapa hal itu mungkin terjadi, bisa jadi memang yang salah itu ada padamu.

3. Melihat dari Sisi Pasangan yang Menyelingkuhimu

Memaafkan Pasanganmu yang Selingkuh? Coba Lakukan Ini!
Melihat dari Sisi Pasangan yang Menyelingkuhimu (Foto: Pexels/Kaboompics.com)

Hubungan memang susah untuk disimpulkan, apalagi jika memiliki masalah yang berat seperti ini. Namun untuk mengetahui apapun masalah yang dihadapi oleh kamu dengan pasanganmu adalah mengetahui dari perspektif kalian berdua.

Seperti halnya dalam perselingkuhan, apakah motifnya untuk selingkuh adalah kesengajaan yang ia buat? Atau mungkin memang karena ada kejanggalan dalam dirimu?

4. Memaafkan Bukan Berarti Akan Bersama Lagi

Memaafkan Pasanganmu yang Selingkuh? Coba Lakukan Ini!
Memaafkan Bukan Berarti Akan Bersama Lagi (Foto: Pexels/Scott Webb)

Hal ini sudah wajar kok jika kalian berdua tidak akan bisa bersama lagi, walaupun pasanganmu rela meninggalkan selingkuhannya demi datang ke hatimu lagi. Kamu juga tidak ingin kan dikhianati lagi untuk yang kedua kalinya bukan?

Walau banyak faktor yang memicu perselingkuhan, bukan berarti hal ini terjadi karena kesalahan yang kecil dan gampang. Perselingkuhan adalah mengkhianati kesetiaan dan pergi jauh-jauh untuk menemukan orang yang lebih menghargainya, atau mungkin untuk memenuhi keinginannya.

Untuk kamu yang mungkin adalah korban perselingkuhan, kamu berhak mendapatkan yang lebih baik. Jika dia adalah jodohmu, dia tak akan pergi meninggalkan dirimu hanya karena hal kecil. Ia membuang kesetiaan yang ia lontarkan kepadamu. Kamu juga harus bisa merelakan dirinya untuk mendapatkan yang lebih baik. (dnz)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH