Melirik Aya Neo 2 Dan Aya Neo slide, Pesaing Tangguh Bagi Steam Deck

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 18 Mei 2022
Melirik Aya Neo 2 Dan Aya Neo slide, Pesaing Tangguh Bagi Steam Deck
Sesuai dengan namanya, Aya Neo 2 akan menjadi penerus sekaligus suksesor dari Aya Neo generasi pertama. (Foto: Liliputing)

PEMBUAT perangkat genggam Aya Neo meluncurkan Aya Neo 2 dan Aya Neo Slide ke jajaran perangkat gim PC portabelnya, yang keduanya dilengkapi dengan chip Ryzen 7 6800U yang ditingkatkan dan GPU terintegrasi Radeon 680M dengan grafis RDNA 2.

Radeon 680M iGPU yang dimiliki perangkat tersebut nantinya mampu mendorong 3,38 teraflops atau lebih dari dua kali lipat 1,6 teraflops yang dimiliki oleh Steam Deck.

Baca juga:

Seorang Gamer Selesaikan Seluruh Gim 'Assassin's Creed' Tanpa Kena Serang

Seperti yang ditunjukkan oleh Tom's Hardware, Ryzen 7 6800 APU (accelerated processing unit) hadir dengan delapan core dan berjalan pada arsitektur Zen 3 plus yang lebih cepat dan juga dilengkapi dengan iGPU Radeon 680M terintegrasi, yang memiliki 12 unit komputasi (CU).

Sebagai perbandingan, Steam Deck memiliki AMD APU quad-core yang berjalan pada arsitektur Zen 2 yang lebih lama dan iGPU dengan grafis RDNA 2 dan delapan CU. Dilihat dari spesifikasi ini, Neo 2 dan Neo Slide memiliki potensi untuk mengungguli Steam Deck.

Selain spesifikasi yang lebih baik, perusahaan juga melakukan perubahan design untuk perangkat Aya Neo terbaru. (Foto: Aya Neo)
Selain spesifikasi yang lebih baik, perusahaan juga melakukan perubahan design untuk perangkat Aya Neo terbaru. (Foto: Aya Neo)

Sementara Slide dan Neo 2 menjalankan Windows dan hadir dengan dukungan RAM LPDDR5-6400, Aya mengatakan Neo 2 juga akan menampilkan penyimpanan PCIe 4.0, port USB 4.0, serta pemindai sidik jari.

Selain melakukan beberapa upgrade di bagian internal, eksterior perangkat juga telah dirombak. Neo 2 menukar tepi pendahulunya yang lebih keras dengan sudut yang lebih membulat, membuatnya lebih mirip perangkat Aya Neo Next yang dirilis perusahaan awal tahun ini.

Baca juga:

Fitur 'Voice to Text' Siap Maksimalkan 'Live Streaming' PlayStation

Sementara itu Neo Slide hadir dengan desain yang lebih menarik. Sesuai namanya, layar dapat digeser ke atas untuk menampilkan keyboard RGB backlit, seperti perangkat Motorola Droid 4 yang lebih besar yang memiliki fungsi yang sama.

Tidak jelas seberapa baik perangkat ini akan bekerja, tetapi akan sangat keren untuk menggeser layar kamu dan mulai mengetik ke teman tanpa banyak gangguan pada gameplay.

Layar dari Aya Neo Slide dapat di geser ke atas layaknya design ponsel genggam Zaman dulu. (Foto:  Aya Neo)
Layar dari Aya Neo Slide dapat di geser ke atas layaknya design ponsel genggam Zaman dulu. (Foto: Aya Neo)

Aya Neo tidak memberikan tanggal rilis pasti untuk Neo Slide atau Neo 2, tetapi mereka mengatakan dua perangkat tersebut akan datang pada akhir tahun ini.

Dan jika berbicara masalah harga, nampaknya dua perangkan tersebut akan memiliki lebel harga yang todak murang, mengingat Aya Neo, Aya Neo Pro, dan Aya Neo Next semuanya berharga lebih dari USD 1.000 atau sekitar Rp 14,5 juta, jauh lebih mahal daripada harga awal Steam Deck USD 399 atau sekitar Rp 6 juta. (Ref)

Baca juga:

Electronic Arts Resmi Berpisah dengan FIFA

#Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan