Melintasi Waktu di Umbul Tirto Mulyo Umbul Tirto Mulyo (Sumber: Instagram/jeebolank)

PERNAH merasakan berenang dengan sensasi ala raja-raja Jawa? Kalu belum mungkin kamu bisa datang ke Umbul Tirto Mulyo di Desa Kemasan, Kecamatan Sawit, Boyolali. Bentuk arsitekturnya sangat klasik dan menyerupai bangunan kerajaan Jawa kuno.

Lokasi tempat yang juga disebut sebagai Umbul Muncar ini juga tak jauh, hanya sekitar 20 kilometer saja dari pusat kota. Banyak dari warga Boyolali yang memanfaatkan tempat ini untuk mencari kesegaran di tengah teriknya matahari.

1. Seperti melintasi waktu

Umbul Tirto Mulyo memiliki arsitektur bangunan kerajaan (Sumber: Instagram/irmarizqia)
Umbul Tirto Mulyo memiliki arsitektur bangunan kerajaan (Sumber: Instagram/irmarizqia)

Kesan kuno sudah terpancar dari arsitektur luar bangunan. Pintu masuk utama adalah kayu dengan ukiran dan bertuliskan "Umbul Tirto Mulyo". Saat masuk ke dalam, kamu akan diberikan sensasi berpindah ruang dan waktu dari era modern ke zaman kerajaan.

Dinding batu bata rustic yang tidak diperhalis semakin memberikan kesan tradisional. Kolamnya memiliki kedalaman 1,5-2 meter. Memang tidak terlalu luas tapi memberikan kesan privasi. Di tengah kolam ada air yang menyembul keluar. Jangan takut airnya kotor karena memang selalu mengalir dan berganti baru.

2. Sempat terbengkalai

Tempat ini sempat terbengkalai (Sumber: Instagram/andriwdwiyulianto)
Tempat ini sempat terbengkalai (Sumber: Instagram/andriwdwiyulianto)

Seperti namanya, Umbul Tirto Mulyo merupakan salah satu sumber mata air. Sebenarnya, dulu kondisi tempat tersebut sangat memprihatinkan. Banyak lumut yang menempel di dinding kolam sehingga memberikan kesan jorok. Tak heran kalau dulu orang enggan untuk datang ke Umbul Tirto Mulyo.

Tapi setelah investor masuk sekitar tahun 2012 lalu, salah satu sumber mata air di desa itu mulai dipugar. Bahkan tembok yang dibuat dari bata merah dan pintu kayu ukir gaya Jawa kuno tergolong baru. Terdapat pula pelataran tempat tunggu, kamar ganti serta toilet.

3. Punya sejarah panjang

Umbul Tirto Mulyo punya sejarah panjang (Sumber: Instagram/ijal_jali)
Umbul Tirto Mulyo punya sejarah panjang (Sumber: Instagram/ijal_jali)

Sebenarnya keberadaan Umbul Tirto Mulyo sudah diakui sejak dulu. Bahkan Sri Susuhunan Paku Buwono X yang bertahta tahun 1893-1939 kerap berkunjung di hari-hari tertentu setiap tahunnya. Selain itu Raja dan kerabatnya juga ikut menggelar padusan sebelum Ramadan ata sekadar tirakat saja.

Ada satu kepercayaan masyarakat Boyolali dan sekitarnya tentang Umbul Tirto Mulyo. Konon bagi siapa saja yang mandi di umbul ini akan awet muda. Ada juga orang yang sengaja berendang tengah malam di waktu tertentu. Hal itu dilakukan hanya untuk mencari berkah atau memohon doa agar terkabul.

Terlepas dari kepercayaan yang tidak masuk akal itu, Umbul Tirto Mulyo sangat layak dikunjungi. Selain bisa merasakan kesegaran langsung dari mata airnya, beberapa sudut di tempat ini juga sangat instagramable.

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH