Melindungi Privasi di Whatsapp

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 05 Januari 2023
Melindungi Privasi di Whatsapp
Whatsapp banyak dipakai oleh orang untuk bertukar pesan. (Pexels/Alok Sharma)

APLIKASI Whatsapp (WA) sangat luas penggunaannya. Semua orang yang memegang ponsel pintar pasti ada aplikasi ini sebagai media berkomunikasi dengan kolega-koleganya.

Tak mustahil bila kemudian WA menjadi jalan masuk bagi para peretas. Untuk itu sudah saatnya kamu menerapkan langkah-langkah keamanan pada penggunaan aplikasi ini.

Baca Juga:

Mulai Tahun ini, Banyak Negara Matikan Jaringan 3G

wa
Selalu lindungi privasi kamu di dunia maya. (Unsplash/Rachit Tank)

Two-step verification

Langkah ini kerap disarankan oleh berbagai aplikasi yang tujuannya melindungi privasi kamu dari berbagai upaya untuk meretas data-data yang ada. Setting ini sangat penting kamu lakukan dan diaktivasi pada WA. Langkah ekstra ini ditujukan untuk menghalau peretas memasuki ponsel kamu.

Upaya peretas tak pernah berhenti, selalu mencari celah agar dapat memasuki ponsel milik targetnya. Sebab bila sudah berhasil masuk ke dalam akun WA kamu, bukan hal yang sulit bagi peretas untuk memanipulasi orang-orang di sekitar kamu.

Langkah untuk mengaktivasi setting ini kamu tap Settings > Account dan tap On. Akun WA kamu sudah terlindungi.

Penghapusan otomatis

WA sudah memasukan fitur yang dapat membantu kamu tetap menjaga privasi. Seperti penghapusan otomatis pesan yang ada pada akun kamu. Pada setting ini pemilik akun tinggal memilih berapa lama pesan itu ada pada akunnya.

Jadi pesan lama yang masuk akan terhapus otomatis dan tak bisa dibaca lagi. Fitur yang dinamakan Disappearing Messages ini memiliki pilihan 24 jam, 7 hari sampai 90 hari.

Kamu tinggal tap Settings > Account > Privacy dan kemudian nyalakan Default Message Timer.

Namun kamu harus memastikan dulu update WA. Sebab fitur ini baru dirilis beberapa minggu lalu.

Namun karena buatan manusia, tentunya tidak ada yang sempurna. Meskipun kamu sudah melakukan penghapusan otomatis, namun kawan kamu diseberang sana bisa jadi melakukan screenshot atau meyalin pesan yang disimpan untuk dirinya sendiri.

Jadi yang patut ingat adalah jika kamu tidak mau membagi hal yang bersifat terlalu pribadi, sebaiknya jangan pernah membaginya. Terkecuali memang kamu membagi pesan dengan orang yang benar-benar dipercaya.

Baca Juga:

iPhone 15 akan Dibekali Kamera 48 MP

wa
Aplikasi WA sudah memberikan fitur-fitur yang dapat melindungi privasi penggunanya. (Pixabay/mih83)

Mengunci WA

Terkadang disengaja atau tidak, orang tertarik untuk mengetahui 'jeroan' orang lain. Salah satunya adalah melihat pesan-pesan pada akun WA kamu. Jadi sebaiknya akun WA kamu dikunci terpisah dari ponsel.

Kamu tinggal masuk ke Setting>Account>Privacy>Screen Lock. Kemudian kamu memasukan kata sandi, atau untukpengguna iPhoen dapat menggunakan Touch ID atau Face ID. Bahkan kamu dapat memilih waktu berapa lama akun WA kamu terbuka.

Langkah ini melindungi akun kamu dengan pasti. Hanya saja tetap ada celah yang dapat dimanfaatkan oleh orang. Notifikasi pesan WA yang masuk menjadi celah yang dapat digunakan orang lain. (psr)

Baca Juga:

Cara Aman Mengelola Beragam Password untuk Berbagai Akun

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan